Lifestyle

Instagram Rilis Fitur Sekaligus Aplikasi Terbaru, IGTV

  by: Alvin Yoga       21/6/2018
  • NEW UPDATE! Instagram baru saja merilis IGTV, sebuah fitur sekaligus aplikasi terbaru dari Instagram untuk kamu para penikmat video. Hal ini dilakukan oleh Instagram sekaligus untuk merayakan satu miliar penggunanya di seluruh dunia.

    Bagi kamu yang belum meng-update Instagram atau mengunduh aplikasi terbaru IGTV, well, biar fitur terbaru ini menampilkan video dengan durasi maksimal satu jam, secara vertikal, sehingga lebih nyaman meski kamu harus menggenggam smartphonemu dalam waktu yang cukup panjang. Video yang bisa kamu tonton merupakan video yang diunggah oleh para akun - atau sebutan lainnya, creator - Instagram favorit kamu.




    Nah, sama seperti YouTube, kamu bisa menonton video secara full screen. Bedanya, jika YouTube menampilkan video secara horizontal, IGTV menampilkannya secara vertikal. Lalu apa perbedaannya dengan Instagram Story? Bedanya, video IGTV memiliki durasi lebih dari satu menit, dan maksimal adalah satu jam. Bedanya dengan Instagram Live? Jika Instagram Live hanya bisa bertahan selama 24 jam dan tidak bisa disimpan dalam tampilan home akun, IGTV bisa bertahan sangat lama di akun Anda - karena formatnya adalah channel - dan bisa disimpan dalam tampilan home akun kamu, sama seperti Instagram Story. Nah, sama seperti Instagram Feed, kamu bisa menekan Like, menambahkan Comment, dan membagikan video tersebut ke akun lain lewat Direct.




    Bagaimana cara menggunakannya? Simpel! Sama seperti menggunakan TV, IGTV akan langsung memutarkan video begitu kamu membuka atau memilih fitur tersebut (Pilihan menggunakan fitur ini terletak di kanan atas tampilan home, tepat di sebelah tanda panah untuk mengirim Direct Message). Video yang diputar tentu saja video dari akun yang sudah kamu follow di Instagram, serta video-video yang mungkin akan menarik bagi kamu berdasarkan algoritme Instagram. Tentu saja kamu bisa mencari channel lain, cukup swipe up dan pilih salah satu dari "For You", "Following", "Popular", dan "Continue Watching", atau search nama Channel yang kamu ketahui.

    Bagaimana, sudah siap menggunakan fitur baru IGTV?

    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Instagram)