Lifestyle

Ingin Pesan Tiket Kereta Api? Kenali Dulu 5 Kelasnya

  by: Alvin Yoga       27/6/2018
  • Mulai Juni 2018 ini, PT KAI resmi memiliki lima kelas kereta api, masing-masing memiliki kelebihannya tersendiri sesuai dengan harga per kursinya. Kelas terbaru, Sleeper Train, merupakan kelas terbaik yang ditawarkan oleh PT KAI. Kamu ingin membeli tiket kereta api untuk berlibur? Kenali dulu kelima kelasnya di sini.


    Kelas Ekonomi



    Kelebihan kelas Ekonomi adalah harganya yang paling terjangkau. Meski begitu, kapasitas penumpang dalam satu gerbongnya cukup banyak, yaitu 106 penumpang. Selain itu, bangkunya pun tegak dan busanya tidak terlalu tebal. Namun kelas Ekonomi biasanya memiliki tujuan stasiun yang paling lengkap, berbeda dengan beberapa kelas lainnya yang hanya berhenti di stasiun tertentu. Kelebihan lainnya, kelas Ekonomi juga kini dilengkapi dengan pendingin ruangan dan stopkontak untuk kamu yang ingin mengisi ulang baterai smartphone atau lainnya.




    Kelas Bisnis

    Jika kelas Ekonomi memiliki kursi yang tersambung antara penumpang yang satu dengan rekan di sampingnya, kereta kelas Bisnis memiliki kursi yang individu dalam susunan dua baris. Di dalam satu gerbong hanya terdapat 64 kursi saja, sehingga bisa dikatakan bahwa kelas Bisnis lebih nyaman dibanding kelas Ekonomi dengan space duduk yang lebih besar. Selain itu, kelebihan lainnya adalah kursi kelas Bisnis bisa diubah arah hadapnya, sehingga kamu bisa mengobrol dengan rekan lain yang duduknya sedikit terpisah. Sama dengan kelas Ekonomi, kelas Bisnis juga dilengkapi dengan pendingin ruangan dan stopkontak.


    Kelas Eksekutif



    Kelas Eksekutif memang tampak mirip dengan kelas Bisnis, namun jauh lebih nyaman. Kursi kelas Eksekutif bisa diatur sehingga posisi duduk kamu bisa lebih nyaman. Seperti kursi pesawat, kursi kelas Eksekutif bisa sedikit dimundurkan hingga kemiringan 50 derajat. Tak hanya itu, jumlah kursi per gerbongnya pun lebih sedikit, hanya 50 kursi. Jadi, bisa dibayangkan bahwa space yang kamu dapatkan pastinya lebih lapang. Psst, kursinya pun lebih empuk dan nyaman dibandingkan kelas Bisnis.

    Kelebihan lainnya, selain mendapat stopkontak dan pendingin udara, kelas Eksekutif juga dilengkapi dengan bantal, selimut, dan satu televisi per gerbongnya. Sayang, meski umumnya kelas Eksekutif punya waktu tempuh yang lebih cepat, namun tujuan stasiunnya tidak sebanyak kelas Ekonomi.




    Kelas Prioritas / Priority



    Tahun lalu, tepatnya pada Agustus 2017 lalu, PT KAI meluncurkan kelas Prioritas. Kelas ini langsung menjadi salah satu kelas yang paling eksklusif, dan perbedaannya cukup banyak dibandingkan dengan tiga kelas sebelumnya di atas. Fasilitas hiburan di kelas ini pun cukup menarik, seperti televisi untuk masing-masing penumpang melalui Audio Video on Demand di masing-masing kursi (seperti kursi pesawat), serta menu makanan ala carte. Selain itu, desain kereta Prioritas juga didominasi dengan warna cokelat dan emas yang elegan dan mewah. Satu gerbong prioritas hanya memuat 28 penumpang, sehingga ruang untuk masing-masing penumpangnya sangat luas. Psst, kursinya bahkan memiliki tumpuan kaki dan dapat dimiringkan ke belakang seperti kursi pesawat.


    Kelas Sleeper / Sleeper Train



    Juni 2018 ini, PT KAI akhirnya resmi meluncurkan kelas paling mewah, Sleeper Train, dengan kapasitas hanya 18 penumpang per gerbongnya. Perbedaan paling signifikan terlihat dari bentuk dan arah hadap kursinya, yang menyerupai kelas Bisnis di pesawat. Setiap kursinya pun sudah dilengkapi dengan sekat sehingga lebih privat. Tak hanya itu, kursinya juga dapat dimiringkan ke belakang hingga 170 derajat, lengkap dengan sandaran kaki, sehingga kamu dipastikan dapat tidur dengan nyaman.

    Fasilitas hiburan yang ditawarkan pun sangat beragam, termasuk televisi pribadi 12 inci dengan layar sentuh dan earphone, stopkontak universal, USB charger, dan tak lupa juga fasilitas kecil lainnya seperti bantal, selimut, tempat sampah kecil, cermin, tempat menggantung jaket atau luaran, serta cup holder. Psst, kamu juga bisa mendapatkan dua kali meal, minum, serta snack selama perjalanan. Sayang, seperti yang bisa ditebak, jenis kereta ini hanya berlaku untuk tujuan tertentu yang jarak tempuhnya sangat panjang. Soal harga, biaya yang harus kamu keluarkan tidak jauh berbeda dengan pesawat. Untuk harga promonya saja, tiket kereta ini dijual mulai dari Rp900.000,-.

    Bagaimana, yang mana kelas kereta favoritmu?

    (Alvin Yoga / SW / Image: Dok. Instagram)