Lifestyle

5 Kota Unik yang Wajib Dikunjungi Pecinta Keju

  by: Kezia Calesta       28/6/2018
  • Cheese lovers, unite! Keju tidak hanya lezat saat dijadikan topping pizza, karena faktanya adalah keju dinikmati di seluruh penjuru dunia dengan cara yang berbeda-beda. Bila kamu seorang pecinta keju yang gemar traveling, National Geographic memberikan 5 rekomendasi kota untukmu. Cosmo sudah memasukkannya ke bucket list – sekarang giliranmu!


    1. Munich, Jerman

    Selain menikmati bir lezat di Bavaria Oktoberfest, kamu juga bisa mencicipi berbagai hidangan gurih yang unik dan kaya rasa seperti weiswurst, yaitu breakfast veal sausage yang terbuat oleh daging sapi muda, dan juga currywurst yang memiliki cita rasa India. Nah, biasanya ada side dish bernama kaesespaetzle yang disajikan untuk menemani hidangan tersebut. Mirip dengan macaroni and cheese, tekstur dari kaesespaetzle mirip dengan pasta gnocchi yang sedikit lebih kenyal. Dengan siraman keju Emmentaler dan taburan bawang, you will fall in love!





    2. Beirut, Lebanon

    Saat menjelajah jalanan di Beirut, bersiaplah untukmu mencium wangi hidangan hummus dan shwarma dari jendela-jendela yang terbuka. Selain itu, ada beragam pilihan makanan Barat di kota yang diberi nama “Paris of the Middle East” ini. Di setiap restoran barbeque dan sudut jalan, kamu bisa menemukan white halloumi – semacam keju ringan dari daerah Siprus yang terbuat dari susu sapi, kambing dan domba. Meskipun terlihat simpel, keju ini cocok dimasak dengan apapun dan menjadi semakin creamy saat dipanggang. Siapa sih, yang bisa menolak melted cheese yang menggiurkan ini? Kamu bisa menyantapnya sendiri atau sebagai pelengkap sandwich, ayam, dan topping untuk kebab!



    3. Paris, Perancis

    Pecinta keju yang berkunjung ke Paris wajib memasukkan pasar Rue Cler ke dalam itinerary mereka. Di sepanjang neighborhood market ini, ada banyak sekali toko keju yang spesial, lho. Saat masuk ke dalam toko, jangan lupa untuk bertanya ke sang fromager (penjual keju), “Keju brie mana yang harus saya coba?” Kamu akan meninggalkan toko tersebut dengan keju-keju (dan roti) terbaik yang pernah kamu cicipi! Dari keju yang bertekstur ringan, kenyal hingga berat, kamu akan menemukan bahwa setiap keju memiliki keunikannya sendiri!





    4. Belo Horizonte, Brasil

    Ibu kota dari daerah Minas Gerais di Brasil ini dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk pecinta keju! Di Belo Horizonte central market, kamu bisa menemukan ratusan kedai yang menjual keju. Jangan malu untuk bertanya, karena orang-orang Brasil yang terkenal ramah akan memberikan kamu berbagai rekomendasi dengan senang hati. Satu camilan yang harus kamu cicipi: pao de queijo. Cheese bread rolls ini memiliki tekstur yang cukup kenyal dengan rasa keju yang gurih. Bila kamu tidak sempat mengunjungi kota Belo Horizonte, keju queijo minas dapat kamu temukan dimana-mana, dari versi mentahnya hingga keju yang sudah dipanggang atau goreng. Yum, yum!



    5. Quebec City, Quebec

    Saat menginjakkan kaki di provinsi Kanada yang berbahasa Perancis ini, luangkan waktu untuk bersinggah di salah satu pub atau kafe yang menghadap ke sungai Quebec. Di sini, kamu bisa mencicipi snack ala Kanada: poutine! French fries spesial yang ditaburi dengan keju cheddar lokal dan maple syrup gravy ini sangat enak, apalagi saat dinikmati bersama teman-teman dengan pemandangan Quebec yang indah.



    (Image: doc. Darya Petrenko©123RF.com)