Lifestyle

Awas! Jangan Dengarkan Lagu Ini Saat Sedang Menyetir

  by: Alexander Kusumapradja       29/6/2018
  • Bagi banyak orang, mendengarkan musik ketika menyetir mobil adalah cara ampuh untuk menghilangkan rasa bosan atau jenuh, terutama saat menyetir seorang diri. Selera orang pun tentu beragam, ada yang suka musik kencang untuk memacu adrenalin, ada pula yang lebih suka musik yang santai dan easy listening untuk tetap tenang saat berada di balik kemudi. Namun, bagaimana bila ada lagu-lagu yang saking tenangnya justru dianggap berbahaya untuk didengarkan sambil menyetir?


    Salah satu dari lagu tersebut yang paling terkenal adalah “Weightless” yang dibuat oleh sebuah kolektif musik asal Manchester bernama Marconi Union. Sebuah penelitian menyebut lagu berdurasi 8 menit ini sebagai “lagu paling menenangkan sepanjang masa” dan bahkan lebih relaxing dibanding dipijat. Kok bisa? Well, ternyata karena memang lagu ini sengaja dibikin untuk menghasilkan efek menenangkan tersebut.




    Marconi Union yang terdiri dari Richard Talbot, Jamie Crossley, dan Duncan Meadows berkolaborasi dengan ahli terapi suara dari British Academy of Sound Therapy untuk bereksperimen dan mencari cara paling efektif untuk memanfaatkan harmoni, ritme, dan melodi bass yang hasilnya bisa memperlambat denyut jantung, menurunkan tekanan darah, serta menurunkan tingkat kortisol yang merupakan hormon penyebab stres dalam tubuh. Namun, saking efektifnya, lagu ini justru diklaim membuat kamu mengantuk dan para pengemudi telah diperingatkan untuk tidak mendengarkan lagu ini saat menyetir untuk mencegah kemungkinan kecelakaan. 


    Sebuah penelitian melibatkan 40 wanita yang diminta menyelesaikan beberapa puzzle secepat mungkin sambil diukur tingkat stres mereka melalui sensor yang ditempelkan ke tubuh. Puzzle tersebut terdiri dari beberapa tingkat kesulitan dan responden diminta mendengarkan beberapa lagu sembari para peneliti mengukur aktivitas otak dan juga kondisi fisiologis seperti denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan. Berdasarkan Dr. David Lewis-Hodgson dari Mindlab International yang melakukan penelitian ini, “Weightless” dianggap mampu menurunkan kecemasan para responden sampai setinggi 65 persen dan menenangkan kondisi fisiologis hingga 35 persen.   




    Walaupun basis genrenya adalah ambient electronic, namun lagu yang dirilis tanggal 16 Oktober 2011 ini juga menampilkan bunyi gitar dan piano yang direkam dalam nada rendah untuk menciptakan kondisi seperti trance. Berkat lagu inovatif ini, di bulan November 2011 Marconi Union bahkan sempat masuk ke daftar Penemu Tahun Ini yang dibuat oleh majalah Time. Meskipun sifatnya eksperimental dan sudah dirilis tujuh tahun lalu, namun efek tenang dari lagu ini masih membuat orang penasaran sampai sekarang hingga sempat masuk ke tangga lagu Billboard di awal tahun lalu. Selain “Weightless”, lagu-lagu yang juga dianggap punya efek menenangkan yang ampuh adalah:


    1. “We Can Fly” dari Rue du Soleil (Café Del Mar)
    2. “Canzonetta Sull’aria” dari Mozart
    3. “Someone Like You” dari Adele
    4. “Pure Shores” dari All Saints 
    5. “Please Don’t Go” dari Barcelona
    6. “Strawberry Swing” dari Coldplay”
    7. “Watermark” dari Enya
    8. “Mellomaniac (Chill Out Mix)” dari DJ Shah
    9. “Electra” dari Airstream


    Alih-alih didengarkan sambil menyetir, lagu-lagu di atas mungkin lebih cocok didengarkan saat kamu sedang sulit tidur atau sedang ingin relaksasi. Sambil dipijat? Sounds like a good idea! Oh ya, meskipun lagu “Weightless” aslinya hanya berdurasi delapan menit, namun sudah ada orang di YouTube yang membuat versi 10 jamnya. Berani mendengarkan? 

    (Image: Oleg Mikhaylov©123RF.com)