Beauty

Trik Agar Makeup Lebaran Tahan Lama Seharian

  by: Kissy Aprilia       4/6/2019
  • Berapa banyak rumah saudara dan kerabat yang kamu kunjungi saat Hari Lebaran? Tiga, empat, atau lebih? Biasanya, tradisi ini dilakukan sejak pagi—setelah salat Idul Fitri—hingga sore, yang artinya kamu harus tetap terlihat stunning dalam waktu lama. Takut makeup mudah luntur? Lakukan 7 trik ini agar makeup-mu tahan lama seharian. 


    1. Prep your skin

    via GIPHY



    Malam sebelum Lebaran, beri kulitmu perawatan ekstra menggunakan masker dan eksfoliator. Langkah ini wajib kamu lakukan untuk mengembalikan kelembapan yang hilang selama berpuasa, serta mengangkat sel-sel kulit mati. Penumpukan residu negatif pada kulit membuat lapisan makeup tidak dapat menempel dengan sempurna, dan tentu saja: lebih mudah luntur.


    2. Awali dengan primer

    Menggunakan primer sebagai dasar foundation akan membantu makeup-mu bertahan lama. Kamu bisa memilih formula primer sesuai jenis kulit, misalnya untuk mengurangi minyak, menyamarkan pori-pori, kemerahan, atau memanipulasi tampilan yang kusam. Jadi, bukan hanya pulasan makeup saja yang sempurna, tetapi juga rona wajahmu. 


    3. Gunakan foundation sebelum concealer

    Apakah kamu terbiasa mengaplikasikan concealer sebelum foundation? Lakukanlah hal sebaliknya jika ingin makeup-mu lebih tahan lama. Memulaskan produk makeup di atas concealer akan membuatnya ikut ‘bergerser’ alis mudah luntur. Saran Cosmo, aplikasikan foundation terlebih dulu, lalu pulaskan concealer dan baurkan dengan cara tap-tap!


    4. Lapisi foundation dengan loose powder

    Mengapa Cosmo menyarankan loose powder, bukan pressed powder? Karena tekstur loose powder akan membuat tampilan makeup tetap ringan dan tidak menggumpal. Melapisi foundation dengan produk ini juga membuat produk makeup yang akan diaplikasikan selanjutnya menempel dalam waktu lama. Kamu cukup mengambil sedikit loose powder untuk digunakan pada seluruh wajah, dan kamu akan tetap on seharian. 




    5. Setting spray to the rescue!

    Mungkin kamu sudah mengetahu trik yang satu ini. Tapi apakah kamu tahu bahwa ada cara lain yang dapat membuat makeup-mu lebih tahan lama selain menyemprotkan setting spray di tahap terakhir? Semprotkan setting spray untuk membasahi sponge blender atau kuas yang kamu gunakan. Jadi, semua produk makeup yang menempel pada kulit benar-benar bertahan lama. 


    6. Hindari touch up saat berminyak

    Ketika kulit wajah mulai berminya, Cosmo tidak menyarankanmu untuk menambahkan bedak atau produk makeup lainnya, alias touch up! Hal ini dapat membuat tampilanmu menjadi cakey, bahkan memperbesar ukuran pori-pori. Sebaiknya, kamu cukup mengurangi residu minyak dengan oil paper, dibandingkan touch up tetapi membuat makeup jadi berantakan.


    7. Ingat! Less is more

    Semakin banyak produk yang menempel pada kulit, semakin besar kemungkinanya untuk luntur. Jadi, pastikan kamu melapisi setiap produk sedikit demi sedikit, khususnya untuk foundation, eye makeup dan lipstik.


    (Kissy Aprilia, image: The Lazy Artist Gallery from Pexels)