Celebrity

Daftar Comeback dan Debut K-Pop Juni 2019

  by: Shamira Priyanka Natanagara       2/6/2019
  • Get ready, girls! Bulan Juni ini akan penuh dengan comeback dari sederet artis K-Pop, mulai dari yang rookie hingga yang senior. Ada pula beberapa idol yang akan debut sebagai penyanyi solo. Berikut adalah daftar lengkap comeback dan debut K-Pop untuk bulan Juni 2019. Adakah idola favoritmu?


    1. CLC (29 Mei)




    Pada akhir Mei kemarin, girl group naungan CUBE Entertainment CLC comeback dengan single terbaru mereka yang berjudul ME(美). Lagu ini memiliki melodi upbeat yang membuatmu ingin menari, dan sama seperti rilisan mereka sebelumnya yang berjudul NO, ME(美) mengandung pesan yang bertema self-love dan percaya diri. Plus, Yeeun yang memiliki posisi sebagai rapper grup turut berpartisipasi dalam penulisan lirik lagu ini. Wow!


    2. Lee Hi (30 Mei)


    Setelah tiga tahun tidak comeback di Korea, Lee Hi akhirnya merilis 24°C, sebuah mini album yang berisi lima lagu baru. Untuk title track album ini, Lee Hi tidak sendiri. Pemenang kedua acara K-Pop Star season 1 ini membawakan lagu NO ONE bersama B.I dari boy group iKON. Konsep yang diusung pun lebih moody dibanding lagu-lagu Lee Hi sebelumnya yang bernuansa jazz dan ballad


    3. Yoona Girls' Generation (30 Mei)


    Calling all SONEs! Vokalis sekaligus center Girls' Generation ini resmi debut sebagai penyanyi solo dengan EP A Walk To Remember. Dirilis bertepatan dengan ulang tahun Yoona yang ke-30, mini album ini berisi lima buah lagu: Deoksugung Stonewall Walkway dan When the Wind Blows yang sebelumnya telah dirilis untuk proyek SM Station, To You yang dibuat saat acara televisi Hyori's Homestay, dan dua lagu baru, yakni Promise dan Summer Nights, lagu akustik dan easy listening yang telah dipilih menjadi title track debut ini. 


    4. Sandeul B1A4 (3 Juni)


    Kabar bahwa B1A4 telah melepas dua anggotanya tentu membuat para fans sedih, tapi untungnya, awal bulan ini Sandeul akan comeback sebagai artis solo dengan mini album keduanya yang berjudul ONE FINE DAY. Album ini menghadirkan enam buah lagu, termasuk sebuah lagu yang turut disusun oleh Sandeul sendiri. Ini adalah kali kedua Sandeul merilis album solo—ia debut sebagai artis solo pada Oktober 2016 dengan mini album yang berjudul Stay As You Are.


    5. TEEN TOP (4 Juni)


    Mungkin penggemar K-Pop baru belum mengenal boy group yang satu ini. Well, let us introduce you to TEEN TOP! Dibentuk oleh TOP Media pada tahun 2010, TEEN TOP adalah grup K-Pop generasi kedua yang masih bertahan. Grup yang beranggotakan Chunji, C.A.P, Niel, Ricky, dan Changjo ini akan comeback bulan ini dengan album Dear N9ne. Music video untuk title track-nya yang berjudul Run Away akan dirilis pada 4 Juni nanti. 


    6. WJSN (4 Juni)


    Setelah merilis WJ Stay? pada bulan Januari kemarin, WJSN a.k.a Cosmic Girls kembali hadir dengan sebuah mini album! Comeback spesial musim panas ini mengusung tema yang ceria dan fresh, dan kabarnya, rapper grup Exy berpartisipasi dalam pembuatan empat dari lima lagu di album mini yang berjudul For the Summer ini. Can't wait!


    7. fromis_9 (4 Juni)


    Girl group yang dibentuk dari acara kompetisi Idol School ini akan merilis single album yang terdiri dari tiga lagu baru, termasuk FUN! yang akan dipromosikan sebagai title track. Menilai dari teaser yang diunggah pada akhir Mei kemarin, sepertinya FUN! adalah lagu yang, sesuai dengan judulnya, fun!




    8. BoA (4 Juni)

    Penyanyi K-Pop legendaris BoA akan comeback pada tanggal 4 Juni! Kabar ini diumumkan SM Entertainment melalui akun Twitter mereka pada akhir Mei kemarin. Lirik single terbaru BoA yang berjudul Feedback ini ia tulis sendiri, lho! 


    9. ATEEZ (10 Juni)

    Girls, apakah kamu sudah pernah mendengar tentang ATEEZ? Grup rookie ini debut pada Oktober 2018, dan sejauh ini, mereka sudah memiliki dua mini album: Treasure EP.1: All to Zero dan Treasure EP.2: Zero to One. Nah, pada bulan Juni ini, ATEEZ akan kembali menunjukkan bakat mereka dengan mini album yang dinamakan Treasure EP.3: One to All. Menariknya, grup naungan KQ Entertainment ini telah menyiapkan dua buah lagu untuk dijadikan title track, yakni Illusion dan Wave, tapi hanya satu lagu yang akan dipilih menjadi title track. Para fans pun diajak berpartisipasi dalam online voting untuk menentukan lagu mana yang ingin dipromosikan. Hmm... kamu tim Illusion atau Wave, nih?


    10. Yunho TVXQ (12 Juni)

    Good news for Yunho fans! Pada tanggal 28 Mei kemarin, SM Entertainment mengumumkan bahwa dancer dan rapper utama dari duo TVXQ ini akan merilis album solo pertamanya. Berisi enam buah lagu, mini album ini dinamakan True Colors. Alasan dibalik nama tersebut? Album ini akan menunjukkan ragam skills dan gaya musik Yunho yang sesungguhnya. So far, SM Entertainment belum merilis teaser apapun selain logo baru Yunho. 


    11. Jeon Somi (13 Juni)


    Finally, finally, finally! Setelah menunggu dua tahun untuk bergabung dengan girl group terbaru JYP Entertainment, lalu memutuskan untuk meninggalkan JYP dan pindah ke The Black Label, anak perusahaan YG Entertainment, Jeon Somi akhirnya akan debut sebagai artis solo! Masih belum pasti jika pemenang musim pertama Produce 101 ini akan merilis album, mini album, atau single saja—tapi yang paling penting Somi resmi akan memulai karirnya sebagai penyanyi solo pada 13 Juni nanti. Yay!


    12. IZ*ONE (26 Juni)


    Pada akhir Juni, tepatnya tanggal 26, IZ*ONE akan comeback di Jepang. Girl group yang terlahir dari acara Produce 48 ini akan kembali dengan single yang berjudul Buenos Aires. Berdasarkan teaser-nya, sepertinya kali ini IZ*ONE akan membawakan lagu yang lebih upbeat daripada Suki to Iwasetai, lagu debut Jepang mereka. Penasaran!


    13. Chungha


    Agensi penyanyi solo Chungha, MNH Entertainment, mengabarkan bahwa comeback mantan anggota I.O.I ini sedang dipersiapkan dan akan dirilis pada bulan Juni. Masih belum ada informasi mengenai judul lagu, format album, konsep, serta tanggal rilis untuk comeback-nya, but we're already excited!


    14. Stray Kids

    Boy group naungan JYP Entertainment ini juga dikabarkan akan comeback, lho! Sejauh ini belum ada tanggal comeback resmi, namun JYP mengatakan bahwa Stray Kids sedang mempersiapkan album terbaru mereka. Beranggotakan sembilan laki-laki yang bertalenta, Stray Kids merilis mini album Clé 1 : MIROH pada Maret 2019 lalu, dan rilisan yang akan datang ini akan menjadi comeback pertama mereka setelah tiga bulan. 


    15. Yesung Super Junior

    E.L.Fs have you heard? Ternyata Yesung telah bersiap-siap untuk comeback bulan ini! Masih belum ada kepastian mengenai tanggal comeback Yesung, tapi vokalis Super Junior ini telah shooting untuk video klip lagu terbarunya. It's really happening!


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Dok. Instagram / Videos: Dok. YouTube / Layout: Maya Rahmawati Putri)