Lifestyle

Rekomendasi Film Lokal di Netflix Untuk Mengisi Liburan

  by: Shamira Priyanka Natanagara       3/6/2019
  • Tak hanya film barat saja, Netflix juga menyajikan pilihan film Indonesia, lho. Eits, jangan langsung skeptis! Film Indonesia juga tidak kalah berkualitas dengan film luar negeri. Ingin bukti? Diarahkan oleh sutradara ternama, didukung oleh aktor dan aktris berbakat, serta memiliki alur cerita yang menarik dan tidak tipikal, Cosmo punya rekomendasi film Indonesia yang patut kamu tonton di Netflix. Apalagi jika belum memiliki rencana untuk liburan, lima film berikut cocok sekali untuk mengisi waktu gabut-mu. Simak!


    1. Love for Sale (2018)




    Sinopsis: Richard (Gading Marten) adalah seorang pengusaha yang kurang beruntung dalam persoalan cinta. Karena dianggap sudah terlalu lama jomblo, teman-teman Richard menantangnya untuk membawa seorang wanita ke pernikahan salah satu dari mereka, dan jika Richard gagal, akan terkena hukuman. Putus asa, Richard pun menggunakan aplikasi kencan bernama Love Inc. yang mempertemukannya dengan Arini (Della Dartyan). Richard dan Arini memulai kisah cinta yang manis—atau setidaknya pada bagian awalnya. 

    Alasan kamu harus tonton: Cerita cinta yang memiliki happy ending? Sudah biasa! Tapi tidak segala hal dihidup ini selalu berjalan sesuai keinginan, kan? Nah, Love for Sale menawarkan kisah cinta yang unik, berbeda dari yang lain. Alur ceritanya akan membuatmu bertanya-tanya, sebenarnya ada apa, sih? 'Si itu' kenapa mendadak mencurigakan? Sekuel film ini juga sedang dipersiapkan, lho, jadi tonton dulu sebelum Love for Sale 2 dirilis!


    2. Sebelum Iblis Menjemput (2018)


    Judul Inggris: May the Devil Take You

    Sinopsis: Alfie (Chelsea Islan) penasaran akan tragedi yang menimpa ayahnya (Ray Sahetapy). Ia pun mengunjungi villa yang dulu sering dikunjungi sang ayah untuk mencari petunjuk bersama saudara tirinya, Maya (Pevita Pearce). Petualangan ini juga membawa Alfie kepada jawaban atas kematian ibunya bertahun-tahun yang lalu. 

    Alasan kamu harus tonton: Dengan Timo Tjahjanto sebagai sutradara, laki-laki yang juga menyutradarai beberapa film horor dan thriller ternama Indonesia, seperti Rumah Dara (2010) dan The Night Comes From Us (2018), sepertinya sudah terjamin kalau film ini penuh dengan adegan menegangkan yang membuat jantung melompat. Sebelum Iblis Menjemput juga berhasil menjadi salah satu film bioskop Indonesia yang ditonton oleh lebih dari satu juta orang di tahun 2018. Amazing!


    3. Arisan! (2003)


    Judul Inggris: The Gathering

    Sinopsis: Meimei (Cut Mini), Andien (Aida Nurmala), dan Sakti (Tora Sudiro) adalah tiga orang sahabat yang kesulitan menjaga image di depan kelompok arisan mereka, sebuah kelompok yang terdiri dari wanita sosialita ibukota. Faktanya, kehidupan tiga sekawan ini cukup berantakan: Meimei tak kunjung hamil, Andien merasa dikhianati suaminya, dan Sakti sedang menghadapi dilema terberat dihidupnya. 

    Alasan kamu harus tonton: It's refreshing! Rasanya beberapa tahun terakhir ini sudah semakin sulit untuk menemukan film Indonesia yang membahas topik-topik tabu, seperti seksualitas, masalah kewanitaan, dan perselingkuhan, tapi Arisan! berani untuk membahas hal-hal tersebut. Selain itu, film ini memiliki cerita yang terbilang realistis, dari trailer-nya pun sudah diberitahu kalau karakter film ini ada disekitarmu—dan bisa jadi mereka adalah kamu versi layar lebar! 




    4. Athirah (2016)


    Sinopsis: Athirah (Cut Mini) merasa putus asa ketika mengetahui suaminya menikah dengan perempuan lain. Ia ingin meninggalkan sang suami, tapi keputusan tersebut tidak bisa ia lakukan karena jauh di lubuk hati yang terdalam Athirah masih sayang kepadanya. Konflik batin ini pun menimbulkan berbagai masalah keluarga.

    Alasan kamu harus tonton: Athirah diangkat dari kisah hidup Hj. Athirah Kalla, ibu dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang berlatar belakang Bugis. Disutradarai oleh Riri Rizal, Athirah menunjukkan perjuangan seorang wanita untuk memelihara keluarga yang harmonis, serta menghadapi budaya yang masih menganggap wajar poligami.

    Film ini sempat tayang di beberapa festival film internasional ternama, termasuk Vancouver International Film Festival 2016 dan Busan International Film Festival 2016. Hebatnya lagi, Athirah juga berhasil meraih penghargaan Pemeran Utama Wanita Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Film Terbaik di Festival Film Indonesia 2016. 


    5. Surat dari Praha (2016)


    Judul Inggris: Letters from Prague

    Sinopsis: Untuk memenuhi wasiat ibunya, Laras (Julie Estelle) mengantarkan sebuah kotak yang berisi surat-surat dari Jaya (Tio Pakusadewo), mantan tunangan ibunya yang tinggal di Praha. Hubungan mereka tidak bisa bertahan karena Jaya gagal memenuhi janjinya untuk kembali ke Indonesia berpuluh-puluh tahun yang lalu. Melalui kunjungannya, Laras akhirnya mengetahui alasan mengapa Jaya tega mengambil keputusan yang menyakiti hati ibunya. 

    Alasan kamu harus tonton: Film yang disutradarai oleh Angga Dwimas ini sungguh mengharukan. Walaupun secara garis besar Surat dari Praha bercerita tentang konflik antara Laras dan Jaya, film ini juga mengandung sejarah tentang Indonesia pada zaman Orde Baru. Tahun 2017, film ini sempat terpilih untuk mewakili Indonesia pada ajang Academy Awards alias The Oscars kategori Best Foreign Language Film (Film Berbahasa Asing Terbaik). 


    (Shamira Natanagara / VA / Image: Dok. Visinema Pictures / Videos: Dok. YouTube)