Better You

Untuk Menyegarkan Tubuh, Lakukan 4 Hal Ini Setelah Lebaran!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       5/6/2019
  • Kita seringkali membahas cara mempersiapkan diri menjelang Lebaran, mulai dari gaya makeup yang akan ditiru saat hari-Htempat membeli hampers untuk keluarga dan teman, hingga cara menjawab pertanyaan yang sering muncul pada Hari Raya. Nah, berhubung Lebaran sebentar lagi akan berakhir, Cosmo rasa sekarang adalah waktu yang tepat untuk membahas hal-hal yang patut dilakukan untuk mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh. I mean, sebulan terakhir ini pola tidur dan makanmu kurang teratur, kan? Agar kamu kembali siap menjalani aktivitas sehari-hari, berikut adalah empat hal yang patut dilakukan setelah Lebaran. Simak!





    1. Maskeran, Yuk!

    Jika kamu menggunakan makeup selama Hari Raya, kondisi kulit wajahmu perlu diseimbangkan dengan perawatan yang cukup. Nah, itu sebabnya Cosmo sarankan untuk maskeran setelah Lebaran, agar kulit wajahmu kembali segar setelah dilapisi makeup seharian penuh. Apalagi jika wajahmu berminyak dan penuh keringat, sebaiknya langsung hapus makeup saat sampai rumah agar jerawat tidak bermunculan, lalu gunakan masker untuk menenangkan kulitmu. Butuh rekomendasi masker yang sesuai dengan jenis kulitmu? Don't worry, Cosmo punya rekomendasi masker untuk setiap jenis kulit.



    2. Mengubah Pola Tidur

    Pola tidur menjadi kurang teratur selama bulan puasa; pulang malam setelah beraktivitas, tidur tiga atau empat jam hingga sahur, lalu lanjut tidur lagi selama satu atau dua jam sebelum kembali beraktivitas—itu pun jika sempat. Maka setelah Lebaran, coba kembalikan pola tidurmu agar tubuh menjadi segar dan sistem metablosime pun lebih lancar. Plus, ini adalah waktu yang tepat untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas yang biasanya sebelum liburan berakhir.






    3. Mulai Berolahraga 

    Bukan untuk mengurangi berat badan, tapi untuk kebugaran tubuhmu yang lebih jarang berolahraga pada bulan puasa. Namun perlu diingat kalau tubuhmu ini sudah lama tidak bergerak, jadi jangan paksakan diri untuk olahraga secara intens, meskipun jika kamu ingin 'membayar' semua sesi olahraga yang tertinggal selama sebulan terakhir. Mulai perlahan-lahan saja, nantinya akan terbiasa, kok!




    4. Memperbaiki Asupan Gizi

    Setelah sebulan puasa, rasanya nikmat sekali untuk 'balas dendam' saat Lebaran, hahaha... Hayo, ngaku! Hari ini kamu makan banyak masakan enak, kan? Tidak ada yang salah dengan memuaskan perut, tapi Cosmo sarankan untuk menyeimbangkan asupan gizi setelah Lebaran. Alasannya? Well, seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, kebanyakan makanan Lebaran mengandung lemak, minyak, dan gula, serta dapat meningkatkan tingkat kolesterol tubuh. Nah, untuk menyeimbangkan nutrisi, ada baiknya kamu mengonsumsi buah-buahan, sayuran, gandum, dan yang paling penting, air putih!


    (Shamira Natanagara / ed. / Images: The Lazy Artist Gallery from Pexels, GIPHY)