Lifestyle

Manfaat Jus Wortel untuk Kesehatan dan Kecantikan

  by: Kezia Calesta       5/6/2019
  • Seperti buah avokad yang sangat bermanfaat untuk tubuh, sayur wortel juga termasuk dalam golongan superfood yang kaya akan vitamin, serat, dan mineral. Dengan mengkonsumsi jus wortel setiap hari, kamu tidak hanya menaikkan kadar antioksidan dalam tubuh tetapi juga menurunkan risiko inflamasi dan sakit jantung. Berikut adalah manfaat jus wortel untuk kesehatan dan kecantikan.


    1. Meningkatkan kesehatan mata

    No, ini bukan mitos! Wortel memang baik untuk kesehatan mata, karena sayuran ini kaya akan vitamin A bernama beta-carotene yang merupakan salah satu antioksidan terbaik untuk mata. Vitamin A tidak hanya bisa melindungi permukaan mata, tetapi juga menajamkan penglihatan dan menurunkan risiko penyakit mata. Ditambah lagi, wortel juga mengandung antioksidan lutein yang bisa melindungi mata dari sinar berbahaya.




    2. Menaikkan metabolisme tubuh

    Meskipun jus wortel cukup mengenyangkan perut, wortel sebenarnya rendah akan kalori. Maka dari itu, kamu bisa meminum jus wortel setiap hari untuk menahan lapar dan menjaga diet. Selain itu, jus wortel juga meningkatkan pengeluaran cairan empedu yang mempercepat metabolisme dan mengolah lemak.


    3. Membantu kondisi kulit

    Jika kamu sering mengidap masalah kulit seperti ruam atau psoriasis, jus wortel dapat membantu memperbaiki penampilan kulit. Dengan kandung vitamin C di dalamnya, luka pada kulit akan sembuh dengan lebih cepat dan menurunkan risiko inflamasi pada kulit. Yay! Namun ingat untuk membatasi konsumsi jus wortel ya, karena kandungan beta-carotene dapat membuat warna kulit lebih kuning atau jingga.


    4. Meningkatkan sistem imun

    Di musim pancaroba, tubuhmu lebih rentan terkena sakit batuk dan flu. Untuk memperkuat sistem imun dan melawan infeksi dari tubuh, tambahkan jus wortel ke diet kamu sehari-hari! Dengan bantuan antioksidan dalam wortel, tubuh kamu bisa menangkal radikal bebas, inflamasi, dan kerusakan sel. Selain itu, vitamin C juga bisa memperkuat sistem imun.




    5. Memperbaiki fungsi otak

    Beta-carotene dalam jus wortel dapat meningkatkan fungsi kognitif otak dan menurunkan risiko hilang ingatan atau stres oksidatif yang dapat memperlambat regenerasi sel otak. 


    6. Menurunkan kolestrol

    Jika kamu ingin menangani kadar kolestrol dalam tubuh tanpa mengkonsumsi obat, jus wortel adalah jawabannya! Kaya akan potasium, jus wortel dapat menyeimbangkan level kolestrol dan menurunkan risiko sakit jantung dan stroke, namun ingat untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menghentikan medikasi, ya.


    (Image: doc. freepik.com)