Celebrity

6 Kejadian Paling Skandal di Dunia K-Pop, Penuh Kontroversi!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       13/6/2019
  • Dunia K-pop yang selama ini telah menghibur ribuan orang dari seluruh belahan dunia tidak melulu penuh dengan keceriaan. Di balik kostum yang cantik, idola yang bertalenta, serta ragam konsep yang menarik, ada pula berbagai kejadian yang menunjukkan sisi gelap dari dunia K-pop: penuh dengan drama dan berbagai tindakan ilegal. Ada yang kariernya merosot karena kasus bullying, ada yang pernah melakukan pelecehan seksual, dan ada pula yang terlibat dalam lebih dari satu kasus kriminal. Untuk menambah wawasanmu soal dunia K-pop, berikut adalah enam kejadian paling skandal di dunia K-pop yang patut kamu ketahui.


    1. Kontroversi G.NA, Penyanyi Solo CUBE Entertainment

    Mungkin kamu sudah mengenal deretan artis yang sempat dinaungi CUBE Entertainment dan membuat agensi ini terkenal. Sebut saja Hyuna, yang sekarang dibawah manajemen P Nation, dan BEAST, yang sekarang sudah mendirikan agensi independen dan berganti nama menjadi Highlight, tapi ada satu lagi artis CUBE generasi pertama yang turut mempopulerkan label ini: G.NA, penyanyi solo wanita pertama CUBE. G.NA memiliki beberapa lagu yang cukup terkenal di Korea Selatan, diantaranya Black & White, 2Hot, dan Oops! yang menampilkan Ilhoon dari boy group BTOB.





    Namun sayangnya, karier perempuan yang bernama asli Choi Jina ini merosot karena ia terjerat kasus prostitusi. Pada tahun 2016, kabarnya seorang artis wanita berinisial 'C' dengan image seksi dan glamorous yang debut di tahun 2010 melakukan tindakan prostitusi, dan berdasarkan laporan polisi, wanita ini dibayar uang sejumlah 35 juta Won (sekitar Rp420 juta). Para netizen pun langsung berspekulasi bahwa artis yang terlibat adalah G.NA—ia debut pada tahun 2010, lagu-lagunya memiliki konsep dewasa dan seksi, dan nama keluarganya berinisial 'C'.



    G.NA menyangkal rumor yang menyatakan bahwa ia adalah artis 'C', namun media Korea Selatan Ilgan Sports sempat mewawancarai sang tersangka dan mengonfirmasi bahwa identitas artis 'C' sesuai dengan dugaan publik. Situasi tambah mencurigakan ketika G.NA meninggalkan CUBE pada Maret 2016, dan artis 'C' pun mengakui kesalahannya dan didenda 2 juta Won atas kasus prostitusi. Setelah meninggalkan CUBE, G.NA hiatus selama 19 bulan dan kembali dengan surat permohonan maaf kepada fans-nya. 


    2. Kasus Narkoba B.I iKON

    Yes, ini adalah skandal di dunia K-pop yang baru saja terungkap. Leader grup iKON B.I resmi meninggalkan grupnya pada tanggal 12 Juni kemarin. Alasannya? Ia menjadi tersangka dalam kasus narkoba.


    Media Korea Dispatch merilis percakapan KaKaoTalk B.I dengan pengedar narkoba 'A' dari tahun 2016, satu tahun setelah iKON debut. Dalam percakapan tersebut, B.I memesan narkoba jenis LSD, dan tampaknya ia juga telah mencoba mariyuana. 'A' ditangkap oleh polisi pada tahun 2016, dan percakapannya dengan B.I pun ditemukan, tapi leader grup naungan YG Entertainment ini tidak ditangkap dan bebas dari investigasi lebih lanjut.


    Setelah beberapa investigasi, 'A' mengaku bahwa B.I memesan obat-obatan terlarang tapi tidak pernah memberikan apapun kepadanya. Namun akibat laporan ini, B.I memutuskan untuk keluar dari iKON. Ia mengunggah sebuah permohonan maaf kepada para fans-nya melalui Instagram, "Memang benar saya sempat ingin menggunakan sesuatu yang sebenarnya terlarang karena pada saat itu saya berada di situasi yang sulit dan menyakitkan. Namun, saya terlalu takut untuk melakukannya."


    3. Skandal Pelecehan Seksual dan Narkoba Park Yoochun JYJ

    Pada tahun 2016, sebuah kabar buruk menimpa para penggemar JYJ, karena salah satu anggotanya, Park Yoochun, terjerat dalam kasus kekerasan seksual⁠. Enam orang wanita mengaku telah menjadi korban mantan anggota TVXQ ini, dan meski agensi Yoochun C-JeS Entertainment menyangkal seluruh rumor tersebut, perlahan-lahan muncul semakin banyak bukti yang mendukung klaim para korban.

    Nona Lee, pendakwa yang pertama, mengaku telah dilecehkan secara seksual oleh Yoochun di toilet sebuah bar dimana ia bekerja. Perempuan lainnya yang mengaku menjadi korban Yoochun melaporkan bahwa mereka juga dilecehkan di situasi yang mirip, yakni di bar atau tempat hiburan malam khusus dewasa pada malam hari. Keenam tuduhan tersebut, serta tuduhan oleh Nona Lee, dinyatakan tidak benar, dan setiap pendakwa mendapat larangan untuk bepergian atas tuduhan palsu dan pemerasan terhadap C-JeS.


    Nah, tapi kasus Yoochun tidak berhenti sampai sini, girls. Idola K-pop senior ini kembali terjerat dalam kasus hukum, kali ini atas tuduhan penggunaan narkoba. Pada bulan April kemarin, Yoochun menjadi tersangka kasus narkoba karena mantan tunangannya Hwang Hana ditangkap polisi atas penggunaan obat-obatan terlarang.

    Pada awalnya Yoochun membantah tuduhan tersebut dan hanya mengaku sempat membelikan Hana suatu barang, yang ia tidak tahu sebenarnya adalah narkoba. Namun tingkah Yoochun semakin mencurigakan ketika ia mencukur rambut tubuhnya sebelum menjalani tes narkoba (jejak obat bisa ditemukan di sample rambut), tapi usaha tersebut sia-sia karena hasil tes narkoba Yoochun positif metamfetamin. Pada akhirnya pria berusia 33 tahun ini mengaku telah menggunakan narkoba, resmi didakwa atas penggunaan narkoba, dan mengumumkan pensiun dari industri entertainment, yang berarti ia juga meninggalkan JYJ. 


    4. Kasus Kekerasan Kim Hyunjoong Terhadap Seorang Mantan Pacar

    Girls, apakah kamu mengenal SS501? Salah satu anggota boy group yang debut pada tahun 2005 ini sempat terlibat dalam kasus kekerasan, yaitu Kim Hyunjoong. Nona Choi, mantan pacar Hyunjoong, menuduhnya atas kekerasan fisik pada Agustus 2014. Nona Choi mengklaim Hyunjoong berkali-kali memukulinya hingga leher dan kakinya memar. Namun Hyunjoong membantah tuduhan tersebut, menjelaskan bahwa kekerasan yang ia lakukan adalah untuk latihan bela diri.

    Kasus ini menjadi tambah rumit ketika Nona Choi hamil pada tahun 2015, dan ia menuntut USD1,48 juta (sekitar Rp20 miliar) dari Hyunjoong karena tekanan mental yang ditimbulkan olehnya. Nona Choi juga mengklaim kekerasan yang dilakukan Hyunjoong pada tahun 2014 membuatnya keguguran. Hyunjoong akhirnya memenangkan 100 juta Won (sekitar Rp1,2 miliar) dari Nona Choi karena mantan pacarnya ini terbukti tidak hamil pada tahun 2014. Hmm... sepertinya ada yang tidak beres dengan kasus ini.




    5. Kasus 'Bullying' T-ara

    Para penggemar K-pop generasi kedua tentu sudah cukup familier dengan skandal yang satu ini—skandal yang merusak reputasi T-ara, grup naungan Core Contents Media (sekarang MBK Entertainment), dan kebenarannya baru terungkap lima tahun sejak kejadian. Yup! Butuh waktu selama itu untuk menyelesaikan kasus ini.


    Semua berawal pada Juli 2012, girl group K-pop T-ara yang pada saat itu super eksis konser di Jepang tanpa salah satu anggota mereka Hwayoung. Hwayoung hanya ikut menampilkan satu lagu saja, karena kabarnya kakinya sedang cedera dan tidak bisa tampil dengan maksimal. Tampaknya anggota T-ara yang lain kesal dengan perilaku tersebut, lalu 'menyindir' Hwayoung di Twitter.

    "Ada perbedaan dalam tingkat kemauan. Mari kita miliki kemauan yang lebih," "Perbedaan dalam tingkat kemauan ^^, selalu rendah hati ^^ dan bijaksana, saya salut denganmu, acting genius ^^," begitulah beberapa cuitan mereka. Situasi tambah mencurigakan setelah Hyoyoung, saudari kembar Hwayoung yang saat itu tergabung dalam girl group 5Dolls, berkata, "Belahan jiwaku sedang mengalami masalah," dan dibalas oleh Hwayoung, "Aku hanya memiliki dirimu." 



    Nah, dari sinilah drama dimulai. Para pendukung Hwayoung mulai menggali bukti-bukti bahwa hubungannya dengan T-ara kurang baik, dan ternyata mereka menemukan cukup banyak kejadian yang menunjukkan bahwa Hwayoung di-bully T-ara, seperti Hwayoung kerap diabaikan anggota yang lain, sering dipermalukan, dan ia tampak lebih akrab dengan anggota grup K-pop lain. Bukti-bukti yang tersebar cukup kuat untuk menjatuhkan T-ara, hingga banyak fans memilih untuk berhenti mendukung mereka dan bahkan ada yang membakar koleksi album T-ara pribadinya. Duh, seram sekali!

    Fast forward ke 2017, lima tahun sejak reputasi T-ara hancur berkat kasus bullying, si kembar Hwayoung dan Hyoyoung tampil di acara televisi Taxi, dimana mereka membahas skandal tersebut secara singkat. Hwayoung menjelaskan bahwa saat itu ia masih muda, tidak berpengalaman, dan kurang dewasa. Ia mengaku sering mengunci diri di kamar dan menangis selama kejadian tersebut, dan Hyoyoung adalah pendukung terbesarnya. Melihat penampilan mereka di Taxi, seorang mantan staf Core Contents Media muak akan kebohongan Hwayoung dan memutuskan untuk membeberkan cerita yang sebenarnya.



    Menurutnya, sejak awal kaki Hwayoung tidak pernah cedera, dan walaupun dokter sudah mengonfirmasi bahwa keadaannya sehat, Hwayoung tetap bersikeras agar kakinya digips dan menggunakan kursi roda. Dan saat konser di Jepang, Hwayoung mendadak menolak untuk berobat, tapi bukannya pergi ke rumah sakit untuk mengecek kakinya, ia justru meminta untuk pergi ke salon nail art. OMG!

    Mengetahui hal ini, T-ara menjadi kesal, terutama karena mereka harus mengubah koreografi dan menghafal bagian Hwayoung untuk menggantikan posisinya saat konser, dan mereka menyuarakan kekesalan tersebut melalui rangkaian tweets. So ternyata selama ini Hwayoung membohongi publik, dan tanpa alasan yang jelas, Core Contents Media tidak pernah memberitahu kejadian yang sesungguhnya. Huft!


    6. The Seungri Scandal

    Yes, tentu saja skandal yang satu ini masuk ke daftar Cosmo, secara skandal ini telah menjadi topik pembicaraan di berbagai negara. Skandal yang mengakhiri karier personil BIGBANG Seungri ini berawal dari kasus Burning Sun, sebuah klub malam populer di area Gangnam, Seoul. Tempat hiburan ini ternyata seringkali melakukan pelecehan seksual terhadap pelanggan wanitanya, dan menjadi tempat pengedaran narkoba serta prostitusi ilegal. Seungri selaku pemilik Burning Sun pada saat itu pun menjadi tersangka, dan ternyata kasus Burning Sun hanyalah salah satu dari banyak skandal yang melibatkan idola K-pop ini.



    Investigasi pun terus berlanjut, dan pada Maret 2019 Seungri dilaporkan menjadi salah satu anggota group chat yang sering mengedarkan video wanita melalui kamera tersembunyi, menggunakan jasa prostitusi ilegal, dan menyediakan jasa prostitusi untuk sederet pengusaha elit. Selain Seungri, beberapa artis Korea lainnya juga menjadi bagian dari group chat tersebut, termasuk gitaris F.T. Island Choi Jonghoon dan musisi Jung Joonyoung. Setelah diinterogasi polisi, Jonghoon mengaku pernah menyuap pihak aparat saat ia tertangkap mengemudi dalam keadaan mabuk. Ia dan Joonyoung juga menjadi dua dari lima tersangka yang memerkosa seorang wanita di tahun 2012.



    Kembali lagi ke Seungri, selain sederet tindakan kriminal yang telah disebutkan sebelumnya, pria kelahiran tahun 1990 ini juga menjadi tersangka penggelapan uang, walaupun pada akhirnya Pengadilan Tinggi Seoul menyatakan tuduhan tersebut, beserta tuduhan penyediaan jasa prostitusi, masih bisa diperdebatkan.

    Seungri resmi keluar dari BIGBANG dan pensiun dari industri entertainment pada 11 Maret. Deretan kasusnya sampai saat ini juga masih diselidiki polisi.

    Baca juga: Deretan Selebriti Ini Ikut Terseret Kasus Seungri BIGBANG


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Dok. Instagram / Video: Dok. YouTube / Layout: Maya Rahmawati Putri)