Better You

Inilah Alasan Mengapa Kamu Harus Beralih ke Produk Organik

  by: Shamira Priyanka Natanagara       14/6/2019
  • Semakin banyak merek kosmetik organik bermunculan, makanan organik pun menjadi pilihan banyak orang yang menerapkan gaya hidup sehat. Mungkin untuk orang awam produk organik terkesan seperti gimmick, tapi sebenarnya memiliki banyak kegunaan, lho. Jika ingin tahu apa itu produk organik dan mengapa kamu patut beralih ke jenis produk ini, simak terus artikel ini!


    Apa Itu Produk Organik?

    Pada dasarnya, produk organik adalah produk yang proses pembuatannya tidak menggunakan pestisida kimia, pupuk sintetis, pengawet buatan, dan bahan kimia lainnya. Produk hewani seperti susu dan keju pun harus berasal dari hewan yang tidak mengonsumsi hormon pemacu pertumbuhan untuk bisa dianggap organik. Intinya, hewan dan tumbuhan yang layak dicap organik tidak boleh mengalami perubahan pertumbuhan secara tidak alami. Sama halnya dengan produk kecantikan, produk skincare dan makeup organik adalah produk yang bebas dari bahan kimia, serta bahan alami yang dikandung pun tidak mengandung pestisida dan tidak mengalami perubahan atau penambahan bahan yang tidak alami. 





    Apakah produk alami sama dengan produk organik? Nope. Produk alami belum tentu bebas dari pestisida kimia dan bebas dari hormon pemacu pertumbuhan atau pupuk sintetis. Di Indonesia, produk yang mengandung bahan organik sebanyak minimal 70% bisa disertifikasi organik oleh PT Peterson Mitra Indonesia, BIOCert, dan PT Sucofindo. Ketiga lembaga tersebut berada di bawah naungan Kementerian Pertanian Indonesia.


    Mengapa produk organik lebih baik dibanding produk konvensional?

    Nah, sekarang kamu sudah tahu apa itu produk organik, yuk, pelajari ragam kegunaannya! Ingin tahu mengapa produk organik lebih baik daripada produk konvensional? Berikut adalah alasannya.



    1. Lebih Aman untuk Kulit

    Produk kecantikan organik lebih ramah pada kulit karena tidak mengandung bahan-bahan kimia, seperti paraben, ftalat, dan formaldehida yang kurang baik untuk kulit dalam jangka panjang. Terutama jika kamu memiliki kulit sensitif, produk organik tidak akan menyebabkan iritasi karena bebas alkohol dan parfum. Namun ini bukan berarti kamu bisa asal pilih produk organik, girls. Tetap perhatikan bahan kandungannya ya, siapa tahu ada bahan tertentu yang membuatmu alergi, atau tidak cocok dengan bahan kandungannya. 

    Baca juga: Resolusi 2019: Beralih ke Produk Kecantikan Ramah Lingkungan




    2. Lebih Baik untuk Kesehatan

    Selain merawat bagian luar tubuh dengan produk kecantikan organik, jaga pula bagian dalam tubuhmu dengan mengonsumsi makanan organik. Produk makanan organik terbuat dari bahan-bahan alami dan bebas dari monosodium glutamat (MSG), pestisida, bahan pengawet buatan, serta berbagai jenis bahan buatan lainnya yang berbahaya jika dikonsumsi terus-menerus. 



    3. Lebih Ramah Lingkungan

    Pestisida dan pupuk sintetis biasanya digunakan untuk menjaga panen serta menyuburkan tanah, tapi bahan-bahan tersebut sebenarnya dapat mencemari lingkungan. Tentu kamu ingin tanah dan lautan kita bebas zat kimia, kan? Nah, sebaiknya kamu beralih ke produk organik yang lebih ramah lingkungan. Plus, kebanyakan produk organik juga memiliki kemasan yang dapat didaur ulang (recyclable), dapat digunakan kembali (reusable), atau biodegradable, yang berarti sampahnya dapat terurai lebih cepat.

    Baca juga: Bagaimana Cara Beralih ke Perawatan Tubuh yang Less Waste?


    4. Bisa Kamu Buat Sendiri Di Rumah

    Kalau sedang menghemat bujet, kamu bisa membuat produk kecantikan organik di rumah, lho! Kamu hanya butuh mencari resep produk dan membeli bahan-bahan organik untuk membuatnya. Tertarik untuk mencoba? Cosmo punya resep DIY scrub wajah organik yang cocok untuk berbagai jenis kulit. Membuat produk organik sendiri mungkin membutuhkan waktu ekstra, tapi kalau lebih aman untuk kulit dan lingkungan, why not?


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Toa Heftiba on Unsplash, Dok. Instagram)