Beauty

DIY Face Scrubs Yang Bisa Kamu Coba!

  by: Astriana Gemiati       16/6/2019
  • Menghabiskan waktu libur di hari Minggu dengan 'mager' alias males gerak di dalam rumah bisa kamu manfaatkan dengan cara “me time”, ladies! Coba saja buka bumbu atau bahan lainnya yang ada di dapur kamu yang bisa diolah menjadi face scrub. Kamu bisa jelajahi beberapa resep face scrub buatan sendiri yang ternyata bisa bantu berikan hasil tak hanya buat kulit tampak lebih cerah namun juga lebih halus serta kencang, lho

    Cosmo akan berikan tips bahan apa saja yang sangat cocok untuk semua jenis kulit dan bisa disesuaikan untuk menargetkan area masalah kamu, seperti berminyak, kekeringan, jerawat. Plusnya, scrub wajah ini juga hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk membuatnya!

    Yuk, tengok!




    Coffee & Cocoa Facial Scrub

    Kamu akan merasakan kulit yang tampak lebih bercahaya setelah menggunakan scrub dari paduan kopi dan cokelat. Rahasianya, ada pada kafein yang ditemukan di kedua bahan utama. Tambahkan madu dan susu atau yogurt, yang bisa berfungsi untuk melembapkan kulit wajah. Sementara tambahan krim dan madu atau yogurt sangat bagus untuk kulit kering. Untuk kulit berminyak cukup tambahkan sedikit jus lemon, ya!


    Pineapple & Papaya Facial Exfoliating Mask


    Jika kamu pernah mencoba Kiehl’s Pineapple Papaya Facial Scrub, dan setuju dengan hasilnya, ya.. kamu bisa mendapatkan efek yang sama dari resep buah nanas dan pepaya dengan mudah. Baik nanas dan pepaya memiliki khasiat mampu bantu pengelupasan secara alami, apalagi aromanya juga akan menyegarkan semua indera kamu. Caranya, campur beberapa nanas dan pepaya, masukan minyak almond, gula merah, dan madu, lalu aduk rata. 

    Face scrub ini tidak disarankan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Karena buah nanas dan ataupun sejenis citrus dapat memperburuk masalah sensitivitas.


    Sugar or Salt Scrub


    Yang satu ini bisa dibuat dalam hitungan detik, karena cukup menggunakan bahan-bahan paling dasar untuk membuat scrub khusus kamu sendiri. Aplikasikan scrub langsung ke wajah dengan cara menggosoknya secara perlahan. Dengan cara ini bisa membantu untuk mengangkat sel-sel kulit mati, minyak, dan segala sesuatu yang dapat membuat kulit kamu tampak kusam kembali lebih bercahaya.


    Oatmeal Scrub for The Face

    Lulur oatmeal bisa berfungsi untuk semua jenis kulit. Kamu cukup menambahkan ekstra almond oil, susu, dan telur untuk ekstra lembap di wajah. Sedangkan untuk menjaga kulit kamu agar tetap terlihat cantik, cukup tambahkan makanan jenis almond, tepung biji bunga matahari, dan rosemary dengan susu.




    Brown Sugar Face Scrub

    Gula merah adalah pengelupas alami yang bagus dan cocok diaplikasikan untuk semua jenis kulit. Ini juga merupakan bahan yang sangat populer untuk membuat scrub buatan sendiri. Resep lulur gula merah bisa sangat rumit atau cukup sederhana. Salah satunya kamu bisa gunakan dengan Manuka honey, coconut oil, dan minyak esensial bunga. Atau kamu bisa cukup gunakan gula merah dan minyak kelapa. 


    Peach Facial Scrub 

    Memiliki aroma yang unik, buah peach juga bisa berikan manfaat yang baik untuk kulit. Resepnya, kamu hanya menggabungkan buah peach organik dan madu dengan gula merah, serta oil favorit kamu. Buah peach secara alami mengandung asam alfa hidroksi yang bertindak sebagai eksfoliasi ringan. Ini tidak hanya bantu memecah sel kulit mati, namun juga membantu pergantian sel baru.


    Gunakan secara teratur, scrub ini akan bantu membuat kulit kamu terasa lebih halus, bahkan bisa mencegah komedo.


    Almond Milk Facial Scrub

    Sempurna untuk wajah atau seluruh tubuh kamu. Lulur ini hanya menggunakan bahan kering, sangat mudah sekali. Kamu cukup mencampurkan almond meal, bentonite clay, dan milk powder. Bahkan kamu bisa membuat sebanyak yang kamu suka.


    Selamat mencoba!


    ( Image: Freepik.com, Dok. Instagram, tenor.com )