Beauty

Hindari Kombinasi Bahan Kandungan Skincare Ini!

  by: Kissy Aprilia       17/6/2019
  • Saat ini, siapa saja dapat dengan mudah menganalisa kegunaan bahan kandungan dalam produk skincare. Tanpa perlu berkonsultasi dengan dokter kulit, kamu juga dapat menentukan formula terbaik sesuai hasil yang diinginkan. Benzoyl peroxide untuk mengatasi jerawat, AHA jika ingin mencerahkan, tapi tahukah bahwa ada beberapa bahan kandungan skincare yang berbahaya jika digunakan secara bersamaan? Jangan sampai menjadi bumerang untuk kulitmu! Simak pemaparan berikut ini. 


    Vitamin C dan AHA/BHA

    Kedua kandungan ini memiliki manfaat antioksidan tinggi yang dapat membuat kulit lebih cerah. Tapi jika menggunakan keduanya secara bersamaan, keseimbangan pH asam pada kulitmu akan meningkat dan menyebabkan iritasi. Jika sedang menggunakan produk skincare berbahan vitamin C, sebaiknya kamu cukup menggunakan produk AHA/BHA seminggu sekali untuk mengurangi risiko masalah kulit.




    Benzoyl Peroxide dan Retinol

    Kalau sering bergelut dengan masalah jerawat, mungkin kamu sudah akrab dengan kandungan skincare ini. Keduanya terkenal ampuh mengatasi jerawat hingga ke akarnya, tetapi tidak jika digunakan jika bersamaan. Benzoyl peroxide dan retinol dapat menghentikan efektifitas satu sama lain, yang artinya tidak memberikan dampak positif pada kulit. Untuk hasil optimal, gunakan benozyl peroxide di siang hari dan retinol di malam hari. 


    Vitamin B3 dan AHA

    Vitamin B3 atau niacinamide berfungsi membantu memperbaiki struktur kulit. Kandungan ini akan bekerja dengan baik pada pH kulit yang netral atau sama sekali tidak terkontaminasi dengan asam. Sementara itu, AHA memiliki pH asam yang dapat memperburuk kondisi kulit jika terpapar oleh niacinamide. Oh, no!




    Retinol dan AHA

    Kandungan skincare berbahan dasar retinol dan AHA adalah eksfoliator kimia. Keduanya bekerja mengangkat lapisan sel-sel kulit mati, memperbaiki tekstur kulit, mengecilkan pori-pori, serta mencerahkan dengan sangat kuat. Karena itu, Cosmo tidak menyarankanmu untuk menggunakannya secara bersamaan, apalagi jika memiliki jenis kulit yang sensitif.


    (Kissy Aprilia, image: Renato Abati on Pexels)