Beauty

Khasiat Retinol untuk Wajah

  by: Yovita Pratiwi       18/6/2019
  • Di dunia kecantikan ini merupakan sebuah penemuan penting, karena menjadi satu-satunya bahan yang terbukti mampu berikan efek awet muda pada wajah. Penasaran? Keep on reading.


    Retinol 101




    Di tengah banyaknya produk perawatan kulit yang kurang efektif, retinol (vitamin A) telah diuji dan terbukti sebagai bahan ajaib yang dibutuhkan oleh wajahmu. Pada dasarnya, vitamin A dan semua turunannya adalah kunci jawaban yang mampu bantu mengatasi permasalahan pada kulit wajah kamu yang paling menyebalkan. Penampakan garis halus, kulit kusam, pori-pori besar, dan jerawat pada wajah, semua bisa teratasi dengan menggunakan produk perawatan berbahan retinol.


    “Retinol bekerja untuk mempercepat perputaran sel (alias proses pembaruan alami kulit), memberi sinyal pada produksi kolagen dan elastin (dua protein pada kulit yang bertugas dalam hal kekencangan serta elastisitas kulit), sekaligus mengatur produksi minyak,” jelas dermatolog asal NYC, Kenneth Howe, MD. Namun, saat menggunakan retinol kamu membutuhkan periode penyesuaian, di mana kulitmu akan mengalami kemerahan dan pengelupasan selama beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan. Karena itu, simak pedoman yang telah Cosmo siapkan berikut, karena kulit cerah dan glowing telah menunggu! 



    Exactly How to Use It


    1. Jadikan ini rutinitasmu di malam hari. Kulitmu memasuki mode perbaikan pada malam hari, sehingga lebih mudah meresapi bahan aktif seperti retinol. Beauty sleep is real! Selain itu, formula retinol akan menurun jika di bawah sinar matahari, ungkap ahli kimia kosmetik Ni’Kita Wilson. Artinya, retinol akan kurang efektif jika digunakan di pagi hari, ladies!




    2. Less is more. Menggunakan retinol dalam jumlah berlebihan tak akan membuatnya bekerja lebih efektif atau cepat – malah meninggalkan kesan wajahmu tampak memerah dan mengelupas. Demi menghindari reaksi buruk dari kulit, gunakan produk tersebut secukupnya. Untuk frekuensi, “gunakan sekali dalam seminggu selama minggu pertama, dua kali seminggu dalam minggu kedua, dan seterusnya, perlahan-lahan tingkatkan pemakaian Anda,” jelas dermatolog Dendy Engelman, MD.


    3. Pastikan kulitmu dalam keadaan lembap. Hal ini tak dapat ditinggalkan untuk menghindari dari kulit kering dan mengelupas. Pilih pelembap yang ringan dan lembut agar kamu tak terlalu berlebihan menggunakan zat aktif, cukup aplikasikan 20 menit setelah menggunakan retinol, ujar ahli estetika selebriti, Renée Rouleau. “Jika terlalu cepat, kamu akan melemahkan kekuatan retinol.”


    4. Acids adalah sahabatmu! Acids akan membantu retinol bekerja lebih efektif. Gunakan serum yang mengandung AHA dan / atau BHA pada malam hari, di mana kamu tidak sedang menggunakan retinol. “Kulit mati akan terdorong ke permukaan berkat retinol, dan bantu menghasilkan kulit wajah tampak lebih cerah dan halus,” jelas Rouleau.


    (Yovita Pratiwi/ AG. Image: Jessica Alberto on Unsplash, Freepik)