Lifestyle

Wajib Dengar! 11 Lagu Hip Hop Terbaik Satu Dekade Ini

  by: Givania Diwiya Citta       20/6/2019
  • Hip hop never dies! Genre musik yang dikembangkan gaungnya ini di Bronx, New York City, Amerika Serikat, pada era 70an tidak padam spiritnya bahkan hampir empat dekade setelahnya. Kita pun mengenal para bintang yang membuat genre ini bersinar, mulai dari nama besar Jay-Z hingga Cardi B yang musiknya muncul secara fresh dan adiktif. Mari kilas balik dan dengarkan 10 lagu hip hop pilihan Cosmo yang layak mendapat titel ‘terbaik’ sepanjang satu dekade ini, plus bonus satu lagu dari setengah tahun 2019 yang berpotensi kuat menjadi lagu hip hop terbaik tahun ini. Happy grooving!


    2009



    Drake – Best I Ever Had


    Diambil dari album So Far Gone, single ini sukses bertahan selama 24 minggu di Billboard Hot 100, dan mencapai puncaknya pada posisi nomor 2!


    2010

    Kanye West – All of the Lights


    Dari albumnya yang berjudul My Beautiful Dark Twisted Fantasy, single ini menjadi international hit yang menampilkan berbagai suara kolaborasi dari berbagai nama besar musik dunia, seperti Rihanna, Alicia Keys, John Legend, hingga Elton John.


    2011

    A$AP Rocky – Palace


    Album LIVE.LOVE.A$AP yang menaungi single ini bertabur pujian bahwa A$AP Rocky sukses mengemas hip hop menjadi kian kontemporer dan menjadi khas versinya, sekaligus tentunya, berestetika.


    2012

    Azealia Banks – 1991


    Debut rapper asal Amerika dalam album berjudul sama dengan single ini juga layak dilabeli sebagai musik hip hop terbaik tahun 2012. 'Cause she enters the hype with versatility!


    2013

    Chance The Rapper – Favorite Song (feat. Childish Gambino)


    Dengan mengombinasikan hip hop serta jazz rap, album Acid Rap yang diisi salah satu track bersama Childish Gambino a.k.a Donald Glover ini sukses dirilis secara digital, dan telah diunduh lebih dari 10.000.000 kali.


    2014

    Run the Jewels – Lie, Cheat, Steal


    Bersama dalam album Run the Jewels 2, debut kedua Run the Jewels ini sukses terjual sebanyak 12.000 copy hanya di minggu pertamanya dirilis!




    2015

    Kendrick Lamar – King Kunta


    Album To Pimp a Butterfly karya Kendrick Lamar ini berhasil menempati posisi nomor satu dalam Billboard 200 di Amerika, dan sukses menembus Grammy Awards ke-58 sebagai peraih titel Best Rap Album.


    2016

    A Tribe Called Quest – We the People


    Kembali lagi setelah album pertamanya pada 1998 silam, album kedua A Tribe Called Quest yang berjudul We Got It from Here… Thank You 4 Your Service ini sukses terjual hingga 500.000 keping.


    2017

    Jay-Z – The Story of O.J


    Oke, siapa yang tidak bisa ingat betapa fenomenalnya saat album 4:44 milik Jay-Z ini dirilis?! Terutama setelah rumor drama yang menyebar tentang kehidupan pernikahannya bersama Queen Bey (ingat Lemonade?), album ini dipuji berkat konten yang amat emosional dan personal. Albumnya bahkan dinominasikan sebagai Album of the Year, dan lagu The Story of O.J pun dinominasikan sebagai Song of the Year dalam Grammy Awards. 


    2018

    Cardi B – Bodak Yellow


    Single dari album perdananya yang berjudul Invasion of Privacy ini berhasil menghantarkan Cardi B menembus ajang Grammy Awards, dengan dinominasikan sebagai Best Rap Performance sekaligus Best Rap Song untuk lagu Bodak Yellow.


    2019

    Megan Thee Stallion – Realer


    Album Fever yang menjadi debut mixtape bagi rapper asal Amerika ini telah meluncurkan single Realer pada bulan Mei lalu. Namun dengan waktu singkat, single yang dirilis di Vevo tersebut telah mencapai satu juta views hanya selang 48 jam setelah dirilis. Wicked!


    (Image: Ben Wiens on Unsplash)