Lifestyle

Acara yang Patut Dikunjungi Saat Ulang Tahun Jakarta Besok

  by: Shamira Priyanka Natanagara       21/6/2019
  • Girls, apakah kamu tahu bahwa besok adalah ulang tahun kota Jakarta? Yes, ibu kota negara kita ini akan merayakan ulang tahunnya yang ke-492 pada hari Sabtu, 22 Juni besok. Dengan rangkaian acara yang akan diselenggarakan weekend ini, sepertinya ulang tahun Jakarta tahun ini akan sangat meriah—ada acara piknik bersama, bazar, konser, dan tentunya banyak makanan! Kalau belum ada rencana untuk hari Sabtu dan Minggu besok, kamu bisa datang ke lima acara berikut. Simak!


    1. Semasa Piknik

    Setelah mengajak warga Jakarta menjelajahi Balai Kota dan menggelar bazar produk lokal di Museum Bank Indonesia, Semasa akan turut memeriahkan ulang tahun kota Jakarta dengan mengadakan acara piknik bersama. Kamu bisa bersantai-santai sembari menikmati makanan dan minuman yang bisa dibeli di booth kuliner yang tersedia.



    Tidak perlu repot-repot membawa tikar atau kursi lipat, karena Semasa akan menyediakan tikar piknik dan bean bag yang nyaman (tapi kalau mau bawa sendiri tidak masalah, kok!). Seperti acara Semasa lainnya, kamu bisa berbelanja produk-produk karya seniman lokal di bazar yang tersedia. Acara piknik ini juga siap menghibur para pengunjung dengan fountain show di penghujung acara. Sounds fun!

    Lokasi: Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat

    Waktu & Tanggal: 10.00 - 18.30 WIB, 22 dan 23 Juni


    2. Sadari Sedari Pasar Raia Keliling Vol. 2

    Kalau kamu berencana untuk menghadiri Semasa Piknik, jangan lupa untuk mampir ke garage sale Sadari Sedari juga, ya! Bazar ini menjual pakaian bekas (yang tentunya layak pakai) dan seluruh hasil penjualannya akan disumbangkan ke Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Nurul Ihsan, Bandung dan inisiatif nirlaba Skola Lipu, Sulawesi Tengah untuk membantu pendidikan anak Indonesia.

    Acara ini didukung oleh beberapa artis ternama tanah air, diantaranya Agni Pratishta, Maria Rahajeng, dan Putri Tanjung, dan mereka pun telah mendonasikan baju bekas pakai ke Sadari Sedari untuk dijual kembali. 

    Selain bazar, acara yang dinamakan Pasar Raia Keliling 2.0 ini juga akan menyuguhkan penampilan musik live dari Bedchamber, ATSEA, dan sederet penampil lainnya. Jika kamu ingin membawa anak kecil juga tidak apa-apa, kok, Sadari Sedari akan menyediakan Kids Corner yang mengasyikkan. Siap untuk berbelanja? Jangan lupa untuk membawa kantong belanja pribadi, ya! 

    Lokasi: Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat

    Waktu & Tanggal: 10.00 - 18.30 WIB, 22 dan 23 Juni


    3. Pameran Dekranasda DKI Jakarta di Festival Jakarta Great Sale 2019

    Girls, Festival Jakarta Great Sale 2019 (FJGS) belum berakhir, lho! Kalau belum memiliki rencana untuk mengisi hari Sabtu dan Minggu besok, kamu bisa mengunjungi Pameran Dekranasda DKI Jakarta yang menjadi bagian dari FGJS tahun ini. Dekranasda adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah alias UKM. Dengan mengunjungi dan membeli produk di Pameran Dekranasda, kamu ikut mendukung produk kerajinan hasil karya UKM Indonesia. Pameran Dekranasda memamerkan karya lebih dari 50 pengrajin lokal dan diselenggarakan di beberapa pusat perbelanjaan. Jangan ketinggalan, ya!



    Lokasi: Grand Indonesia West Mall Lt. 3 (Jakarta Pusat), Mall Kelapa Gading 2 Lt. Dasar (Jakarta Utara), Lippo Mall Kemang Lt. UG (Jakarta Selatan), Lippo Mall Puri Lt. LG(Jakarta Barat)

    Waktu & Tanggal: 22 dan 23 Juni


    4. Melihat Hasil Mural Terowongan Kendal

    Untuk menyambut hari ulang tahun Jakarta, Terowongan Jalan Kendal yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat mulai dipercantik dengan karya mural yang dilukis di sepanjang jalur pedestrian. Bertema "Wajah Baru Jakarta", pembuatan mural ini melibatkan mahasiswa DKV dan Hima Rupakapala Universitas Paramadina dan didukung oleh iMural. Proses pembuatan mural ini dapat disaksikan oleh umum sejak tanggal 17 Juni kemarin hingga sore ini pada pukul 18.00 WIB. Kalau tidak sempat menyaksikan proses pembuatannya, kamu tetap bisa melihat hasilnya, kok! Langsung saja kunjungi Terowongan Jalan Kendal pada weekend ini untuk melihat hasil karya seniman muda Indonesia.

    Lokasi: Terowongan Jalan Kendal, Jakarta Pusat


    5. Konser "Wajah Baru Jakarta"

    Saksikan meriahnya malam puncak HUT Ibukota di konser Wajah Baru Jakarta! Selain terbuka untuk umum, konser ini juga tidak dipungut biaya. Tentu ingin, dong, menyaksikan penampilan Pasha dan Kotak secara langsung dan gratis? Acara konser ini juga akan menampilkan Adul, Daus Separo, Ivan Gunawan, dan Astrid Tiar yang pastinya menghibur. Untuk informasi lebih lanjut, follow akun Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta.

    Lokasi: Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat

    Waktu & Tanggal: 19.40 - Selesai, 22 Juni


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Tom Fisk from Pexels, Dok. Instagram)