Love & Sex

Bingung Apa Langkah Pertama Mendekati Pria? Ini Caranya!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       23/6/2019
  • Kamu sedang naksir seorang pria? Tapi tidak berani untuk mendekatinya? Tak perlu malu, banyak sekali perempuan di dunia ini yang pernah mengalaminya. Mungkin kamu, atau orang-orang di sekelilingmu, masih sering menganggap bahwa pria lah yang 'bertugas' untuk mendekati wanita dan bukan sebaliknya. Jangan percaya akan hal tersebut, girls, tentu saja perempuan boleh mendekati pria, bahkan memulai percakapan dan PDKT. Kalau hanya duduk diam saja bagaimana pria tersebut bisa tahu kalau kamu sedang naksir padanya? Nah, kalau sedang ada pria yang ingin kamu dekati, simak tips dari Cosmo berikut, siapa tahu bisa membantu!


    1. Bangun Rasa Percaya Diri

    Hmm... sebenarnya langkah pertama ini bukanlah hal yang mudah. Cosmo mengerti, kok, membangun percaya diri itu lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Namun coba tanyakan pada dirimu sendiri, "Apakah aku benar-benar menginginkannya?".



    Kalau jawabannya iya, yuk, mulai hiraukan kata-kata orang yang masih percaya kalau perempuan tidak sepatutnya mendekati pria duluan. Kalau kamu memang suka dengan laki-laki ini, so whatTalk to him, text him, make a move! Dan kalau kamu takut ditolak, that's okay! Penolakan adalah bagian dari hidup yang biasa terjadi, jadi kalau kamu ditolak ingat kalau itu adalah hal normal yang tidak perlu ditakuti. Lagi pula masih ada banyak pria lain, kok




    2. Cari Tahu Minat Pria Tersebut

    Girls, ini adalah hal yang penting. Kalau kamu tidak tahu apa yang ia sukai, akan sulit bagimu untuk mendekatinya. Kalian tidak perlu menyukai hal yang sama, tapi kamu wajib tahu minat laki-laki yang sedang kamu incar agar ada topik pembicaraan untuk mulai PDKT. Semisal ia suka sepak bola, kamu bisa mengajaknya bicara tentang tim favoritnya, atau jika ia penggemar musik, coba tanyakan rekomendasi musik yang sedang ia sukai. Siapa tahu bisa menjadi lebih akrab, ini adalah awal yang baik!


    3. Perhatikan Body Language dan Eye Contact

    Kamu bisa membaca perasaan seseorang melalui bahasa tubuh dan kontak mata. Jika ia berani membuat eye contact, terutama saat mendengar kamu bicara, ada kemungkinan bahwa ia tertarik denganmu. Dan jika postur sang pria terlihat santai, tidak kaku, serta responsif terhadap omonganmu, this might be a good sign!


    Bahasa tubuh dan kontak mata pria patut diperhatikan saat kamu sedang mendekatinya, I mean, kalau ia dengan jelas menunjukkan tanda-tanda bahwa dirinya tidak tertarik, move on! Jangan buang-buang waktu pada pria yang tidak tertarik, dan jangan memaksakan dirimu padanya, hal tersebut tidak baik dan perlu dihindari. 






    4. Be Prepared

    Yes, mempersiapkan diri adalah hal yang penting. Persiapkan bahan pembicaraan, dan juga persiapkan diri secara mental agar kamu tetap tenang dan tidak terlihat grogi. Selain itu, bukannya Cosmo ingin menakut-nakuti kamu, tapi sebaiknya persiapkan diri untuk segala kemungkinan—mungkin pria yang kamu incar adalah tipe yang tidak ingin terburu-buru jadi kamu harus sabar, atau mungkin ia adalah tipe yang super siap untuk langkah selanjutnya sedangkan kamu ingin take things slow, sebaiknya kamu persiapkan diri untuk berani ambil kendali. Dan kalau kamu ditolak? Persiapkan dirimu untuk kemungkinan tersebut juga, pastikan kamu siap secara emosional untuk menghadapi kemungkinan tersebut. 


    5. Be Yourself!

    Kalau kata Arifin Putra, "Just show the real you. A healthy confidence can be very attractive,"—dan Cosmo setuju akan hal ini! Kamu ingin membuatnya menyukai dirimu yang sesungguhnya, kan? Jadi buat apa kamu berpura-pura menjadi seseorang yang bukan dirimu? Pasangan yang baik adalah yang bisa menerima dirimu secara tulus, jadi jangan mencoba untuk menyesuaikan kepribadianmu dengan tipe idealnya. Percaya, deh, berpura-pura menjadi orang lain adalah hal yang melelahkan dan tidak baik untuk pikiran.


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Tan Danh from Pexels, Everton Vila on Unsplash, Priscilla Du Preez on Unsplash)