Career

6 Kebiasaan Buruk yang Menurunkan Produktivitas Kerja

  by: Kezia Calesta       23/6/2019
  • Apakah kamu ingin bekerja dengan lebih produktif setiap hari? Ternyata, ada banyak kebiasaan kecil yang tak disangka dapat menghambat efektivitas kamu. Saatnya memaksimalkan potensi kamu dengan menghindari 6 kebiasaan buruk berikut yang dapat menghambat dan menurunkan produktivitas kerja.


    1. Melewatkan sarapan pagi

    Untuk memulai hari dengan semangat, tubuh kamu membutuhkan asupan energi. That’s why breakfast is the most important meal of the day! Saat kamu bangun di pagi hari, tubuh kamu belum mencerna makanan selama hampir 10 jam, maka sarapan merupakan kunci untuk memulai metabolisme dan menyeimbangkan level gula darah agar kamu bisa fokus dan menjalani hari dengan produktif. Saat gula darahmu rendah, kamu pun akan lebih mudah merasa kesal dan lelah. Maka itu, mulailah hari dengan makanan berkarbohidrat yang tinggi akan serat seperti buah dan roti gandum! Berikut adalah 5 contoh menu sarapan sehat untuk kamu agar tidak mudah lelah.




    2. Menunda pekerjaan penting

    Apakah kamu biasanya mengerjakan tugas yang mudah dahulu dan menyimpan tugas yang lebih berat untuk nanti? This can be a bad idea, karena kebiasaan ini dapat berujung ke tugas berat yang tidak terselesaikan atau bahkan tidak dikerjakan sama sekali. Tenaga dan semangat akan menurun menjelang sore hari, maka ada baiknya kamu menyelesaikan tugas terpenting yang lebih menantang di awal hari.


    3. Mengecek media sosial sepanjang hari

    Apakah job description kamu termasuk menangani media sosial sebuah bisnis atau brand? Jika tidak, tahan keinginan kamu untuk mengecek Instagram setiap 15 menit. Kebiasaan buruk ini tidak hanya membagi konsentrasi dan menunda pekerjaan, tetapi juga menurunkan produktivitas kerja. Maka dari itu, batasi penggunaan media sosial dan jauhkan smartphone jika kamu perlu menyelesaikan tugas dengan efektif.


    4. Menyantap makanan cepat saji

    Junk food may sound good, namun makanan berminyak dan bergula hanya akan membuat kamu mengantuk dan mudah lelah menjelang sore. Tubuh kamu memerlukan nutrisi dari makanan bergizi untuk menjalani hari dengan produktif, maka perbanyak asupan protein dan lemak baik saat makan siang! Berikut adalah rekomendasi restoran yang menyediakan makanan sehat untuk kamu yang tinggal di Jakarta.




    5. Sibuk bekerja hingga kurang istirahat

    Apakah kamu sering bekerja hingga larut malam akibat deadline? Girls, kekurangan tidur hanya dapat memperburuk kesehatan tubuh. Sebuah riset oleh McKinsey & Company menunjukkan korelasi antara kekurangan tidur dengan menurunnya efisiensi di tempat kerja – performa dari korteks prefrontal, yaitu bagian dari otak yang berfungsi untuk problem-solving, akan menurun saat kamu tidak mendapat cukup istirahat. Maka dari itu, saat hari-hari deadline mendekat, ingat untuk merencanakan jam kerja dengan efektif agar kamu bisa beristirahat dengan baik. Untuk mendapat tidur yang lebih nyenyak, hindari 7 kebiasaan buruk ini yang dapat menunda jam istirahat.


    6. Tidak berolahraga

    Riset telah membuktikan bahwa berolahraga dengan rutin dapat meningkatkan kualitas tidur, dan istirahat yang cukup merupakan syarat pertama untuk bekerja dengan lebih produktif. Tak disangka, olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga meningkatkan produktivitas otak dengan memperbaiki konsentrasi dan daya ingatan, menurunkan level stres, memperkuat stamina otak, dan membuat mood semakin baik. Yes, please! Girls, berikut adalah rekomendasi studio olahraga menarik di Jakarta yang akan membuatmu lebih semangat untuk workout


    (Image: doc. freepik.com)