Beauty

Lakukan Hal Ini Untuk Lindungi Rambut Dari Panas Matahari

  by: Astriana Gemiati       25/6/2019
  • Jika kamu pernah atau sedang mengalami rambut kusam dan mudah rapuh belakangan ini, bisa jadi paparan sinar matahari menjadi salah satu akibat penyebab kerusakan rambut terjadi. Meskipun kamu mungkin sangat menyadari efek dari matahari pada kulit kamu, namun apakah kamu tahu itu bisa berdampak juga pada rambut kamu? Jawabannya, iya!

    Rambut juga membutuhkan perlindungan sebanyak kulit di wajah dan tubuh kamu. Nah, berikut berbagai hal yang harus kamu ketahui dan lakukan segera untuk melindungi serta menjaga helai rambut kamu dari paparan sinar matahari!

    1. Rambut kamu bisa menjadi kering, rapuh, dan frizzy.

    Sinar matahari UVA dan UVB dapat merusak kutikula rambut kamu (lapisan terluar rambut kamu). Pikirkan sinar ini sebagai sesuatu yang mirip dengan pemutih. Ketika pemutih menyentuh rambut kamu, ini menciptakan reaksi kimia yang dapat merusak keratin dan melanin pada rambut kamu, hingga membuat setiap helai rambut kamu mengalami dehidrasi. Ini yang menyebabkan rambut menjadi kering, rapuh, dan terkesan frizzy.



    2. Kulit kepala kamu bisa terbakar matahari.

    Terlalu banyak paparan sinar matahari dapat menyebabkan kulit kering dan terbakar sinar matahari di kulit kepala. Tidak hanya menyakitkan dan gatal, namun juga dapat menyebabkan masalah lain seperti ketombe dan rambut rontok. Ketika kamu memiliki kulit kepala kering, akar rambut juga bisa rusak sehingga helai rambut baru yang tumbuh menjadi kering dan keriting. Kulit kepala yang terbakar matahari juga dapat menyebabkan rambut rontok dan menipis jika tidak dirawat dengan benar. 

    3. Rambut kamu yang berwarna bisa berubah ronanya.

    Jika suka pergi ke pantai, maka kamu harus memerhatikan bagaimana warna rambut kamu akan mengalami penurunan warna sedikit lebih muda setelah berenang di lautan atau umumnya terpapar sinar matahari. Perubahan warna ini merupakan efek lain dari kerusakan akibat sinar matahari. Sinar UVA dan UVB matahari akan memicu reaksi kimia yang menghilangkan warna dari helai rambut kamu. Rambut berwarna lebih rentan terhadap kerusakan karena memiliki lebih sedikit keratin, yang memungkinkan matahari untuk menembusnya dengan mudah.

    4. Kamu akan mendapatkan banyak ujung rambut yang bercabang dan rontok.

    Jika kamu terus-menerus mengekspos rambutmu di bawah sinar matahari tanpa perawatan, perlindungan, atau perawatan yang tepat, kamu akan menemukan bahwa helaianmu tidak akan menjadi kuat dan elastis lagi. Kamu juga akan melihat banyak ujung rambut terbelah dan helai rambut yang jatuh. Skenario buruknya: Kamu akan mengalami kerontokan rambut dan uban prematur. Oh, no!


    Sekarang setelah kamu mengetahui apa yang dapat dilakukan sinar matahari terhadap helai rambut kamu, Cosmo akan berbagi beberapa tips bagaimana cara terbaik untuk melindungi dan merawatnya:

    1. Gunakan hair sunscreen

    Sementara tabir surya untuk rambut dan kulit pada dasarnya sama, tabir surya rambut memiliki tekstur dan formula yang berbeda untuk membuatnya lebih nyaman dipakai. Dapatkah kamu membayangkan mengoleskan krim putih tebal pada rambut dan kulit kepala kamu? No way!

    Tabir surya rambut biasanya terdiri dari serum, minyak, atau semprotan, sedangkan tabir surya tubuh menggunakan sejenis krim atau losion.Untuk rambut, produk tersebut harus memiliki pengaktifan dan emolien untuk membantu mencegah kerusakan rambut dan kulit kepala. 

    2. Gunakan topi

    via GIPHY




    Jika kamu tahu akan menghabiskan banyak waktu di bawah sinar matahari, tidak ada cara yang lebih baik untuk melindungi rambut kamu daripada dengan menutupinya. Pastikan untuk membawa topi bertepi lebar dan menghindari melepasnya saat di bawah matahari. Bonusnya: Kamu juga sekaligus dapat melindungi kulit Anda!

    3. Gunakan kodisioner tanpa bilas

    Sebuah produk yang direkomendasikan oleh Cosmo untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari adalah kondisioner tanpa bilas atau mengunakan coconut oil. Oleskan tipis-tipis coconut oil atau kondisioner sebelum pergi keluar, ke pantai, atau kolam renang untuk melindungi rambut kamu, Lapisan kelembapan yang ditambahkan akan melindungi rambut kamu dari efek pengeringan matahari, klorin, atau air garam.

    4. Jauhi sinar matahari di antara jam-jam sibuk


    Jika kamu tidak mau repot menggunakan topi setiap saat atau mengoleskan tabir surya rambut atau kondisioner tanpa bilas, cara terbaik untuk mencegah kerusakan rambut akibat sinar matahari adalah dengan menghindari sinar matahari pada jam-jam tertentu dalam sehari. Dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore merupakan sinar matahari paling kuat dan cenderung menyebabkan kerusakan pada helai rambut dan kulit kamu.

    5. Cuci rambut kamu dengan nourishing conditioner


    Pada hari-hari ketika kamu lupa untuk melindungi rambut, jangan khawatir, karena kamu masih bisa menyelamatkannya. Pastikan kamu mencuci rambut kamu dengan benar menggunakan nourishing conditioner yang diformulasikan tanpa paraben dan sulfat. Ini akan membantu mengembalikan kelembapan masing-masing helai rambut kamu.


    (Image: unsplash.com / Artikel ini disadurkan dari cosmopolitan.ph. Perubahan minor dan telah disesuaikan dilakukan oleh editor.)