Celebrity

BET Awards 2019: 6 Momen Menarik yang Terjadi Tahun Ini!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       25/6/2019
  • Pada hari Minggu, 23 Juni kemarin, BET Awards kembali diselenggarakan di Microsoft Theater, Los Angeles. Bagi yang belum tahu, BET Awards adalah acara penghargaan yang merayakan prestasi warga Afrika-Amerika dalam berbagai bidang, diantaranya musik, olahraga, film, dan televisi. Kalau Cosmo diminta untuk mendeskripsikan BET Awards secara singkat, jawabannya adalah: campur aduk. Bukan berarti acaranya berantakan, ya... Yang Cosmo maksud adalah acara penghargaan ini sungguh membuat perasaan penontonnya campur aduk. Ada penampilan yang meriah, momen mengharukan, dan ada pula momen yang berhasil membuat penonton tertawa. Penasaran apa saja yang terjadi pada BET Awards 2019? Berikut adalah enam kejadian menarik dari acara penghargaan tersebut. Simak!


    1. Billy Ray Cyrus dan Lil Nas X Sukses Memeriahkan Acara 

    Apakah kamu pernah mendengar lagu Old Town Road? Lagu karya Lil Nas X ini sempat viral berkat aplikasi TikTok, dan rapper Amerika Serikat ini juga merilis versi remix yang menampilkan Billy Ray Cyrus—yup, Billy Ray Cyrus, musisi country tahun 90-an dan ayah dari Miley Cyrus! Video klip untuk lagu ini telah meraih lebih dari 165 juta views di YouTube, lhoI mean, memang unik, sih, musisi country berkolaborasi dengan seorang rapper, perpaduan yang jarang terjadi, kan?



    Pada acara BET Awards tahun ini, Lil Nas X dan Billy Ray sukses memeriahkan acara dengan penampilan Old Town Road, lengkap dengan dukungan penari latar dan kostum ala koboi yang mencolok. Kedua penampil tersebut juga membawakan lagu tersebut dengan penuh antusias, bahkan mereka sempat menunjukkan beberapa dance moves!


    2. Lizzo's Brilliant Performance


    Kalau belum mengenal sosok Lizzo, sekarang Cosmo akan memperkenalkan kamu kepada penyanyi R&B bertalenta yang super inspiratif ini! Dalam masyarakat di mana tubuh langsing seringkali menjadi standar kecantikan bagi wanita, Lizzo tidak takut untuk membanggakan tubuh gemuknya dan kerap menyemangati wanita bertubuh sintal agar percaya diri dengan tubuh mereka. 

    BET Awards 2019 adalah pertama kalinya Lizzo tampil di acara penghargaan, and she killed it! Dengan tema pesta pernikahan yang extravagant, Lizzo membawakan lagu "Truth Hurts" dari album ketiganya Cuz I Love You yang dirilis bulan April kemarin. Dengan penuh percaya diri ia memamerkan vokalnya yang luar biasa sembari menari dan bahkan twerking (yup!!!), tapi Cosmo harus akui bahwa momen terbaik dari penampilannya adalah ketika ia mengejutkan para hadirin dengan memainkan flute alias seruling! Hebat sekali! Bahkan Rihanna sampai terkagum-kagum, lho! 


    3. Sederet Artis Turut Mengenang Nipsey Hussle

    Nipsey Hussle adalah seorang rapper Amerika Serikat yang meninggal secara tragis sekitar dua bulan yang lalu. Selain dikenal sebagai musisi yang bertalenta, Nipsey juga dikenal sebagai aktivis yang berambisi untuk menolong remaja Afrika-Amerika yang terlibat dalam budaya geng yang berbahaya. 

    Sebagai bentuk apresiasi terhadap dedikasinya untuk membangkitkan semangat komunitas Afrika-Amerika, BET Awards memberikan Nipsey "Humanitarian Award" (Penghargaan Kemanusiaan). Ia juga berhasil memenangkan kategori "Best Male Hip Hop Artist" (Artis Hip-Hop Pria Terbaik), dan kedua penghargaan tersebut diterima oleh keluarga Nipsey dan kekasihnya Lauren London. Dan untuk mengenang Nipsy, John Legend, DJ Khaled, Marsha Ambrosius, dan YG mempersembahkan sebuah penampilan tribut untuknya yang membuat suasana acara menjadi haru.


    4. Snoop Dog Memenangkan Kategori Gospel

    Nope, kamu tidak salah baca, kok, Snoop Dogg benar-benar memenangkan kategori gospel. Kalau kamu belum tahu, rapper ikonis ini memang pernah merilis album gospel tahun lalu, tepatnya pada bulan Maret 2018. Alasan ia tiba-tiba beralih ke genre gospel? Because he wants to! Saat tampil di acara radio Dr. Dre Beats 1 tahun lalu, ia menjelaskan bahwa ia berangan-angan untuk membuat album gospel sejak lama dan merasa sekarang adalah waktu yang tepat.



    Album gospel Snoop Dogg berjudul Bible of Love, dan lagu "Blessing Me Again" dari album tersebut berhasil memenangkan penghargaan "Dr. Bobby Jones Best Gospel/Inspirational Award". Sayangnya Snoop tidak bisa hadir untuk menerima penghargaan tersebut dan mengucapkan terima kasih melalui Instagram. Congrats!


    5. Rihanna Mempersembahkan Penghargaan untuk Mary J. Blige



    The queen was there, girls! Rihanna menghadiri BET Awards 2019 dan mempersembahkan "Lifetime Achievement Award" (Penghargaan Prestasi Seumur Hidup) kepada penyanyi R&B dan Hip-Hop legendaris Mary J. Blige.

    "Kamu telah membuka beragam pintu untuk musisi perempuan di industri [musik], dan sebagai wakil dari seluruh perempuan yang memulai karir setelah dirimu, thank you for being you so we can feel comfortable being ourselves," ujar Rihanna. Aww!


    6. Regina Hall Menampilkan Parodi Beyoncé Homecoming

    Cosmo rasa pihak BET Awards telah memilih host yang tepat untuk acara tahun ini. Tidak percaya? Simak dulu cuplikan Regina Hall, host BET Awards 2019, yang menampilkan parodi Homecoming, film dokumenter Beyoncé! Mungkin penampilan yang dinamakan Homegrown ini tidak semewah penampilan Bey di Coachella, tapi harus diakui marching band, kostum, serta pembawaan Regina yang sassy membuat penampilan ini tidak kalah menghibur!


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Dok. Instagram, BET Awards 2019)