Lifestyle

Pantai Terfavorit Gemala Hanafiah untuk Liburan di Indonesia

  by: Givania Diwiya Citta       27/6/2019
  • Dari Belitung sampai timur Indonesia di Raja Ampat, Gemala Hanafiah, sang peselancar sekaligus penyelam profesional di balik akun vlog Wet Traveler serta Instagram @wettraveler, berbagi pada Cosmo mengenai pantai favoritnya di Tanah Air. Surf. Them. Now.  


    Tanjung Kelayang, Belitung




    Gemala’s Rating: ***

    It took my breath away because: Batu-batunya unik, air yang bening, dan pantai yang bersih.

    The beach is perfect for: Island hopping, snorkeling, stand up paddling!

    Why it’s worth a visit (or for a lifetime!): Pemandangan bebatuan granitnya unik dan tak banyak yang bisa menyamainya. 

    Gemala’s tips to enjoy the beach at its finest: Jangan lupa mencoba kuliner seafood di sini, seperti salah satunya Gangan Ikan. Lanjutkan dengan menjelajahi bebatuan di pulau Lengkuas sambil stand up paddling. Tak kalah menyenangkan!


    Pantai Koka, Sikka


    Gemala’s Rating: ***

    It took my breath away because: Sepi, bersih, meski tidak diisi oleh pasir super putih. Pantai ini juga unik dengan tebing-tebing yang membingkai kedua sisinya.

    The beach is perfect for: Berenang dan berjemur. Berleha-leha sambil menikmati kelapa muda dan membaca buku juga oke!

    Why it’s worth a visit (or for a lifetime!): Biasanya pengunjung Maumere adalah diver atau pencinta gunung. Mereka biasanya mengunjungi danau tiga warna Kelimutu. Nah, pantai Koka yang terletak tak jauh dari Maumere ini menjadi alternatif lokasi menghabiskan waktu yang menyenangkan setelah sesi diving.

    Gemala’s tips to enjoy the beach at its finest: Bawa kain tenun yang cantik sebagai alas duduk, bagus untuk difoto!


    Suanggi Island, Banda Neira


    Gemala’s Rating: ****

    It took my breath away because: Karang-karangnya yang sehat, air yang bersih, dan terletak jauh dari pemukiman.

    The beach is perfect for: Snorkeling!

    Why it’s worth a visit (or for a lifetime!): Suasananya masih sangat alami, dan Banda juga terkenal dengan sejarahnya yang membentuk sejarah bangsa Indonesia.

    Gemala’s tips to enjoy the beach at its finest: Coba berfoto menggunakan dome, kombinasi karang-karang di laut dan dataran bertebing akan sangat unik saat tertangkap kamera di satu frame yang sama.




    Pantai Ling Al, Alor


    Gemala’s Rating: ****

    It took my breath away because: Perjalanan yang lumayan panjang dari Alor Kecil menuju tempat ini, terbayar dengan pantai berpasir putih dan air tosca kebiruan sempurna.  

    The beach is perfect for: Berjemur, berenang sembari stand up paddling atau berkano ria.

    Why it’s worth a visit (or for a lifetime!): Pantai Ling Al super cantik dengan warnanya yang saturated.

    Gemala’s tips to enjoy the beach at its finest: Bawalah makanan dan minuman sendiri, karena terakhir saya ke sana belum ada yang berjualan, dan semoga tetap tidak ada yang berjualan agar tidak merusak keindahannnya. Jangan lupa bawa pulang sampah yang dibawa, ya!


    Sauwandarek, Raja Ampat


    Gemala’s Rating: *****

    It took my breath away because: Sebenarnya pesona Sauwandarek bukan tepat di pantainya, melainkan di bawah dermaga kayunya. Keanekaragaman ikan-ikan dan karangnya yang sehat benar-benar luar biasa.

    The beach is perfect for: Snorkeling, diving, dan freediving.

    Why it’s worth a visit (or for a lifetime!): Layaknya sebuah supermarket serba ada, di bawah jetty Sauwandarek ini memiliki segalanya. Mulai dari karang yang sehat, schooling ikan beraneka macam, hingga air yang bersih dan jernih.

    Gemala’s tips to enjoy the beach at its finest: Jangan lupa membawa peralatan snorkeling lengkap kalau Anda tidak diving. Tak perlu menyelam dalam, kok, untuk menikmati bawah laut di Sauwandarek ini.


    Ingin tahu lebih banyak tentang pantai favorit dengan rating tinggi referensi Gemala di Indonesia? Baca lebih lanjut di majalah Cosmopolitan Indonesia edisi Juni 2019!


    (Image: Suanggi Island dan foto utama oleh @iaristiar; Tanjung Kalayang oleh Wida Charisma; Pantai Koka oleh Christie Ingrid Natalia; Pantai Ling Al oleh Pinneng; Sawuandarek oleh Pinneng.)

    (Artikel pernah dimuat di Majalah Cosmopolitan edisi Juni 2019 dengan judul "Beach State of Mind")