Lifestyle

Lihat Serunya Cosmo Mengeksplor Turki Bersama Samsung S10!

  by: Alvin Yoga       26/6/2019
  • Berada di antara dua benua sekaligus – yakni Eropa dan Asia – membuat Turki menjadi opsi pelesir yang begitu menarik. Eksplorasi pun kian menyenangkan dengan adanya smartphone terbaru dalam genggaman: Samsung Galaxy S10. Simak rangkuman perjalanan Cosmo di Turki bersama keluarga terbaru dari Samsung berikut ini: 





    Bursa


    Dibutuhkan waktu sekitar tiga jam dari Istanbul menuju Bursa. Meski mungkin Anda jarang mendengar namanya, namun kota terbesar keempat di Turki ini ternyata menyimpan banyak pesona. Berikut tiga di antaranya:


    1. Gunung Uludag

    Dipercaya sebagai Gunung Olympus – tempat bernaung bagi para dewa-dewi Romawi kuno – berkat ketinggiannya yang luar biasa. Dibutuhkan kurang lebih satu setengah jam perjalanan dari Bursa menuju tempat ini. Anda kemudian diharuskan untuk menggunakan cable-car atau gondola dengan jarak tempuh sekitar 8 kilometer sebelum bisa berada di daerah yang lebih tinggi. Di musim dingin, salju akan menyelimuti deretan pohon pinus dengan begitu indahnya. Jika Anda “gatal” untuk terus bergerak, ada pilihan selancar dan snow-bike yang bisa dicoba. Atau, naik gondola berikutnya sampai ke puncak. Lanskap dari puncak sungguh tak terbayar!


    [TIP] Bagi kamu para pemburu feed Instagram, jangan lupa untuk mengambil foto panorama di puncak Uludag. Cosmo mengabadikan momen ini menggunakan fitur lensa ultra wide agar hasil gambar lebih lebar dan memukau. Fitur lensa lain di kamera Samsung Galaxy seperti wide dan telephoto juga membuat hasilnya tak kalah menarik. Bandingkan perbedaan ketiganya di bawah ini:

    Image: (paling kiri) fitur Telephoto (tengah) fitur wide (paling kanan) fitur ultra-wide


    2. Green Mosque

    Dikenal juga dengan Yesil Camii. Sesuai dengan namanya, masjid bersejarah di Bursa ini memiliki detail dengan dominasi warna hijau dan toska yang mengundang decak kagum.


    [TIP] Di ruangan penuh warna, Cosmo mengambil foto menggunakan fitur scene optimizer untuk memaksimalkan tampilan. Dengan bantuan AI, Samsung Galaxy S10 dapat menganalisa keadaan sekitar sehingga warna gambar menjadi lebih akurat.



    3. Silk House

    Terletak tak jauh dari Green Mosque, Silk House merupakan deretan empat rumah yang kemudian digabungkan menjadi satu. Tempat yang juga dikenal sebagai Silk Bazaar ini sebetulnya adalah sebuah toko suvenir dengan kafe kecil dan taman indah di lantai atas. Konon, Bursa merupakan salah satu kota penting di jalur sutra, tak aneh makanya, jika kain sutra di tempat ini begitu terkenal.


    [TIP] Mengincar teh Turki yang terkenal dengan aroma apelnya? Tepat di samping Silk House terdapat sebuah hidden gem – sebuah toko teh kecil dengan berbagai opsi produk teh yang harganya yang ramah di kantong. Cocok untuk oleh-oleh!


    Istanbul


    Meski bukan ibu kota, Istanbul adalah kota peringkat pertama dengan jumlah penduduk terbanyak di Turki. Kota yang tadinya dikenal sebagai Byzantium dan Konstantinopel ini memiliki banyak wisata sejarah yang memukau. Simak!


    1. Galata Tower

    Menara batu di tengah kawasan Galata ini merupakan salah satu objek yang paling bersejarah. Datang pagi-pagi jika Anda tertarik mengunjungi menara ini, karena antriannya cukup panjang dan jumlah pengunjung yang bisa menaiki menara cukup terbatas. Dibangun pada abad kelima, Anda dapat melihat kedua bagian Turki – Turki Barat dan Turki Timur – yang dipisahkan oleh Selat Bosforus dari puncak menara. Jangan lupa juga untuk beristirahat sejenak sambil menyeruput teh hangat khas Turki di kafe yang terletak di lantai teratas dengan ketinggian 66 meter.




    [TIP] Mengambil foto panorama di puncak menara adalah hal yang wajib! Selain menggunakan fitur panorama saat mengambil gambar, Cosmo juga menggunakan fitur ultra wide angle. Mengabadikan gambar dua bagian Turki sekaligus? Tak jadi masalah.


    2. Hagia Sophia

    Awalnya dibangun sebagai gereja, kemudian diubah menjadi masjid, lalu sejak 1935 berubah fungsi menjadi museum. Pada bulan Maret 2019 lalu, Presiden Turki, Recep Erdogan sempat mengatakan bahwa Hagia Sophia kemungkinan akan dikembalikan statusnya menjadi masjid, meski dalam prosesnya membutuhkan persetujuan dari UNESCO. 


    [TIP] Bagi Anda yang belum sempat berkunjung ke tempat ini, datang dan lihat lafal Allah yang bersanding dengan Jesus – suatu bentuk persahabatan yang luar biasa.



    3. Basilica Cistern

    Hanya butuh 5 menit berjalan kaki dari Hagia Sophia. Basilica Cistern awalnya merupakan sebuah waduk kuno peninggalan bangsa Yunani. Kini, penampungan air tersebut sudah dikeringkan, sehingga terlihat tiang-tiang besar yang menopang tempat ini. Di ujung waduk, Anda akan menemukan bekas peninggalan Yunani: dua kepala Medusa yang ditempatkan dengan posisi terbalik.


    [TIP] Tempat ini sangaaat gelap. Mengambil foto dengan flash bukanlah opsi yang tepat karena akan membuat hasil foto menjadi kurang menarik. Fitur dari Samsung Galaxy S10, Low Light, akan membuat hasil foto jauh lebih baik, tentu tanpa perlu menggunakan flash. Lihat sendiri hasil fotonya di atas!


    4. Selat Bosphorus

    Selat ini membagi Turki Barat dan Turki Timur – antara Eropa dan Asia – serta menghubungkan Laut Hitam dengan Laut Marmara. Menyusuri selat ini dengan perahu merupakan salah satu hal yang mungkin wajib dilakukan. Anda bisa melihat dengan jelas perbedaan antara kedua bagian Turki sambil menyeberangi selat.


    [TIP] Karena perahu feri yang Anda naiki akan bergoyang, plus angin besar bertiup sepanjang selat, akan sulit mengambil foto tanpa hasil yang blurry. Cosmo menggunakan fitur terbaru Smart Composition dari Samsung Galaxy S10 untuk mendapatkan hasil foto (dan video!) yang maksimal.


    5. Taman Emirgan

    Bagi Anda yang belum tahu, bunga tulip awalnya berasal dari Turki, namun kemudian dibudi dayakan dan menjadi terkenal berkat negara Belanda. Taman Emirgan ini merupakan salah satu taman publik yang terbesar di Turki, dan selain bunga tulip, terdapat lebih dari 100 spesies tumbuhan dari berbagai dunia di dalamnya.


    [TIP] Datang ketika musim semi, untuk melihat bunga-bunga tulip bermekaran dalam berbagai warna. Sejak 2005, setiap bulan April, diadakan festival berskala internasional di dalam taman ini untuk merayakan mekarnya bunga tulip. So stunning!


    The Perfect Samsung Galaxy S10 & S10+

    Cosmo beruntung bisa menjajal langsung kemampuan dari flagship smartphone terbaru ini di Turki. Seluruh foto pada artikel ini diambil hanya dengan menggunakan kamera Samsung S10. Dan perlu diakui, fitur kameranya memang luar biasa, serta bekerja jauh lebih baik dari S Series sebelumnya. Ditambah, smartphone ini kini memiliki tiga kamera pro-grade di bagian belakang dengan focal length yang berbeda-beda (telephoto 12 MP, wide 12 MP dan ultra wide 16 MP), sangat membantu untuk mengambil foto dengan berbagai kondisi lanskap yang berbeda.

    Fitur-fitur tambahan seperti Advanced Scene Optimizer, Smart Composition, serta Artistic Live Focus – hasil foto bokehnya jadi benar-benar mengesankan! – juga sangat membantu ketika mengambil gambar, membuat hasil foto tampak ideal tanpa bantuan software tambahan yang menghabiskan memori smartphone.

    Untuk video, baik kamera depan maupun kamera belakang bisa dipakai untuk merekam 4K UHD video. Hasilnya, warna pada video sangat kontras, kaya, dan akurat. Fitur Super Steady yang disematkan juga membantu merekam video dengan keseimbangan yang baik ketika ada banyak guncangan. Pokoknya, lengkap! Thanks Samsung for the experience!

    (Alvin Yoga / FT / Image: Dok. Cosmo, Rahman Indra)