Lifestyle

Ternyata Ini Wujud Asli Boneka Annabelle. Lebih Seram Mana?

  by: Alvin Yoga       27/6/2019
  • Bagi kamu yang suka menonton film horor - terutama film-film dari Conjuring Universe - kemungkinan besar kamu sudah menonton (atau akan segera menonton) film menyeramkan dengan tokoh utama sang boneka porselen berambut pirang - yang sesungguhnya boneka tersebut lebih terlihat menyeramkan alih-alih cantik dan menghibur untuk anak kecil. Yeah, you know which one we’re talking about. Dan bagi kamu yang suka membaca kisah-kisah seram, boneka tersebut ternyata memang betul-betul ada. IRL. (Yes, “ada” dalam artian: saat ini, ia masih "hidup". Congratulations, horror-seeker!)





    Pertama-tama, mari bahas lebih dalam soal boneka menyeramkan tersebut. Boneka Annabelle merupakan bagian dari kisah horor Conjuring. Ia pertama kali muncul di tahun 2013, lewat sebuah film original di mana Ed dan Lorraine Warren, pasangan peneliti paranormal yang terkenal di tahun 1970-an, menemukan boneka tersebut. Kisah yang muncul di film tersebut pun terinspirasi dari kejadian nyata yang terjadi pada pasangan Warren serta keluarga yang diganggu oleh boneka tersebut. Di tahun 2014, film pertama Annabelle pun dirilis, kemudian menyusul di tahun 2017, Annabelle: Creation tayang di layar lebar. Nah, yang terbaru, Annabelle Comes Home, rilis mulai Rabu kemarin di bioskop.


    Jadi, kapan kisah Annabelle Comes Home ini terjadi?

    Kisah dari film terbaru ini terjadi antara The Conjuring dan The Conjuring 2. Ceritanya dimulai dengan Ed dan Lorraine Warren, yang sedang membawa boneka Annabelle ke rumah mereka untuk "mengamankan" boneka tersebut dari "berbuat" kejahatan. Film ini juga menampilkan potongan original langsung dari film The Conjuring.


    Dan dari mana sebenarnya boneka menyeramkan ini berasal?



    Menurut kisah yang beredar, boneka original Annabelle mulai menghantui banyak orang di sekitar tahun 1970-an. Seorang ibu membeli boneka tersebut di sebuah toko mainan untuk diberikan sebagai hadiah pada anaknya, dan kelanjutan kisahnya adalah mimpi buruk bagi sang ibu dan keluarga. Dengan kekuatan jahat yang ia miliki, boneka tersebut mulai mengganggu seisi rumah: mulai dari mengangkat dan melempar benda-benda di sekitar rumah, sampai menyerang langsung para penghuni rumah tersebut. Parahnya lagi, ia bahkan mencoba untuk MENCEKIK seorang teman baik dari keluarga tersebut. WHAT?! Menurut keluarga yang diganggu oleh boneka tersebut, Annabelle bahkan dikatakan memiliki aura negatif yang sangat kuat, yang membuat orang-orang takut berada di dekatnya. (Lalu, mengapa ibu tersebut mau membeli boneka ini, sih?)

    Keluarga tersebut *finally* menyadari bahwa boneka tersebut memiliki maksud yang tidak baik, dan mereka menelepon pasangan Warren untuk meminta tolong. Ketika Ed menjemput boneka tersebut ke rumahnya, Annabelle bahkan mencoba untuk merusak rem mobil dan ia harus menyiram Annabelle dengan air suci agar ia tak berbuat macam-macam lagi. We don’t want to give away any spoilers, but basically, the doll existed, she was a li’l demon. Dan film terbaru ini terinspirasi dari kisah antara boneka menyeramkan tersebut dan pasangan Warren.




    OKAY, tapi apakah boneka aslinya *benar-benar* terlihat menyeramkan, persis seperti di filmnya?



    The doll was def still creepy, tapi tim produksi film membuat boneka tersebut terlihat jauh lebih "ramah" - for obvious reasons. Rupanya sang sutradara dan sang produser (James Wan dan Peter Safran) mencoba untuk menyeimbangkan antara "innocence" dan "creepy". UGH!

    Bagi mereka yang sempat datang untuk melihat langsung boneka tersebut, aura menyeramkan kabarnya langsung terasa begitu berada di sekitar boneka. Namun untuk menambahkan sedikit "innocence", para pembuat film kabarnya memberinya sedikit fitur yang membuatnya terlihat lebih cantik, seperti menambahkan rona merah pada bagian pipi, serta menghilangkan bagian gigi yang membuatnya terlihat lebih menyeramkan. (Annabelle had to get braces just like the rest of us.) Bahkan, meski ditambahkan fitur-fitur tersebut pun, boneka tersebut masih terlihat menyeramkan. That b*tch really is something. "Kami tahu kami sedang membuat sesuatu yang benar-benar spesial ketika orang-orang takut dan menjauhi set film Annabelle. Ia memang benar-benar menyeramkan," ujar James Wan, sang sutradara. Berikut adalah 6 kejadian menyeramkan yang terjadi saat syuting film Annabelle Comes Home.


    Di mana boneka tersebut sekarang?


    Boneka asli Annabelle (you know, the one who tried to strangle someone) kini dijaga ketat di Warren's Occult Museum di Monroe, Connecticut. Dan pasangan Warren (yang kini keduanya sudah meninggal, OMG, is this really safe?) bahkan menangani boneka tersebut dengan benar-benar serius. Sama seperti di film, mereka mengunci boneka tersebut dalam sebuah kotak khusus yang sudah diberi berbagai macam doa dan ritual khusus. "Kami memiliki seorang imam yang datang secara reguler untuk memberkati museum tersebut, termasuk menangani Annabelle," ujar Lorraine dalam salah satu kesempatannya bersama USA Today. "Doa-doa yang diucapkan dimaksudkan khusus untuk mengunci iblis di dalam boneka tersebut - sama seperti pagar elektrik untuk mencegah maling."

    Well, tentu saja kami percaya dengan pasangan Warren, termasuk metode-metode mereka yang bertujuan mulia, tapi setelah kedua pasangan tersebut kini sudah meninggal, we better avoid Connecticut at all costs.


    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan US / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Alvin Yoga / FT / Images: Dok. Cosmo US)