Celebrity

Fakta Unik Jake Gyllenhaal, Pemeran Mysterio di Spider-Man

  by: Shamira Priyanka Natanagara       28/6/2019
  • Siapa yang sudah tak sabar untuk menonton Spider-Man: Far From Home? Cosmo yakin kamu telah menanti-nanti untuk kembali melihat aksi Tom Holland sebagai Spider-Man di layar lebar, tapi ada satu lagi aktor Far From Home yang menarik perhatian. Meet Jake Gyllenhaal, aktor Hollywood tampan ini akan memerankan karakter Mysterio, villain dengan kekuatan magis yang kabarnya akan menjadi lawan Spider-Man. Sebelum Far From Home dirilis, yuk, mari mengenal lebih dekat Jake Gyllenhaal! 


    1. Bisa Bernyanyi!

    Tak disangka, kan, kalau aktor tampan ini ternyata juga pandai bernyanyi? Bahkan ia telah tampil di beberapa pertunjukan broadway, lho! Jake melakukan debut broadway-nya pada tahun 2014 di pertunjukan Constellation, dan penampilannya berhasil meraih nominasi Drama League Award untuk kategori "Best Actor" (Aktor Terbaik). Pada akhir Juli nanti, Jake akan ikut serta dalam pertunjukan broadway Sea Wall/A Life sebagai salah satu pemeran utama. So talented!




    2. Kakaknya Adalah Seorang Aktris

    Pernah menyaksikan film Nanny McPhee and the Big Bang? Kalau sudah, berarti kamu pernah melihat keterampilan akting Maggie Gyllenhaal, kakak perempuan Jake! Saudara Jake satu-satunya ini adalah aktris, dan ia telah membintangi beberapa film ternama, diantaranya The Dark Knight dan Monster House (sebagai pengisi suara). 


    3. Orang Tuanya Berkarir di Industri Film dan Televisi

    Ayah Jake, Stephen Gyllenhaal, adalah seorang sutradara film, sedangkan ibunya Naomi Foner adalah seorang screenwriter alias penulis skenario. Stephen pernah menyutradarai beberapa episode serial televisi, termasuk dua episode The Mentalist. Naomi Foner pun aktif dalam dunia perfilman dan televisi, ia adalah penulis naskah dan sutradara film Very Good Girls yang dibintangi oleh Dakota Fanning dan Elizabeth Olsen.


    4. Ia Pernah Audisi untuk Batman Begins!

    Yup, Jake sempat audisi untuk film Batman Begins yang dirilis pada tahun 2005 dan ia nyaris mendapat peran Bruce Wayne. Namun Christopher Nolan, sutradara film tersebut, memilih Christian Bale karena merasa ia lebih cocok untuk peran tersebut.


    5. Ia Adalah Mantan Kekasih Kirsten Dunst dan Reese Witherspoon

    Jake dan aktris Kirsten Dunst sempat menjalin hubungan selama kurang lebih dua tahun, mulai dari tahun 2002 hingga 2004. Menariknya, Jake diperkenalkan pada Kirsten oleh kakaknya Maggie, yang pada saat itu sedang syuting film Mona Lisa Smile bersama Kirsten. Pasangan muda ini kerap menjadi topik obrolan tabloid Amerika Serikat, dan wajar saja, sih, because they were so cute! Mereka sering terlihat bermesraan, sempat tinggal bersama, dan bahkan mengadopsi dan mengurus seekor anjing bersama.

    Selain Kirsten Dunst, Jake juga sempat memacari aktris Reese Witherspoon pada tahun 2007. Hubungan mereka bertahan cukup lama, yakni sekitar dua tahun, tapi pada akhirnya pasangan ini berpisah karena Reese dikabarkan belum siap untuk berkomitmen karena ia belum lama cerai dari aktor Ryan Phillippe.


    6. Ia Juga Pernah Memacari Taylor Swift!




    Kalau kamu adalah seorang Swiftie alias penggemar berat Taylor Swift, mungkin kamu sudah mengetahui fakta ini. Jake sempat berpacaran dengan penyanyi pop ternama ini pada tahun 2010. Hubungan mereka tidak bertahan lama, dan kabarnya, lagu "We're Never Ever Getting Back Together" dan "The Last Time" dari album keempat Taylor adalah tentang kisah cintanya dengan Jake. Hmm...


    7. Mulai Terkenal Berkat Film Indie Donnie Darko

    Film kedua Jake ini berhasil membesarkan namanya di Hollywood. Jake baru berusia 21 tahun saat ia memerankan Donnie Darko, seorang remaja bermasalah yang mengalami halusinasi bahwa dunia akan segera berakhir. Film sci-fi ini juga menampilkan Maggie, dan ia berperan sebagai kakak perempuan Donnie, lho!


    8. Rela Menurunkan Berat Badan Demi Peran

    Jake sempat membuat banyak orang takjub saat ia menurunkan berat badannya secara drastis demi sebuah peran. Ia menjadi pemeran utama dalam film Nightcrawler pada tahun 2015, dan untuk peran tersebut, ia menurunkan berat badan sebanyak sekitar 13kg. Wow!

    Sebelum proses syuting dimulai, ia berdiskusi dengan sutradara film mengenai penampilan Lou, karakter yang ia perankan. Ia merasa penampilan yang lebih kurus cocok dengan karakter Lou, dan Jake rela mengurangi asupan karbohidrat serta seringkali hanya makan permen karet agar berat badannya turun. 


    9. Rela Membentuk Otot Demi Peran

    Setelah menurunkan berat badan untuk Nightcrawler, Jake mengembalikan berat badannya seperti semula dan membentuk otot seberat 6,8kg untuk perannya di film Southpaw! Rahasianya? Ia rutin berolahraga dua kali dalam sehari selama 90 menit, lalu setelah dua bulan, ia meningkatkan sesi olahraganya hingga 6 jam dalam satu hari. Duh, membayangkannya saja Cosmo sudah menyerah!


    10. Pernah Dinominasikan untuk Penghargaan Oscar

    Berkat penampilannya yang luar biasa di film Brokeback Mountain, Jake berhasil meraih nominasi Academy Awards (atau biasa disebut Oscar) pada tahun 2005 untuk kategori "Best Supporting Role" (Aktor Pendukung Terbaik). Dalam film tersebut, ia menjadi lawan main mendiang Heath Ledger. 


    (Shamira Natanagara / VA / Images: Dok. Instagram / Video: Dok. Cosmopolitan / Layout: Maya Rahmawati Putri)