Beauty

Jawaban untuk Pertanyaan Seputar Botox yang Sering Diajukan

  by: Shamira Priyanka Natanagara       28/6/2019
  • Angkat tangan jika kamu memiliki pertanyaan seputar botox! Pada hari Rabu (26/06) kemarin, Cosmo menghadiri acara peluncuran kampanye Merz Aesthetics Serendipity Journey™ oleh Merz Aesthetics, bagian dari Merz Pharma Group, perusahaan kesehatan internasional. Acara ini dihadiri oleh beberapa klien Jakarta Aesthetic Clinic dan Miracle Aesthetic Clinic, serta dokter yang menjawab pertanyaan-pertanyaan seputar perawatan botox. Ingin tahu informasi apa saja yang diberikan? Simak artikel ini!



    1. Sejak usia berapa perawatan botox boleh dilakukan?

    Menurut dr. Olivia Ong, pendiri Jakarta Aesthetic Clinic, perawatan botox dapat dilakukan sedini usia 20-an, tapi ia menegaskan bahwa kondisi wajah pasien pun akan dipertimbangkan. Jika pasien tersebut tidak menunjukkan indikasi bahwa mereka butuh botox, filler, atau perawatan estetika medis lainnya, dr. Olivia akan akan berdiskusi dengan pasien.



    Presiden Direktur Miracle Aesthetic Clinic Group, dr. Lanny Juniarti, juga menambahkan bahwa injeksi botox dapat dilakukan pada usia 20-an tapi sesuai dengan kebutuhan pasien.


    2. Untuk persiapan pernikahan, kapankah waktu yang tepat untuk mulai perawatan botox?

    Kata dr. Lanny, dokter akan menyiapkan treatment plan sebelum melaksanakan perawatan. Treatment plan berfungsi untuk memilih perawatan yang sesuai dan mengatur jadwal serta goal akhir perawatan, dan setiap pasien memiliki treatment plan yang berbeda karena kondisi wajah setiap orang pun beragam. Menurutnya, waktu ideal untuk melakukan botox sebagai persiapan pernikahan adalah enam bulan sebelum hari-H, alasannya adalah agar treatment plan yang sesuai dapat dibuat secara matang.



    3. Apakah botox akan membuat wajah sangat kencang dan kaku?

    "Botox tidak akan membuat wajah kaku, kalau ada kasus yang seperti itu kemungkinan karena dosis yang diberikan terlalu berlebihan," ujar dr. Olivia. So kamu tidak perlu takut wajah akan menjadi super kencang setelah melakukan perawatan botox—justru perawatan botox yang benar mampu membuat wajah terlihat lebih awet muda dan supple. Pilihlah dokter yang bersertifikat dan terpercaya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan!


    4. Apakah perawatan botox dapat dilakukan karena alasan kesehatan?

    Yes! Bahkan dr. Lanny pernah memiliki pasien yang memiliki pembesaran otot rahang yang luar biasa, dan ia menanganinya dengan perawatan botox






    5. Apakah perawatan estetika medis dapat menghilangkan keriput dan garis halus?

    Tidak bisa menghilangkan secara permanen, tapi dr. Lanny menjelaskan bahwa perawatan estetika medis seperti botox, filler, dan Ultherapy® mampu menyamarkan keriput dan garis halus pada wajah, serta memperbaiki kondisi kulit wajah.


    6. Berapakah harga perawatan botox?

    "Sesuai dengan kondisi kulit wajah pasien," kata dr. Olivia. Karena setiap orang memiliki kondisi kulit wajah yang berbeda, maka harga perawatan untuk setiap orang pun bisa bervariasi tergantung dengan kondisi kulit wajah. 


    7. Apakah harus konsultasi dengan dokter terlebih dahulu?

    Yes, yes, yes! Konsultasi dengan dokter adalah hal yang wajib dilakukan! Melalui konsultasi, kamu akan lebih paham mengenai kondisi kulit dan perawatan apa yang kamu butuhkan. Kamu juga akan diberi penjelasan mengenai treatment plan yang telah dibuat khusus untukmu. Dokter yang baik tidak akan menganjurkan atau memaksamu untuk melakukan perawatan yang sebenarnya tidak dibutuhkan, serta dosis yang diberikan pun akan sesuai dengan kebutuhanmu. 



    (Shamira Natanagara / Ed. / Images: PETRA BAUMAN from Pexels, Dok. Instagram)