Beauty

6 Tips Makeup Yang Harus Diketahui Pemilik Kulit Sensitif

  by: Fariza Rahmadinna       1/6/2020
  • Kulit sensitif sangat rentan mengalami iritasi, rasa gatal, atau bahkan mengelupas. Kondisi ini tentu saja membuat tampilan makeup menjadi tidak flawless. Berikut ini enam tips makeup untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.




    1. Mempersiapkan kulit sebelum makeup


    Mempersiapkan kulit sebelum makeup merupakan langkah terpenting yang tidak boleh dilewatkan. Jika kamu memiliki kulit sensitif, kamu harus memberi kelembapan dengan sangat baik pada kulit. Caranya dengan menyemprotkan thermal water yang mampu menenangkan dan menyembuhkan kulit kemerahan dan iritasi. Ini berkat kandungan mineral, zinc dan oksigen di dalamnya yang berfungsi sebagai antioksidan. Setelah itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap.


    FYI, thermal water berasal dari lapisan kerak bumi yang dalam proses pembentukannya terletak jauh di bawah tanah dan membuat air ini terbebas dari bakteri atau polusi. Karena kemurniannya itulah, thermal water banyak digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kulit yang ditujukan untuk kulit sensitif.


    2. Ganti foundation dengan BB cream


    Sebagaimana diketahui, pigmen pada foundation dapat menyebabkan kekeringan pada kulit sehingga meningkatkan sensitivitas. Di sisi lain, BB krim mengandung pigmen yang lebih sedikit, dan artinya lebih cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.


    3. Makeup berlabel organik tidak selalu cocok untuk kulit sensitif


    Jika selama ini kamu menganggap makeup yang berlabel “alami” sudah pasti cocok dengan kulit sensitif, you’re absolutely wrong. Pasalnya, masih ada saja produk makeup berlabel “alami” yang menggunakan parfum dan pengawet dalam kandungan formulanya. Sebagaimana diketahui, produk skincare yang mengandung parfum dan pengawet sangat tidak dianjurkan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.




    4. Eyeshadow berpigmen tinggi lebih memungkinkan menimbulkan alergi


    Pada umumnya, produk eyeshadow memiliki formula pigmentasi yang intens. Jika kamu menggunakan lebih dari satu warna, hal ini dapat menyebabkan alergi. Warna-warna netral seperti beige atau bronze biasanya tidak rentan menyebabkan alergi, sementara warna-warna cerah seperti hijau, biru, atau ungu lebih berisiko menimbulkan reaksi pada kulit. Hal ini juga berlaku untuk produk bibir. Dengan kata lain, terlalu banyak pigmen pada produk kecantikan dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, sehingga meningkatkan sensitivitas pada kulit.


    5. Hindari spons berbahan lateks


    Jika tekstur kulitmu tidak merata, penggunaan spons dapat membuat hasil makeup lebih halus. Meskipun begitu, kamu perlu untuk memperhatikan komposisi spons yang kamu gunakan. Hindari spons berbahan lateks karena dapat memicu dermatitis atopik, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.


    6. Perhatikan tanggal kedaluarsa


    Selalu perhatikan simbol kadaluarsa yang umumnya ditandai dengan “6M”, “12M”, dan “24M”. Simbol ini menandakan berapa lama produk tersebut baik digunakan setelah kemasan dibuka, dalam hitungan bulan (M = month). Memang sederhana, namun simbol ini memiliki arti yang sangat penting. Seperti yang kita ketahui, menggunakan makeup yang sudah kedaluarsa dapat menyebabkan kulit iritasi, kemerahan hingga timbulnya jerawat. Yuk, segera periksa tanggal kedaluarsa produk kecantikan kamu ya, dear!


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: Dok. Lucas Pezeta on Pexels)