Beauty

Ini Cara Simpel Seorang Dermatolog Korea Merawat Kulitnya

  by: Shamira Priyanka Natanagara       1/6/2020
  • Rutinitas perawatan kulit ala Korea dikenal mampu mencerahkan kulit wajah, tapi dianggap terlalu berlebihan oleh beberapa orang. Ingat tren 10-steps Korean skincare routine? Inilah salah satu alasan mengapa tidak sedikit orang kesulitan untuk mengikuti perawatan kulit ala Korea. Selain agak rumit, langkah-langkah tersebut juga membutuhkan cukup banyak produk, sehingga bisa menguras dompet.

    Itulah sebabnya Cosmo cukup kagum ketika menemukan rutinitas skincare Lee Joohee, seorang dermatolog yang berbasis di Korea Selatan. Menurut channel YouTube-nya, ia memiliki kulit yang mudah berjerawat dan mengalami rosacea (kulit yang mengalami kemerahan dan bintik-bintik). Cosmo kira ia menggunakan banyak produk serum dan krim, dan cukup mengagumkan bahwa rutinitasnya simpel tapi membutuhkan produk yang efektif. Berikut adalah beberapa tips dari rutinitas skincare-nya pada malam hari:






    1. Ia menerapkan teknik double cleansing 

    Ia membersihkan makeup pada matanya dengan halus untuk menghindari munculnya keriput. Ia 'melelehkan' sisa makeup-nya menggunakan cleansing oil (pembersih wajah berbahan dasar minyak).


    2. Ia mencuci wajah dengan cleanser yang ramah pada kulit

    Pada awalnya Cosmo yakin bahwa pembersih wajah yang telah dirancang secara medis dibutuhkan untuk menghindari terjadinya breakouts. Namun setelah menyaksikan video sang dermatolog, Cosmo diyakinkan bahwa kita harus merawat kulit yang mudah berjerawat dengan lembut. Ia menggunakan pembersih wajah dengan tingkat asam yang ringan untuk menyeimbangkan level pH kulit. Langkah ini dapat membantu memperkuat penghalang kulit.


    3. Ia membilas garis rambut hingga bersih

    Langkah ini sangat penting. Beberapa produk haircare bisa menjadi emolien yang terlalu berlebihan sehingga bisa menyumbat pori-pori, yang menyebabkan jerawat pada dahi. Hal terbaik yang bisa dilakukan untuk menghindari hal ini adalah dengan membasuh garis rambut dengan baik setelah menggunakan conditioner atau masker rambut—pada dasarnya apa pun yang digunakan untuk memperbaiki rambut rusak. 





    4. Ia menggunakan dua bahan kandungan penting: vitamin C dan retinol

    We love her simple routine. Rutinitas perawatan kulitnya tidak berlebihan seperti yang seringkali bisa ditemukan di internet. Ia menggunakan serum vitamin C untuk mencerahkan kulit dan mengaplikasikan krim retinol (jenis vitamin A) untuk menjaga keremajaan kulit. Kedua bahan kandungan ini, Cosmo Babes, adalah kunci untuk meraih kulit yang glowing dan youthful!


    5. Ia mengoleskan obat totol jerawat menggunakan cotton bud

    Yes, bahkan dermatolog pun mengalami breakouts. Untuk menyembuhkan jerawatnya, ia menggunakan obat totol pada area yang bermasalah menggunakan korek kuping (cotton bud). Teknik ini menargetkan area yang butuh pengobatan ekstra—agar kulit di area sekitar jerawat tidak menjadi kering.


    6. Ia mengakhiri rutinitasnya dengan rosehip oil

    Rosehip oil memiliki beragam manfaat bagi kulit. Bahan kandungan ini bisa membantu menyembuhkan jerawat, meratakan warna kulit (termasuk menghilangkan luka bekas jerawat), dan melindungi penghalang kulit. Setelah menyaksikan vlog-nya, Cosmo langsung ingin membeli produk rosehip oil ASAP!


    Saksikan rutinitas perawatan kulitnya pada malam hari berikut ini:



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dok. Instagram/joodoc_)