Beauty

8 Trik Cara Membuat Rambut Kamu Tampak Lebih Halus

  by: Astriana Gemiati       2/6/2020
    • Rambut yang indah adalah rambut yang tampak berkilau, halus, dan tentu saja sehat.
    • 8 trik berikut ini akan bantu buat rambut kamu tampak lebih halus.


    Ya, rambut halus itu adalah rambut yang berkilau, sehat, dan tentunya bebas kusut. Namun jika kamu memiliki kebiasaan yang sama dengan saya (hee..), yaitu sering menata rambut dengan bantuan alat panas, menggunakan beberapa produk rambut, serta mewarnai secara teratur, hmmm… apakah mungkin? Tenang girls, jika kamu sudah menggunakan produk dengan tepat, mendapatkan rambut yang tampak lebih halus dalam beberapa minggu, kuncinya hanya bergantung pada kesehatan dan kondisi kutikula (lapisan luar).




    Coba ikuti 8 trik berikut ini yang akan bantu buat rambut kamu semakin hari tampak lebih halus.


    #1. Tambahkan baking soda pada clarifying shampoo.

    Mengutip dari smartmama.com, clarifying shampoo adalah sampo yang ditujukan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari penumpukan produk-produk styling, vitamin, air kloring di kolam renang, bahkan residu sampo dan kondisioner yang memiliki bahan pelembap yang membuat rambut menjadi keliatan lepek.


    Air dengan logam atau mineral berat tidak hanya dapat merusak warna rambut kamu yang tampak ‘mahal’, namun juga mampu mengeringkan dan menyebabkannya helai rambut tampak kusam. Jika area tempat tinggal kamu memiliki air yang kurang baik, cobalah tambahkan sedikit baking soda ke sampo kamu setiap seminggu sekali, atau setiap minggu bagi kamu yang memiliki rambut berwarna.


    #2. Mencari produk rambut berbasis hydrolyzed keratin.

    Ketika hendak berbelanja untuk produk perawatan rambut kamu, carilah label yang memiliki kandungan hydrolyzed keratin. Keratin merupakan protein struktual yang diperlukan untuk mengembalikan kekuatan pada rambut yang rusak dan terhidrolisis dalam bentuk cairan yang lebih kecil sehingga dapat menembus dan bekerja pada bagian dalam rambut. Atau jika kamu masih ragu, kamu bisa mengandalkan salon yang menyediakan khusus dan menjual produk sampo keratin plus konsultasi gratis dari ahli kecantikan.


    #3. Berhati-hatilah saat keramas.

    Saat keramas, kecenderungannya adalah menumpuk rambut di atas kepala kamu, dan mencuci seluruh helai rambut. Teknik ini tidak hanya menciptakan kusut, namun juga dapat mengeringkan ujung rambut yang sudah kurang lembap terutama untuk rambut keriting.


    Rambut lurus alami, biasanya minyak dari kulit kepala dapat berubah dari akar ke ujung dengan sangat cepat karena gravitasi akan menariknya ke bawah. Namun, dengan rambut keriting, minyak harus melakukan perjalan di sekitar poros melingkar sehingga minyak tidak sampai di sana dengan cepat.


    Ini artinya, jika kamu memiliki rambut keriting tidak perlu keramas sesering mungkin. Dan, ketika tiba saatnya untuk mencuci, pertimbangkan mengganti sampo biasa kamu dengan kondisioner pembersih agar tidak melarutkan rambut kamu dari minyak alami yang diperlukan.


    #4. Gunakan T-Shirt untuk mengeringkan rambut kamu sebagai pengganti handuk.

    Sebenarnya mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya menggunakan handuk sangatlah tidak disarankan. Tindakan ini bisa menciptakan gesekan yang menaikan kutikula. Dan, ketika kutikula mengembang, mereka akan mudah menangkap satu sama lain yang menyebabkan rambut membentuk simpul dan timbulkan kerusakan, serta hasilnya kesan keriting.




    Jadi, ganti handuk kamu menjadi T-Shirt katun yang lebih halus. Hindari cara menggosok, cukup bungkus ujung-ujugnya ke dalam baju dan peras semua airnya, usapkan sampai ujung.


    #5. Sisir saat basah, sikat saat kering.

    Rata-rata kebanyakan orang tidak cukup lembut saat menyikat rambut. Jika kamu menyisir rambut dalam kondisi basah menggunakan paddle brush, alih alih menghaluskan kutikula yang ada tindakan ini justru dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan luar.


    Cara yang lebih lembut untuk mengurai rambut adalah menggunakan sisir saat basah (atau menggunakan sikat yang dirancang untuk digunakan pada rambut basah). Dan hanya menggunakan sikat saat rambut kamu kering. Menyisir simpul yang kusut pada ujung rambut terlebih dahulu akan lebih baik sebelum pindah ke tengah dan akar.


    #6. Selalu gunakan udara dingin pada saat blow dry.

    Menggunakan udara dingin untuk mengeringkan rambut adalah kunci yang tidak hanya membuat jumlah volume, namun juga styling gaya rambut kamu akan bertahan lebih lama, apalagi ini juga dapat bantu menutup kutikula.


    #7. Masukan lemak sehat ke dalam makanan kamu.

    Rambut yang halus dan berkilau adalah tentang kelembapan dan memiliki lipid yang tepat. Asupan kacang-kacangan, alpukat, dan salmon, sangatlah penting. Ini akan membantu menjaga lipid kamu lebih tinggi bahkan suplemen Omega-3 juga termasuk. Selain itu, pentingnya hidrasi dan minum banyak air setiap hari juga bisa menjadi penopang agar helai rambut kamu juga semakin sehat.


    #8. Tidur di sarung bantal berbahan sutra.

    Jika saat ini kamu menggunakan sarung bantal berbahan katun, mungkin itu penyebab rambut kamu mudah kusut. Bahan katun akan menyerap semua kelembapan dari helai rambut kamu, sementara bahan sutra atau satin akan mempertahankan minyak yang diperlukan untuk rambut bergizi.




    ( Astriana Gemiati, Image: Gregory Scaffidi /IMAXtree.com , GIPHY.com )