Lifestyle

8 Cara Mudah Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak

  by: Giovani Untari       3/6/2020
    • Salah satu permasalahan yang terjadi selama masa Work From Home (WFH) dan PSBB ini adalah meningkatnya jumlah tagihan listrik di rumah.
    • Jadi ini dia 8 cara mudah yang bisa kamu andalakan untuk menghemat listrik di rumah, girls!


    Sulit dipungkiri jika salah satu keluhan yang muncul selama masa Work From Home (WFH) adalah membengkaknya jumlah tagihan listrik di rumah. Penggunaan devices seperti laptop atau AC secara non-stop saat bekerja menjadi salah satu faktor penyumbang besarnya tagihan listrik kamu. Tapi tentu saja selalu ada cara untuk mengatasinya bukan? Mungkin sejumlah cara dari Cosmo berikut ini bisa membantu kamu untuk lebih berhemat dalam menggunakan listrik di rumah.

    Ini dia 8 cara mudah untuk menghemat listrik agar tagihanmu tidak membengkak:




    1. Cabut Colokan Elektronik Setelah Selesai Digunakan

    Terkadang kita kerap abai untuk mencabut colokan dari beberapa produk elektronik yang telah selesai kita gunakan. Misalnya tidak mencabut charger smartphone atau laptop, diffuser elektronik, bahkan televisi dan membiarkannya begitu saja. Padahal selama kamu mencolok perangkat tersebut ke listrik, maka daya listrik pun akan terus mengalir ke perangkat tersebut. Tanpa disadari inilah yang membuat listrik menjadi lebih boros. Sebaiknya segera cabut alat-alat elektronik begitu selesai kamu gunakan untuk menghemat penggunaan listrik.


    2. Investasi ke Lampu LED

    Apabila kamu masih menggunakan bola lampu biasa, inilah saat yang tepat untuk "berinvestasi" ke lampu LED, dear! Selain memiliki kemampuan penerangan yang maksimal, lampu LED juga mampu menghemat energi hingga 80-90% dibanding bola lampu biasa dengan kapasitas watt yang sama. Lampu LED juga lebih bertahan lama hingga mencapai 20.000 jam pemakaian ketimbang bola lampu biasa. Ini membuat lampu LED lebih awet dan tidak cepat rusak. Time to change


    3. Cermat dalam Menggunakan AC


    Yes, it's hard to life without air conditioner (AC)! Sayangnya, jika digunakan dalam jangka waktu lama produk elektronik ini juga salah satu yang penyebab tagihan listrik kamu meningkat. Saran Cosmo bijaklah dalam menggunakan AC. Misalnya hanya menyalakannya di waktu malam hari menjelang tidur. Untuk efektifnya lagi, kamu juga bisa mengatur timer 6-8 jam pemakaian selama tidur agar AC kamu tidak terus menyala sepanjang waktu.

    Apalagi kamu merasa panas di siang hari, sebaiknya atur suhu di kisaran 22-25 derajat Celcius. Semakin rendah kamu mengatur suhunya, maka mesin AC akan bekerja lebih keras dan membutuhkan daya lebih besar dan berakhir dengan pemakaian listrik yang lebih besar.


    4. Hindari Mengisi Daya Smartphone Sepanjang Malam

    Apakah kamu salah satu yang kerap memilih mengisi daya smartphone sepanjang malam, tidak ada salahnya juga kamu mulai mengubah kebiasaan satu ini. Mengisi daya smartphone sepanjang malam akan membuat listrik terbuang sia-sia. Terlebih jika kabel dan kepala charger kamu tidak dilengkapi sistem penghentian otomatis saat baterai sudah diisi penuh. Karena pada dasarnya men-charger smartphone hanya memakan waktu 2-3 jam. Bila kamu tetap ingin memilih cara ini, ada baiknya gunakan kepala charger yang sudah dilengkapi timer technology. Produk ini sudah banyak tersedia di pasaran dan membantu kamu lebih bisa mengatur durasi pengisian daya, di mana daya listrik akan terhenti otomatis menyesuaikan pengaturan waktu tersebut. Jadi tidak ada listrik yang terbuang sia-sia dan baterai smartphone pun bisa lebih awet karena tidak over-charging. Win-win solutions, right?




    5. Matikan Beberapa Produk Elektronik Sebelum Tidur

    Menonton series Netflix sebelum tidur di laptop atau televisi memang menyenangkan, tapi hindari tidur dengan keadaan perangkat elektronik tersebut tetap menyala saat tidur. Matikan sejumlah produk elektronik seperti televisi, music player, hingga dispenser sebelum kamu tidur agar lebih menghemat daya. Gunakan juga lampu tidur dengan watt yang rendah untuk semakin menekan angka tagihan listrik kamu di rumah.


    6. Kurangi Pemakaian Lampu di Siang Hari


    Karena sebaiknya kamu menggunakan cahaya alami di siang hari. Apabila rumah kamu memiliki natural lighting maka matikan lampu saat di siang hari dan baru nyalakan menjelang malam. Kamu juga bisa membuka beberapa jendela dan ventilasi untuk mendapat cahaya lebih. Tapi apabila cahaya di rumahmu kurang maksimal, seperti poin nomor 2 pilihlah LED lamp yang lebih hemat energi untuk menerangi rumahmu. 


    7. Minimalisir Mandi dengan Air Hangat dari Mesin Pemanas

    Mesin pemanas air ini bekerja dengan mengandalkan listrik sehingga tentu saja akan ikut menyumbang daya dalam tagihan listrikmu. Kamu bisa menggunakan air hangat misalnya hanya untuk mandi di malam hari saja. Dan cucilah bajumu menggunakan air bersuhu normal ketimbang air hangat agar lebih menghemat pengeluaran listrik dan menjaga baju tidak cepat rusak. Cara lainnya, atur temperatur water heater-mu ke dalam suhu yang lebih rendah misalnya 120 derajat demi menekan biaya listrik hingga 10%.


    8. Jangan Isi Kulkasmu Terlalu Penuh / Kosong dan Membuka-Menutup Kulkas Terlalu Sering


    FYI, kulkas yang terlalu penuh isinya atau terlalu kosong justru membuat mesinnya bekerja lebih keras demi menyesuaikan suhu di dalamnya. Meski terkesan sepele tapi ini justru malah membuat tagihan listrikmu tanpa sadar ikut membengkak. Kebiasaan membuka-menutup kulkas terlalu sering juga menyedot daya listrik yang besar. Sebab setelah dibuka-tutup, kulkas membutuhkan waktu untuk menyesuaikan kembali suhunya. So yeah, bye-bye kebiasaan sering bolak-balik mengambil snack di kulkas mulai sekarang. Cheers!


    (Giovani Untari / Images: Dok. teksomolika, jannoon028, life for stock, foodfoodies for Freepik.com)