Lifestyle

8 Rekomendasi Film & Serial Bertema Black Lives Matter

  by: Alexander Kusumapradja       2/6/2020
    • Aksi protes yang terjadi di Amerika Serikat saat ini kembali mengusung slogan “Black Lives Matter” sebagai bentuk perlawanan terhadap kekerasan dan diskriminasi yang kerap menimpa warga kulit hitam.
    • Lewat beberapa tontonan baik film maupun serial, kita bisa mengetahui lebih dalam tentang semangat dan arti sebenarnya di balik perjuangan “Black Lives Matter”.


    Ladies, dengan apa yang sedang terjadi di Amerika Serikat ini ketika masyarakat turun ke jalan sebagai aksi protes menentang kebrutalan polisi terhadap warga kulit hitam alias African-American, istilah dan tagar #BlackLivesMatter kembali mencuat dan menjadi trending topic meskipun gerakan ini bukan hal baru.

    Seperti yang mungkin kamu sudah tahu, aksi turun ke jalan di Amerika Serikat ini dipicu oleh kasus tewasnya seorang pria kulit hitam bernama George Floyd di Minneapolis minggu lalu akibat kebrutalan polisi setempat. Ketika video rekaman kejadian itu diunggah ke media sosial dan menjadi berita viral, tak butuh waktu lama bagi mereka yang muak dengan kebrutalan polisi untuk turun ke jalan dan melakukan aksi protes. Dimulai dari Minnesota dan kemudian menyebar ke berbagai kota dan negara bagian lain di Amerika Serikat, aksi protes baik yang berjalan damai maupun yang berakhir rusuh dan disertai penjarahan ini menjadi momen bersejarah yang sedang disaksikan bersama oleh seluruh dunia.

    Bagi warga kulit hitam di Amerika Serikat, slogan #BlackLivesMatter merupakan teriakan untuk meminta keadilan melawan kekerasan dan rasisme sistematik yang mereka hadapi, Bagi penduduk dunia lainnya, termasuk Indonesia, isu #BlackLivesMatter ini mungkin masih menjadi sesuatu yang asing atau hanya terdengar selintas. Namun, bukan berarti kita bisa harus tutup mata dan tak peduli dengan apa yang sedang terjadi di Amerika Serikat saat ini dan aksi #BlackLivesMatter yang menjadi pembakar semangat di belakangnya.

    Selain mengedukasi diri sendiri dengan membaca berbagai artikel yang bisa kamu search di internet, kita juga bisa mengetahui lebih dalam soal perjuangan #BlackLivesMatter melalui film maupun serial yang mengangkat tema tersebut. Berikut adalah beberapa rekomendasi tontonan film maupun serial tentang #BlackLivesMatter yang bisa kamu simak.


    1. Stay Woke: The Black Lives Matter Movement (2016)

    Dokumenter besutan Laurens Grant ini merupakan tontonan wajib bagi siapa pun yang tertarik dengan isu Black Lives Matter karena memang fokus mengangkat bagaimana gerakan itu terbentuk. Dibuka oleh rekaman suara tentang kasus penembakan Trayvon Martin oleh polisi bernama Geoger Zimmerman, lewat film dokumenter ini kita bisa tahu bagaimana tagar #BlackLivesMatter tercetus di media sosial dan semua kejadian yang memicu lahirnya gerakan tersebut. Kalimat “Stay Woke” sendiri mengacu pada awareness soal keadilan sosial dan rasial yang dilahirkan oleh gerakan Black Lives Matter.

    2. BlacKkKlansman (2018)

    Disutradarai oleh Spike Lee, film yang diangkat dari kisah nyata ini menceritakan tentang Ron Stallworth (John David Washington) yang menjadi detektif kulit hitam pertama Kepolisian Colorado di tahun 1972. Ia melakukan penyelidikan tentang sekte Ku Klux Klan setempat dengan berpura-pura menjadi orang kulit putih di telepon dengan sangat meyakinkan. Masalah muncul ketika ia diundang bertemu langsung dengan para anggota KKK tersebut dan ia pun meminta bantuan rekan detektifnya, Flip Zimmerman (Adam Driver) untuk berpura-pura menjadi dirinya. Sukses menjadi anggota resmi KKK kulit hitam pertama (tanpa diketahui oleh KKK sendiri), penyelidikan ini bahkan mempertemukan Ron dengan pemimpin besar KKK David Duke yang akan mengunjungi Colorado. Meski dibumbui humor, film ini juga lumayan bikin tegang karena aksi kucing-kucingan Ron dengan KKK dan tentunya isu diskriminasi rasial dan supremasi kulit putih yang kental. Film ini ditutup oleh footage asli tentang situasi Amerika belakangan ini yang dipenuhi aksi anarkis terhadap minoritas yang dipicu oleh slogan Make America Great Again (MAGA) yang digaungkan oleh Presiden Donald Trump.

    3. Dear White People (2017)

    Serial Netflix ini menceritakan soal mahasiswa dan mahasiswi kulit hitam di sebuah kampus Ivy League yang didominasi oleh kulit putih. Diangkat dari film tahun 2014 berjudul sama karya sutradara Justin Simien, lewat serial yang sudah berjalan tiga season ini kita bisa mengetahui bagaimana para pemuda kulit hitam di latar akademi pun tetap menghadapi prejudice, diskriminasi, dan bias warna kulit tak peduli walaupun mereka berasal dari latar belakang yang punya privilege dan pendidikan tinggi sekalipun.

    4. When They See Us (2019)

    Miniseri Netflix yang terdiri dari empat episode ini mengangkat peristiwa nyata kasus penyerangan dan pemerkosaan seorang wanita kulit putih di Central Park tahun 1989 yang menyeret lima pemuda non-kulit putih sebagai tersangka dan menjebloskan mereka pada penyelidikan dan persidangan bias ras yang mengubah hidup mereka dan keluarga mereka. Disutradarai oleh Ava DuVernay yang merupakan sutradara wanita kulit hitam pertama yang dinominasikan untuk Golden Globe dan Academy Awards, serial ini mendapat respons positif dan dinominasikan untuk 16 Piala Emmy tahun lalu.

    5. Queen & Slim (2019 )

    Daniel Kaluuya dan Jodie Turner-Smith berperan sebagai Slim dan Queen, pasangan Tinder yang baru bertemu untuk makan malam yang canggung. Dalam perjalanan pulang, keduanya menarik perhatian petugas polisi yang memberhentikan mobil mereka dan melakukan pengecekan yang berujung agresi dan menyebabkan Slim terpaksa menembak si polisi sebagai bentuk bela diri. Sadar mereka akan mendekam di penjara seumur hidup bila menyerahkan diri, keduanya pun memilih kabur dan menjalani pelarian yang dibumbui percikan asmara dan ledakan mesiu senapan. Film ini merupakan film debut dari sutradara wanita Melina Matsoukas yang sebelumnya lebih dikenal sebagai sutradara video klip, termasuk “We Found Love” dari Rihanna dan Calvin Harris, serta “Formation” dari Beyonce.

    6. Fruitvale Station (2013)

    Film biografi yang merupakan debut penyutradaraan dari Ryan Coogler ini berdasarkan peristiwa seputar kematian pemuda kulit hitam bernama Oscar Grant yang terbunuh oleh tembakan fatal dari polisi bernama Johannes Mehserle di malam tahun baru 2009 di stasius Fruitvale di daerah Oakland. Dibintangi oleh Michael B. Jordan, film ini juga dibintangi oleh Kevin Durand, Chad Michael, Octavia Spencer dan meraih penghargaan utama saat diputar pertama kali di Sundance Film Festival tahun 2013.

    7. Luke Cage (2016)

    Bagi pecinta film-film Marvel, rasanya sayang bila melewatkan serial Netflix ini begitu saja. Mike Colter berperan sebagai Luke Cage, seorang petarung jalanan yang membasmi kejahatan di daerah Harlem setelah mengalami eksperimen yang membuatnya memiliki kekuatan super dan kulit anti peluru. Ketika dirilis, serial ini mendapat respons positif karena tak hanya menceritakan kisah pahlawan super tapi juga mengangkat isu sosial dan permasalahan masyarakat kulit hitam yang membuat Luke Cage kemudian dijuluki sebagai “Black Lives Matter superhero.”

    8. The Hate U Give (2018)

    Diadaptasi dari novel young adult karya Angie Thomas, film besutan George Tillman Jr. ini berkisah tentang seorang gadis kulit hitam bernama Starr Carter (Amandla Stenberg) yang bersekolah di sekolah elit dominan kulit putih. Ketika sebuah pistol meletus di sebuah pesta yang ia datangi, ia diantar pulang oleh sahabat masa kecilnya (Algee Smith) namun naas, dalam perjalanan pulang mobil mereka dihentikan oleh seorang polisi yang memeriksa mobil mereka dan kesalahpahaman yang membuat polisi tersebut menembak sahabatnya di depan mata Starr. Berhadapan dengan trauma tersebut, Starr pun menjadi saksi dan terjun langsung mencari keadilan untuk sahabatnya.

    (Alex.K/Image: Outnow.ch)