Beauty

7 Bahan Kandungan yang Dibutuhkan untuk Melembapkan Kulit

  by: Shamira Priyanka Natanagara       3/6/2020
  • Mungkin kamu sudah menyadari bahwa cuaca belakangan ini tidak menentu—terkadang panas, tapi hujan masih sering turun. Cuaca yang lebih dingin adalah kabar baik untuk beberapa orang, tapi sayangnya tidak menggembirakan para pemilik kulit kering. Udara malam hari yang dingin bisa membuat kulit kering dan mengelupas. Untuk mengatasi masalah ini, kamu perlu menyediakan produk skincare yang dapat melembapkan kulit dengan efektif.

    Ini bisa menjadi hal yang mudah, tapi untuk beberapa orang meluangkan waktu yang cukup lama untuk memperhatikan label produk, agar tahu jika bahan kandungannya bagus untuk kulit kering atau tidak bisa menjadi, err, sebuah PR. Untuk membantumu, berikut adalah panduan mengenai bahan kandungan yang patut dicatat untuk memilih produk skincare yang tepat:




    1. Hyaluronic acid

    Hyaluronic acid (asam hialuronat) bisa menahan 1000x berartnya dalam air, membuatnya pilihan yang populer di kalangan pemilik kulit kering. Selain mampu menghidrasi kulit kering, bahan kandungan ini juga bagus untuk menghindari munculnya garis-garis halus dan keriput.

     Cosmo recommends:  For Skin's Sake Hyaluronic Acid Serum (beli di Sociolla, Rp225.000,-.)



    2. Aloe vera

    Ingat ketika aloe vera sedang ngetren dan banyak pegiat skincare mengandalkan gel aloe vera untuk, well, hampir segala hal? Gel lidah buaya menjadi salah satu bahan kandungan yang paling dipercayai untuk melembapkan kulit, dan juga karena sejumlah alasan lain. Lidah buaya mengandung antioksidan, vitamin A, enzim, dan bersifat antiinflamasi, membuatnya pilihan yang tepat untuk kulit kering, eczema, dan luka bakar ringan.

     Cosmo recommends:  Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel (beli di Shopee, Rp98.000,-.) 





    3. Ceramide

    Ceramide bekerja seperti magnet: bahan kandungan ini mengikat sel-sel kulit untuk membuat sebuah penghalang yang mengunci kelembapan dan mencegah masuknya kotoran. Bahan kandungan yang kuat ini akan membuat kulit wajahmu kenyal, terhidrasi, dan elastis!

     Cosmo recommends:  COSRX Honey Ceramide Full Moisture Cream (beli di Sociolla, Rp300.000,-.)



    4. Glycerin

    Glycerin adalah sebuah humektan, yang berarti bahan kandungan ini "menarik" kelembapan ke kulit agar tetap terhidrasi dan kenyal. Glycerin juga tergolong ringan, sehingga cocok untuk kamu yang kurang menyukai produk bertekstur lengket dan kental.



     Cosmo recommends:  Mario Badescu Enzyme Cleansing Gel (beli di Sephora Indonesia, Rp299.000,-.)



    5. Petrolatum

    Petrolatum mungkin terdengar aneh—seperti sesuatu yang membuatmu berpikir dua kali sebelum mengoleskannya pada wajah, tapi sebenarnya bahan kandungan ini memiliki banyak manfaat. Petrolatum menyediakan film anti-air untuk kulit yang mengunci kelembapan dan menangkal partikel asing. Bahan kandungan ini bagus untuk kamu yang memiliki bibir dan tumit pecah-pecah, goresan kecil pada kulit dan luka bakar ringan, serta bisa digunakan untuk membuat parfum lebih tahan lama!

     Cosmo recommends:  Pure Paw Paw Ointment (beli di Sociolla, Rp68.000,-.)



    6. Lactic acid

    Sejujurnya, Cosmo adalah penggemar chemical exfoliant dan kemampuannya untuk membersihkan pori-pori serta mengeksfoliasi sel-sel kulit mati. Jika kamu memiliki kulit kering, kamu bisa merasakan manfaat lactic acid (asam laktat). Bahan kandungan ini adalah sebuah tipe Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang berguna untuk menghilangkan garis-garis halus dan keriput pada kulit wajah. Lactic acid bisa membantu kulit mempertahankan kadar air dan memperbaiki kelembapan alami kulit.

     Cosmo recommends:  GLAMGLOW SUPERMUD® Clearing Treatment (beli di BeautyBox Indonesia, Rp1.075.000,-.)



    7. Lanolin

    Lanolin adalah sebuah emolien, yang berarti mampu meningkatkan kadar air pada kulit dan membantu melembapkan kulit dari dalam. Bahan kandungan ini bagus untuk kamu yang mengalami dry patch dan tumit pecah-pecah.

     Cosmo recommends:  Blackmores Vitamin E Cream (beli di Watsons Indonesia, Rp125.000,-.)



    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan Philippines / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Shiny Diamond from Pexels / Images: Dok. For Skin's Sake, Nature Republic, COSRX, Mario Badescu, Pure Paw Paw, GLAMGLOW, Blackmores)