Lifestyle

8 Rekomendasi Tur Virtual Destinasi Populer Seluruh Dunia

  by: Alexander Kusumapradja       5/6/2020
  • - Meskipun akan memasuki masa New Normal, namun traveling tampaknya belum akan menjadi normal seperti sebelum pandemi.

    - Beberapa destinasi wisata populer dunia menawarkan tur virtual yang bisa diakses dari seluruh dunia.



    Meskipun sebentar lagi Indonesia akan memasuki fase New Normal di mana kita diminta untuk pelan-pelan hidup berdampingan dan beradaptasi dengan virus COVID-19 yang masih belum ditemukan vaksinnya, bukan berarti hidup kita akan senormal di masa sebelum pandemi. Walau harus kembali beraktivitas di luar rumah, kita tetap harus memerhatikan dan menjaga diri dari virus corona yang masih hidup di luar sana dan ada beberapa hal yang mungkin belum bisa kita lakukan seperti berpergian mengunjungi tempat rekreasi dengan bebas.

    Bagi para pecinta seni, sejarah, dan budaya, kita tentu sudah rindu sekali mengunjungi museum dan menikmati semua karya di dalamnya. Untungnya, beberapa museum di dunia kini menawarkan fitur tur virtual yang bisa diakses sehingga kita bisa “berkunjung” dari rumah kita sendiri. Berikut adalah beberapa rekomendasi tur museum virtual yang bisa kamu kunjungi dari layar gadget milikmu.

    1. Keukenhof

    Terletak di Kota Lisse, Keukenhof merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler di Belanda. Hampir 26 ribu orang dari seluruh dunia mengunjungi Keukenhof setiap harinya saat salah satu taman bunga terbesar di dunia ini dibuka untuk umum selama 8 minggu setiap tahunnya di masa bunga tulip mekar. Tahun ini, meskipun ditutup karena pandemi, Keukenhof mengajak kita berkunjung lewat tur virtual 360° di YouTube di mana kita bisa melihat berbagai area taman yang dibangun di Abad Ke-15 dan memiliki lebih dari tujuh juta bunga ini.

    2. Smithsonian National Museum of Natural History

    Salah satu museum sejarah alam terbesar di dunia yang terletak di Washington D.C., Amerika Serikat ini menawarkan tur virtual 360° di mana kita bisa berkeliling di antara tiga lantai dan berbagai ruangan yang dipenuhi pameran menarik soal sejarah alam, dari mulai sejarah bumi, manusia, dinosaurus, fauna, dan banyak topik seru lainnya yang juga menambah wawasan. Bahkan bila kamu punya VR headset, kita bisa mencoba fitur virtual reality yang membuat kita seperti benar-benar menginjakkan kaki di sana.

    3. The Van Gogh Museum 

    Untuk pecinta lukisan, khususnya karya Van Gogh, sekarang kita tak perlu jauh-jauh ke Amsterdam, Belanda untuk menikmati pameran lukisan karya salah satu pelukis paling terkenal di dunia tersebut. Kita bisa mengunjungi Van Gogh Museum baik melalui video 4K di YouTube maupun dengan menggunakan fitur Google Arts and Culture yang sekaligus bisa langsung mencari tahu cerita di balik setiap lukisan.

    4. The Musée du Louvre

    Belum lengkap ke Paris kalau tidak mengunjungi museum seni bersejarah ini. Untuk yang belum sempat mengunjungi Paris terutama di masa pandemi seperti sekarang, kini situs Louvre menawarkan tujuh tur virtual yang mengeksplor beragam area berbeda di museum yang menjadi rumah dari lukisan asli Mona Lisa ini.



    5. The Studio Ghibli Museum

    Pecinta anime dan budaya Jepang tentu tak asing lagi dengan film-film produksi Studio Ghibli yang tersohor di seluruh dunia. Karena itu Studio Ghibli Museum yang terletak di Tokyo menjadi salah satu destinasi wajib bila kita berkunjung di Jepang. Meskipun sangat populer, banyak orang yang belum pernah melihat isinya seperti apa karena memang kita tidak dibolehkan mengambil foto saat berada di dalam museum, namun kini siapa pun bisa ikut melihat langsung isi di dalam museum ini melalui video tur yang terdapat di YouTube.

    6. The Metropolitan Museum of Art

    Kamu mungkin mengenal museum seni yang disingkat The Met ini melalui acara tahunan Met Gala atau tempat hang out Blair Waldorf dan clique-nya di Gossip Girl, namun apakah kamu pernah mengintip isi museum itu sendiri? Well, museum yang terletak di New York City ini merupakan salah satu museum seni terbesar di dunia yang memiliki lebih dari dua juta koleksi karya seni dan kini bisa kita nikmati melalui Google Arts & Culture. Kita bisa menyusuri satu per satu bagian di dua lantai museum ini atau langsung klik bagian yang ingin kamu lihat.

    7. The British Museum

    Museum kebanggaan London ini memiliki lebih dari delapan juta karya dan artifek sejarah, seni, dan budaya dari seluruh dunia. Meskipun tak semuanya bisa diakses, namun peta interaktif mereka bisa kita akses untuk melihat peninggalan sejarah dari Afrika, Amerika, Asia, Eropa, dan Oceania dari dua juta tahun Sebelum Masehi hingga masa sekarang dan dilengkapi dengan narasi audio yang menjelaskan koleksi tersebut.

    8. Museum Nasional Indonesia

    Kangen berkunjung ke Museum Nasional yang terletak di area Monas, Jakarta? Bagi penduduk Jakarta, kamu mungkin setidaknya pernah sekali ke museum ini saat study tour sekolah, namun bagi mereka yang belum pernah datang ke museum yang juga dikenal sebagai Museum Gajah ini sekarang bisa melihat isinya melalui tur virtual untuk melihat ribuan koleksi bersejarah Nusantara di dalamnya.

    Selain Museum Nasional, beberapa destinasi wisata Indonesia yang juga bisa diakses melalui tur virtual adalah Museum Konferensi Asia Afrika di Bandung, Museum Manusia Purba Sangiran di Sragen Jawa Tengah, Candi Prambanan di Yogya, dan Museum Bank Mandiri di Jakarta.


    (Alex.K/Image: no1japantravel)