Beauty

Rutinitas Kecantikan Wajib Untuk Memulai Usia 30 Tahun

  by: Kissy Aprilia       5/6/2020
    • Saat memasuki usia 30 tahun kulit mengalami penurunan kualitas kesehatan.
    • Berkurangnya produksi kolagen dan elastin menyebabkan tanda-tanda penuaan kulit.
    • Tanda penuaan kulit dapat dihindari dengan melakukan perawatan skincare sejak dini.


    Kapan waktu yang untuk memulai perawatan wajah? Well, jika sudah menginjakkan kaki di usia 30 tahun, kamu pasti berharap dapat kembali ke masa remaja dan memulai perawatan wajah lebih dini. 

    Memasuki usia 30 tahun, kulit mengalami penurunan kualitas kesehatan. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya produksi kolagen dan elastin yang berfungsi menunjang jaringan kulit. Maka dari itu, tidak heran jika kamu mulai mengalami tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus, kerput, dan noda hitam. Sejujurnya, kamu tidak dapat menghindari masalah tersebut, tetapi dapat meminimalkan tanda-tanda penuaan—dan perawatan kulit ini harus kamu lakukan sebelum memasuki usia 30 tahun. Catat!




    Double cleansing is a must!

    Hilangkan kebiasaan buruk malas mencuci wajah sebelum tidur! Memasuki usia 30 tahun, kamu harus lebih disiplin terhadap kebersihan diri, khususnya wajah. Proses double cleansing akan mengurangi risiko penyumbatan kotoran di pori-pori kulit yang menghambat regenerasi sel-sel kulit. Tidak ingin wajahmu kusam dan terkesan lebih tua, ‘kan?


    Mulailah menggunakan eye cream.

    Trust me. Ketika berada di usia 30-an, kamu akan merasa bahwa eye cream adalah produk skincare yang sangat penting. Kalau ingin area matamu tetap cerah, segar, dan tak berkerut, mulailah gunakan eye cream dari sekarang! Nope, kamu tidak boleh menggunakan krim wajah untuk area mata. Sebab, area tersebut memiliki lapisan yang tipis dan lebih sensitif, sehingga berisiko mengalami iritiasi.


    Jangan malas pakai sunscreen.

    Mungkin kamu lebih senang beraktivitas di luar ruangan dan melakukannya setiap hari. Namun, jangan lupa gunakan sunscreen yang mengandung formula SPF dan PA, ya! Masih belum ingat perbedaannya? SPF melindungi kulitmu dari sinar UVB yang menyebabkan hiperpigmentasi. Sedangkan PA menjaga kulit dari paparan UVA yang merusak sel-sel kulit dan mempercepat tanda penuaan. 




    Mencoba produk skincare retinol.

    Selain menggunakan sunscreen, retinol adalah kandungan terbaik yang telah teruji dapat menjaga tekstur kulit. Bahan turunan Vitamin A ini bekerja mempercepat proses regenerasi kulit, serta memicu produksi kolagen dan elastin di dalamnya. Aplikasikan produk retinol untuk rutinitas skincare di malam hari tiap dua kali seminggu, untuk mendapatkan tampilan awet muda di usia 30-an.


    Perhatikan kondisi area kulit leher.

    Tahukah bahwa area kulit leher lebih tipis dibandingkan yang lainnya? Karena itu, ia juga akan menunjukan tanda-tanda penuaan lebih cepat. Dan ingat: menggunakan sisa pelembap dari wajah ke leher tidak membantumu menghindari kerutan. Kamu harus mengaplikasikan pulasan yang berbeda, bahkan bila perlu, carilah produk khusus untuk perawatan kulit area leher.  


    Menggunakan makeup yang mengandung skincare.

    Berpikir bahwa tidak menggunakan makeup adalah cara terbaik untuk melindungi kulitmu? Menurut seorang celebrity esthetician, Renée Rouleau, foundation dapat berperan sebagai lapisan ekstra yang melindungi kulit dari faktor penyebab tanda penuaan—seperti sinar UV, dan polusi. Kamu tidak perlu mengkhawatirkan penyubatan pori-pori selama produk foundation yang digunakan sesuai dengan jenis kulit dan mengandung skincare. 


    (Kissy Aprilia, Image: Levin Anton on Unsplash)