Lifestyle

Rekomendasi Aromaterapi yang Bisa Bantu Hilangkan Stres

  by: Givania Diwiya Citta       5/6/2020
    • Merebaknya pandemi COVID-19 dan kondisi yang belum sepenuhnya pulih membuat masa-masa tak menentu masih kerap dirasakan.
    • Tetap jaga well-being diri lewat rekomendasi aromaterapi dalam wujud lilin, diffuser, dan pure essential oil yang bisa bantu hilangkan stres.


    Meski keadaan belum sepenuhnya pulih, namun tetaplah esensial bagi kita untuk menjaga well-being diri, karena mari akui, masa-masa sulit dari apapun wujudnya pasti tak terelakkan kita hadapi dalam hidup. Meski begitu, tetaplah ingat bahwa selalu ada hal-hal kecil yang bisa mendorong kita untuk tetap maju, atau setidaknya, bertahan melewati hari ini. Pertolongan-pertolongan tersebut bahkan hadir lewat wujud aromaterapi yang irresistible, lho! 




    Yup, kamu pun pasti tahu bahwa dengan mencium wangi-wangi tertentu, otak kita bisa meresponsnya hingga menginstruksikan kita untuk merasa lebih tenang, berenergi, ataupun jadi lebih fokus. Dengan kata lain, aromaterapi bisa menjadi senjata kamu untuk chill saat melewati stres dan kawan-kawannya. Apalagi, dengan wujud multiple dalam lilin, diffuser, ataupun pure essential oil yang praktis di bawa ke mana pun, semuanya akan sangat membantu kamu melewati hari stres tentang pekerjaan, atau saat ingin mentransformasi rumah dengan suasana spa. Check ’em out!


    Frangipani

    Bunga frangipani yang berwarna kuning serta punya kelopak lembut ini dipercaya melambangkan kehidupan jiwa yang abadi bagi orang-orang India kuno, karena ternyata, jika batang dari pohon frangipani dipotong, bunganya akan tetap mekar setelahnya. Dengan wanginya yang feminin, aromaterapi dari frangipani bisa memberikan efek menenangkan hingga membantu kamu tidur lebih nyaman, karena dalam prosesnya, ia melepas rasa stres, merelaksasi otot yang tegang, serta bisa meminimalisir peningnya kepala. Tempatkan aromaterapi frangipani seperti diffuser ini di dekat tempat tidur kamu, untuk sesi tidur yang lebih stress-free.


    Secret Garden, ilotte.com, harga: Rp271.800,-.


    Frankincense

    Frankincense adalah aromaterapi yang biasanya bersumber dari getah pohon Boswellia carterii atau Boswellia sacra. Frankincense memiliki wangi yang manis namun juga punya semerbak kayu, hingga membuat otak merespons rasa relaks lewat memengaruhi emosi dan sistem syaraf kita. Selain berfungsi menurunkan stres, aromaterapi frankincense juga bisa memberi efek pada biologis tubuh, lho, seperti menjaga tekanan darah sampai meningkatkan fungsi imun. Jadi, saat stres dan anxiety menyerang, coba siapkan aromaterapi frankincense seperti essential oil ini untuk pertolongan pertama meminimalisirnya. 


    Natuna Essential, blibli.com, harga: Rp229.000,-.


    Rosemary

    Meski lebih dikenal sebagai rempah dalam bumbu masakan, tapi rosemary sebenarnya juga telah digunakan sebagai obat-obatan tradisional, lho. Wanginya yang punya aroma kekayuan punya manfaat untuk melawan stres yang dirasakan dalam tubuh, seperti stres dalam pencernaan, gas, perut kram, sampai bloating. Lalu dengan menghirup aromanya, rosemary bahkan bisa menurunkan level hormon cortisol dalam darah yang menyebabkan stres. Efek lainnya, rosemary juga bisa meningkatkan proses menghapal dan mengingat, lho, jadi, ehm, jika kamu gelisah dan stres mempelajari presentasi atau materi ujian, coba siapkan essential oil rosemary yang dikombinasi peppermint (yang menambah aroma segar!) seperti di bawah ini untuk membantu kualitas fokus kamu. 


    Vimala, moselo.com, harga: Rp160.000,-.


    Rose

    Hei, bunga yang diasosiasikan sebagai lambang kasih sayang ini ternyata punya fungsi lebih daripada sekadar sebagai bunga yang cantik dan harum wanginya, lho. Karena nyatanya, tumbuhan mawar bisa membantu psikologis menjadi jernih kembali. Berkat efek aromanya yang menenangkan, membuat tubuh meresponsnya dengan menurunkan jantung yang berdebar-debar, membuat napas jadi lebih tenang, dan meningkatkan level oksigen dalam darah. Akhirnya, aromaterapi mawar bisa menurunkan anxiety dan stres, seperti studi dari Iranian Red Crescent Medical Journal yang mengungkapkan bahwa rose oil menurunkan level kegelisahan para perempuan di tengah persalinan. Psst, bahkan jika kamu sedang tidak mood saat nyeri menstruasi, aromaterapi mawar seperti lilin berikut bisa membuat kamu merasa lebih kalem.


    Kindle Kandle, kuka.co.id, harga: Rp85.000,-.


    Vanilla

    Wangi yang satu ini tentu sudah tak asing lagi sebagai aromaterapi yang diasosiasikan dengan rasa positif, seperti kehangatan dan kebahagiaan. Bahkan Sloan-Kettering Cancer Center di New York menggunakan aromaterapi vanilla saat scan MRI para pasiennya, dan mengungkapkan bahwa aromanya menenangkan perasaan gelisah dan claustrophobia. Oleh karena efek relaksasinya, aromaterapi vanilla bisa meningkatkan kualitas tidur lewat melepas ketegangan dalam pikiran, hingga juga bisa berguna meredakan gejala-gejala PMS seperti kelelahan dan kram. Setelah jam kerja selesai, coba nyalakan selama beberapa jam lilin aromaterapi vanila berikut, dan bersiap untuk beristirahat dengan lebih tenang. Tapi ingat untuk mematikan lilin sebelum tidur, ya, girls.




    PWA Concept, tokopedia.com, harga: Rp249.000,-.


    Chamomile

    Jika kamu sudah familier dengan manfaat minum teh chamomile untuk membantu tidur lebih nyenyak, maka begitu pula khasiatnya saat chamomile dijadikan sebuah aromaterapi. Selain meningkatkan kualitas tidur, aromaterapi chamomile juga punya dampak signifikan dalam mereduksi gejala anxiety dan depresi. Jadi saat kamu tahu sedang sangat butuh rileks, coba nyalakan lilin aromaterapi chamomile ini sebagai salah satu aid kamu.


    Ri’laks, shopee.co.id, harga: Rp70.000,-.


    Bergamot

    Dengan aroma sitrus yang ringan dikombinasi wangi bebungaan, bergamot menjadi salah satu yang paling banyak digunakan dalam aromaterapi yang berkhasiat meningkatkan mood serta menghilangkan stres. Bagaimana tidak, bergamot mampu menurunkan hormon stres cortisol, dan meningkatkan gamma-aminobutyric acid (GABA) hingga membuat tubuh memproduksi syaraf yang membuat kita semangat. So bb, when you need a little push to smile again, prep yourself bergamot aromatherapy like this pure essential oil for an instant cure.


    Bathaholic, blibli.com, harga: Rp110.000,-.


    Lily

    Bunga lily saat dijadikan aromaterapi, nyatanya memiliki manfaat therapeutic, lho. Aromaterapi lily bisa membantu kesehatan mental dan emosional lewat menurunkan depresi hingga perasaan low self-esteem sampai self-doubt. Aromanya yang soothing bisa menciptakan rasa aman, tenang, dan tentram, bahkan tambahan poinnya, bisa mereduksi insomnia! Ciptakan zen di dalam ruang kerja ataupun kamar kamu sendiri dengan menempatkan aromaterapi lily seperti diffuser berikut yang praktis diletakkan pada bedside table atau pojok ruangan. Hello, remedy!


    Veda, tokopedia.com, harga: Rp235.000,-.


    Santalum

    Aromaterapi dari jenis pohon sandalwood ini juga memiliki komponen aroma yang bisa memberi manfaat pada kesehatan, lho. Para praktisi Buddha juga percaya bahwa aroma sandalwood bisa membantu menjaga kesadaran serta fokus selama melakukan meditasi. Jadi, jika paparannya jelas mengungkapkan sebuah konsep zen, maka begitu pula manfaatnya sebagai aromaterapi yang membantu meredakan anxiety. Aromaterapi ini juga memberikan efek menenangkan lewat meningkatkan kesadaran mental, yakni dengan menonaktifkan respons behavioral, lalu mengaktifkan respons psikologis seperti yang bisa diukur dari tekanan darah dan debaran jantung. Welp, you know you can count to such aromatherapy like this diffuser for your well-being.


    Euodia Home, lumikasa.com, harga: Rp129.000,-.


    (Givania Diwiya / Image: Courtesy of products / Layout: Shakurani)