Beauty

Tips dan Trik Memakai Lip Gloss Agar Lebih Tahan Lama!

  by: Shamira Priyanka Natanagara       5/6/2020
  • Apakah kamu salah satu pencinta makeup yang lebih sering memakai lip gloss daripada lipstik pada tahun 2020 ini? Produk pemulas bibir yang menghadirkan tampilan akhir mengkilap ini telah menjadi salah satu tren di dunia kecantikan sejak akhir tahun lalu, dan hebatnya, masih diminati banyak orang hingga sekarang. 

    Lip gloss memiliki tekstur yang cenderung lebih lengket daripada lipstik, dan karena formulanya tidak bisa mengering, produk ini dikenal kurang tahan lama. Kalau kamu sedikit skeptis dengan daya tahan lip gloss, tapi ingin mencoba mengikuti tren, berikut adalah beberapa tips dan trik memakai lip gloss agar lebih awet di bibir. Simak!




    First step: exfoliate!

    Ya, lip gloss memang cenderung memiliki formula yang lebih lembap dan hydrating daripada lipstik, dan biasanya juga dilengkapi dengan bahan kandungan yang bagus untuk menjaga kelembapan bibir, seperti vitamin E. Namun lip gloss akan menjadi kurang awet jika diaplikasikan saat kondisi bibir kering dan pecah-pecah. Kamu bisa mengeksfoliasi bibir dengan menggosoknya secara halus menggunakan sikat gigi, atau bisa juga dengan lip scrub gula yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Atau kamu terlalu malas untuk membuat DIY lip scrub? Coba gunakan Sensatia Botanicals Pouty Lips Sugar Lip Scrub yang terbuat dari bahan-bahan alami.




    Lip liner to the rescue

    Perlu diakui, salah satu kekurangan lip gloss adalah produk ini mudah “bocor” ke luar garis bibir. Apakah kamu pernah mengalaminya? Nah, untuk menghindari hal ini terjadi, pastikan kamu telah membuat outline pada bibir menggunakan lip liner. Trik ini dapat memelihara warna lip gloss pada bagian pinggir bibir. Pilihlah warna lip liner yang sesuai dengan warna kulit aslimu, atau yang sedikit lebih gelap dari warna lip gloss jika ingin bibir tampak lebih berisi. Butuh rekomendasi produk lip liner? Merek kecantikan lokal Make Over menawarkan Lip Amplify Contour Liner, rangkaian lip liner yang tersedia dalam lima warna, mulai dari pink muda, merah terang, hingga coklat.





    Don’t use too much!

    Cosmo mengerti, kamu ingin bibir tampak berkilau dan segar, tapi terus menerus mengaplikasikan lip gloss hingga lima lapis bukanlah cara pemakaian yang tepat — kecuali kamu tidak keberatan lip gloss lebih cepat memudar. Memakai berlapis-lapis lip gloss justru dapat produk lebih mudah ‘bergerak.’ Coba oleskan satu lapis lip gloss pada bibir bagian bawah saja, kemudian ratakan dengan membuat bibir bagian atas dan bawah saling menekan.


    Try a primer

    Selain primer untuk kulit wajah dan kelopak mata, primer yang telah dirancang khusus untuk bibir pun tersedia di pasaran. Mungkin kedengarannya seperti gimmick, tapi lip primer dapat membantu menghaluskan permukaan bibir — mempersiapkan bibir sebagai kanvas yang siap untuk dilukis. Plus, lip primer juga memiliki bahan kandungan yang berguna untuk menutrisi dan menghidrasi bibir. Cosmo recommendsSephora Collection Matte Lip Primer.



    Or use a foundation

    Jika tidak memiliki lip primer dan ingin berhemat, kamu bisa menggunakan foundation sebagai primer bibir agar lip gloss bisa bertahan lebih lama. Mungkin foundation tidak bisa menutrisi bibir seefektif lip primer, tapi patut dicoba sebagai base sebelum melapisi bibir dengan lip gloss favoritmu.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Gabb Tapic from Pexels / Images: Dok. Sensatia Botanicals, Make Over, Sephora Indonesia)