Celebrity

Dituduh Rasis oleh Bintang Glee, Ini Jawaban Lea Michele

  by: Alexander Kusumapradja       6/6/2020
  • - Mengungkapkan dukungan terhadap aksi #BlackLivesMatter, Lea Michele justru mendapat kecaman dari beberapa mantan rekan mainnya di Glee.

    - Lea Michele telah meminta maaf melalui postingan Instagram namun ia masih mendapat kritik karena dianggap tidak tulus.




    Aksi protes #BlackLivesMatter yang sedang terjadi di Amerika Serikat saat ini mengundang banyak reaksi dari berbagai pihak, termasuk selebriti yang mengungkapkan dukungan mereka baik dengan cara turun langsung ke jalan seperti yang dilakukan oleh Ariana Grande, Keke Palmer, dan Cole Sprouse maupun yang dilakukan via postingan media sosial. Salah satu selebriti yang ikut menyuarakan dukungan lewat medsos adalah Lea Michele, sang bintang utama Glee yang kini dikabarkan sedang hamil.

    30 Mei lalu Lea mengirim tweet dukungan terhadap aksi #BlackLivesMatter. Namun, alih-alih pujian, ia justru mendapat respons tak terduga dari mantan rekan mainnya di Glee yaitu Samantha Marie Ware yang meng-quote tweet Lea dengan tulisan: “Masih ingat saat kamu membuat pekerjaan televisi pertama saya seperti neraka? Karena saya tidak akan lupa. Saya percaya kamu bilang ke semua orang kalau kamu punya kesempatan kamu akan buang air besar di wig saya dan banyak sikap agresif lainnya yang membuat saya mempertanyakan apakah saya memang ingin berkarier di Hollywood.”



    Well, we all know Lea Michele di Glee berperan sebagai Rachel Berry yang merupakan karakter utama di serial garapan Ryan Murphy tersebut, sementara Samantha berperan sebagai Jane Hayward di musim keenam Glee yang merupakan murid wanita pertama yang masuk ke sekolah khusus pria Dalton sebelum pindah ke McKinley dan menjadi anggota baru klub Glee di sana.

    Tak butuh waktu lama, beberapa mantan rekan akting Lea lain juga bereaksi terhadap tweet dari Samantha. Alex Newell, yang berperan sebagai Unique Adams di Glee, mengirimkan beberapa GIF dan tweet yang berbunyi: “Saya cuma akan bilang sekali... ketika teman-teman saya mengalami hal yang traumatis, saya ikut merasakannya… Itu yang disebut sebagai persahabatan dan bila kamu tidak paham, berarti kamu bagian dari masalahnya.”


    Bintang kulit hitam lainnya yaitu Yvette Nicole Brown yang pernah beradu akting dengan Lea di serial komedi The Mayor juga menulis tweet dukungan untuk Samantha, sementara Amber Riley yang berperan sebagai Mercedes Jones dan salah satu cast awal yang tampil di Glee mengirim GIF dirinya sendiri yang sedang minum teh dan bisa diartikan kalau dia sedang enjoying the tea alias topik yang sedang dibahas ini.



    Gosip pertikaian dan drama yang terjadi antara para pemeran Glee di balik layar sendiri sebetulnya bukan hal baru. Banyak gosip dari kru dan pemain ekstra yang pernah terlibat di Glee yang bilang kalau kelakuan Lea saat di Glee memang mirip dengan perannya sebagai Rachel yang punya mental diva, tak suka berbagai spotlight, dan merasa menjadi anak emas dari Ryan Murphy. Salah satu kabar yang valid adalah pertikaian antara Lea dengan Naya Rivera yang berperan sebagai Santana Lopez. Dalam buku biografi berjudul Sorry Not Sorry yang rilis 2016 lalu, Naya mengungkapkan kalau awalnya ia berteman dengan Lea namun lambat laun Lea merasa tidak senang karena peran Naya semakin penting di Glee yang menyebabkan hubungan mereka merenggang dan puncaknya mereka sama sekali tidak mengobrol selama syuting season enam Glee.



    Butuh dua hari bagi Lea untuk akhirnya ia menanggapi tweet dari Samantha dan bekas rekan aktingnya yang lain tersebut. Melalui postingan Instagram, Lea menjelaskan bahwa tweet yang ia kirim bertujuan untuk mendukung kaum minoritas namun respons yang ia dapat membuatnya jadi memikirkan kembali bagaimana sikapnya dinilai atau ditangkap oleh pemain lain. Ia menyiratkan bahwa ia tak ingat pernah mengeluarkan ejekan soal Samantha dan tidak pernah meremehkan orang lain berdasarkan warna kulit.

    “Namun bukan itu intinya, yang jelas saya telah bersikap dengan cara yang melukai orang lain entah itu karena posisi dan perspektif privilege yang saya punya yang membuat sikap saya dipandang tidak sensitif dan pantas maupun karena waktu itu saya masih belum dewasa dan menyulitkan orang lain, saya meminta maaf untuk perbuatan saya dan rasa sakit yang ditimbulkan olehnya,” ungkap Lea yang menuntaskan pernyataannya dengan berjanji untuk menjadi orang yang lebih baik, terutama karena saat ini dia sedang hamil. “Saya tahu saya harus menjadi pribadi yang lebih baik dan bertanggungjawab terhadap perbuatan saya agar saya bisa menjadi panutan untuk anak saya.” 

    Menurut PEOPLE, Lea juga sudah menghubungi secara personal beberapa rekan mainnya, namun permintaan maaf dari Lea ini juga masih mendapat kritik karena dianggap tidak tulus dan berkesan kalau ia sebenarnya tidak merasa salah dan semua sikap negatif tersebut hanya bagaimana orang salah memandangnya.

    Samantha sendiri tampaknya telah membaca permohonan maaf Lea namun ia tak membalas langsung dan justru mengirim tweet yang tampaknya mengacu pada kata “perceived”/”ditangkap” yang ada di surat Lea. “Perceived? Purcieved? Purse? Open your purse?” tulis Samantha di tweet yang dilengkapi link untuk berdonasi pada gerakan mendukung #BlackLivesMatter seolah ia ingin bilang kalau Lea jangan cuma minta maaf saja tapi sebaiknya melakukan aksi yang lebih nyata seperti menyumbangkan uang untuk mendukung #BlackLivesMatter.

    Salah satu cast yang dengan gamblang membahas soal ini adalah Amber melalui wawancara Instagram Live bersama jurnalis Danielle Young hari Rabu lalu. Ia mengaku tidak membaca permohonan maaf dari Lea, namun ia mengungkapkan bahwa ia bangga Samantha berani stand up untuk dirinya dan menyampaikan hal yang menurutnya benar. Amber yang mengaku bahwa lingkungan syuting Glee tidak senyaman yang dibayangkan mengungkapkan bahwa postingan Samantha telah menginspirasi banyak aktor kulit hitam lainnya untuk berani speak up soal ketidaknyamanan yang mereka rasakan di lokasi syuting.

    “Ada banyak aktor dan aktris kulit hitam yang mengirim pesan ke inbox saya dan bercerita tentang pengalaman mereka dan memberi tahu saya bahwa mereka pernah merasakan ada di lokasi syuting dan merasa diteror oleh para wanita kulit putih yang menjadi pemeran utama. Saya sendiri pernah mengalami kalau saya bisa dipecat dan digantikan kalau berani komplain. Kita sebagai pemain kulit hitam bisa diganti dengan cepat.”

    Selain Amber, salah satu bintang Glee lain yang juga berkomentar adalah Heather Morris yang berperan sebagai Brittany Pierce. Dalam sebuah tweet, Heather menegaskan Lea memang tidak menyenangkan saat syuting dan pantas untuk dibahas karena sikapnya. “Untuk Lea yang telah memperlakukan orang lain dengan buruk selama ini, saya merasa ia pantas ditegur.”

    Namun Heather tidak bisa mengonfirmasi atau menuduh apakah Lea bersikap buruk ke rekan mainnya karena dia rasis atau bukan. Heather mengaku bahwa ia dan bintang-bintang kulit putih lainnya di Glee harusnya bisa bicara soal ini lebih awal. “Kami juga merasa bersalah karena telah membiarkan hal ini berjalan begitu lama tanpa berani bersuara dan hal ini yang juga baru kami pelajari sekarang ini bersama lapisan masyarakat lainnya,” pungkas Heather.


    And that’s what you missed on Glee!


    (Alex.K/Image via Instagram @leamichele)