Better You

Wajib Tahu! Manfaat Acai Berry untuk Kesehatan

  by: Fariza Rahmadinna       8/6/2020
  • Apakah kamu pernah mendengar acai berry sebelumnya? Acai berry atau yang memiliki nama ilmiah Euterpe oleracea sudah sejak lama dipercaya ampuh untuk membantu mencegah radang sendi, disfungsi ereksi, obesitas, penyakit jantung, dan kolesterol. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat acai berry bagi kesehatan, simak ulasannya di bawah ini.




    1. Membantu Mendetoksifikasi Tubuh


    Menurut penelitian yang diterbitkan US National Library of Medicine National Institutes of Health, acai berry merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan ini bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas, menghambat pertumbuhan organisme berbahaya, dan membantu menghilangkan kontaminan yang dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan kanker.


    2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung


    Berdasarkan Science Direct, acai berry juga kaya akan polifenol, yakni antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah studi pada 2014 yang melibatkan seekor tikus yang mengalami myocardial infarction (serangan jantung) menemukan bahwa acai berry secara signifikan membantu dalam pengobatan penyakit yang berhubungan dengan jantung seperti hipertrofi jantung, fibrosis, dan disfungsi jantung.

    Sebuah studi lain yang dilakukan di California yang melibatkan 10 individu dengan kelebihan berat badan juga menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi bubur acai berry selama 30 hari menunjukan adanya penurunan kadar gula darah, insulin, dan kolesterol dalam tubuh.


    3. Melancarkan Sistem Pencernaan


    Mengonsumsi jus acai berry diyakini dapat membantu mengeluarkan racun dan melancarkan sistem pencernaan. Hal ini terjadi karena acai berry memiliki jumlah serat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan pencernaan dan asimilasi nutrisi serta mencegah sembelit.




    4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh


    Manfaat acai berry berikutnya yaitu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Seperti yang kamu ketahui, buah bulat berwarna ungu kemerahan ini kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi.


    5. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker


    Mengonsumsi acai berry secara rutin juga dapat mengurangi risiko penyakit kanker, khususnya kanker usus besar dan kanker payudara. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2014 mengklaim bahwa acai berry memiliki sifat anti kanker, sifat anti-inflamasi dan sitotoksik yang secara efektif mampu melawan dan mengurangi risiko penyakit kanker usus besar.


    6. Dapat Membantu Menyembuhkan Luka


    Berdasarkan jurnal Skin Wound Healing Effects and Action Mechanism of Acai Berry Water Extracts, acai berry memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif terhadap penyembuhan luka. Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa penggunaan ekstrak air acai berry pada luka gores akan lebih cepat menyembuhkan luka.


    (Fariza Rahmadinna / VA / Image: belchonock ©123RF.com)