Beauty

Cara Menyamarkan Jerawat Yang Tepat Sesuai Dengan Jenisnya

  by: Kissy Aprilia       6/6/2020
    • Jerawat terdiri dari berbagai macam jenis.
    • Setiap jenis jerawat membutuhkan teknik makeup yang berbeda agar tersamarkan dengan sempurna.
    • Cara menyamarkan jenis jerawat cystic adalah menghindari foundation full coverage. 


    Oh, no! Jerawat tiba-tiba muncul ketika kamu ingin menghadiri acara spesial? Cosmo tahu bagaimana cara menyamarkannya dengan makeup sesuai dengan jenisnya masing-masing. Sit and read!




    Jerawat Whitehead

    Gunakan concealer yang memiliki tekstur padat dan lebih kering. Semakin formulanya ‘basah’, semakin sulit teksturnya untuk menutupi bentuk jerawat whitehead yang menonjol. Jenis concealer seperti ini biasanya dikemas dalam pot atau tabung, bukan botol kecil yang dilengkapi dengan kuas (karena formula yang satu ini cenderung lebih tipis). 

    Gunakan kuas kecil yang mirip kuas eyeliner, lalu aplikasikan tepat di area whitehead dan kulit yang kemerahan. Agar semakin tersamarkan, baurkan concealer yang menumpuk di sekitar jerawat menggunakan jari dengan cara ditepuk perlahan. 

    Pro tips: Translucent powder dapat membuat jerawat terlihat mengkilap. Kunci pulasan concealer dengan menggunakan powder foundation yang senada dengan warna kulit.



    Jerawat Kering

    Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah melembapkan kulit dengan tepat, dan caranya adalah: mengaplikasikan pelembap oil-free sedikit saja. Kamu juga dapat membersihkan sisa kulit kering di sekitar jerawat dengan kompres handuk hangat, lalu tarik perlahan menggunakan tweezer steril. Alternatif lain? Gunakan hydrating mist yang mengandung essential oils untuk dapatkan dewy look secara menyeluruh. Intinya: jangan pulaskan concealer sebelum kulitmu terlihat segar, girls!


    Jerawat Cystic

    Sebelum mengaplikasikan makeup, buatlah kulitmu terasa lebih nyaman dengan teknik mengompres. Gunakan air dingin untuk efek menenangkan rasa sakit, atau air hangat untuk membunuh bakteri penyebab peradangan. 

    Sudah siap untuk lanjut ke tahap makeup? Pertama-tama, hindari foundation full coverage karena sebaiknya cukup menggunakan kombinasi tinted moisturizer dan concealer ringan saja. Hal ini mungkin terdengar berlawanan dengan teori yang ada, namun menyamarkan jerawat cystic menggunakan coverage yang tebal akan membuatnya semakin jelas terlihat.



    Pro tips: Pastikan kamu menggunakan shade yang sama dengan kulit, lalu ciptakan riasan mata yang bold agar orang lain terdistraksi dengan penampilan tersebut. 



    Jerawat Meradang

    Pulasan concealer yang senada dengan warna kulit tidak dapat menyamarkan masalah ini. Maka dari itu, kamu perlu color corrector atau primer hijau yang bersifat menetralkan warna merah. Agar hasilnya lebih flawless dan menyatu dengan kulit, aplikasikan concealer yang memiliki undertone kuning. Hindari memulaskan terlalu banyak bedak karena dapat menghilangkan lapisan concealer, dan area kulit yang berjerawat menjadi terkesan kotor. 


    Jerawat Berminyak

    Tentu saja kamu harus hindari produk makeup yang mengandung oil. Akan tetapi, kulitmu tetap memerlukan kelembapan agar riasan wajah tidak flat dan cakey. Jadi, pilihlah moisturizer bertekstur gel, gunakan foundation dan concealer berlabel oil-free, dan selalu sediakan face paper di dalam tas. 

    Pro tip: Saat mengaplikasikan concealer, pastikan kuas atau sponge yang kamu gunakan selalu dalam keadaan kering. Yup, kering dan tidak berminyak. Sisa minyak yang menempel pada alat-alat makeup membuat pulasan concealer mudah luntur dan akibatnya: jerawat tidak tersamarkan dengan sempurna. 


    (Kissy Aprilia, image: Ksenia Varapaeva on Unsplash)