Lifestyle

8 Film Legendaris oleh Sutradara Wanita yang Wajib Ditonton

  by: Kezia Calesta       7/6/2020
  • Female directors deserve more recognition. Jumlah sutradara wanita di industri film global masih jauh lebih sedikit ketimbang sutradara pria, namun mereka tetap berhasil menciptakan banyak film brilian yang orisinal dan layak memenangkan penghargaan. Berikut 8 film legendaris oleh sutradara wanita yang wajib ditonton.


    1. Lady Bird (2017)

    Sutradara: Greta Gerwig




    Inilah film pertama Greta Gerwig sebagai seorang sutradara, dan film ini langsung mendapatkan nominasi Oscar serta memenangkan dua Golden Globe Awards! Film coming-of-age ini menceritakan kisah hidup Christine Lady Bird McPherson (diperankan oleh Saoirse Ronan), dan caranya melalui berbagai tantangan hidup, masalah keluarga, serta pengalaman cinta sebagai seorang remaja.


    2. Sleepless in Seattle (1993)

    Sutradara: Nora Ephron


    Are you a sucker for old school rom-coms? Nora Ephron dikenal sebagai sutradara dan penulis skenario yang berhasil menciptakan banyak film feel-good klasik, mulai dari You’ve Got Mail, When Harry Met Sally, Julie & Julia, hingga Bewitched. Salah satu favorit Cosmo adalah Sleepless in Seattle yang dibintangi oleh Tom Hanks dan Meg Ryan - cerita cinta yang klasik dan original ini berhasil mendapatkan nominasi untuk 2 Academy Awards dan 3 Golden Globes. 


    3. Wonder Woman (2017)

    Sutradara: Patty Jenkins


    Akhir-akhir ini, film DC jarang mendapatkan rating tinggi untuk film superhero mereka… namun film Wonder Woman yang diperankan oleh Gal Gadot ini berhasil mencuri hati para penonton dan menembus 821,8 juta USD di box office - hampir 6 kali lipat dari budget yang mereka keluarkan untuk memproduksi film ini. Wow! Ditambah lagi, inilah film superhero pertama yang disutradarai oleh seorang wanita. What a win.


    4. We Need to Talk About Kevin (2011)

    Sutradara: Lynne Ramsay


    Ini dia film drama-thriller dengan plot cerita yang unik. Eva Khatchadourian (diperankan oleh Tilda Swinton) adalah seorang ibu yang memiliki hubungan rumit dengan anaknya, Kevin (Ezra Miller), sejak kecil… dan ia terpaksa harus menyaksikan anaknya bertumbuh besar dan menjadi seorang sosiopat yang melakukan kejahatan.


    5. Winter’s Bone (2010)

    Sutradara: Debra Granik




    Are you a fan of Jennifer Lawrence? Bila kamu sudah menyaksikannya di The Hunger Games, X-Men, dan Silver Linings Playbook, jangan lupa untuk menambahkan film ini ke watchlist kamu. Drama yang mendebarkan ini berhasil mendapatkan nominasi Oscar, Golden Globes, serta memenangkan puluhan penghargaan dari kritik dan asosiasi film lainnya.


    6. Clueless (1995)

    Sutradara: Amy Heckerling


    Ugh, as if we would miss this movie! Setelah menyutradarai film Fast Times at Ridgemont High yang sukses pada tahun 1982, Amy kembali duduk di bangku sutradara untuk teen comedy film ini yang memperkenalkan Alicia Silverstone sebagai Cher… and the rest is history.


    7. American Psycho (2000)

    Sutradara: Mary Harron


    Sebelum Christian Bale mendapat peran sebagai Batman di The Dark Knight, ia terlebih dahulu dikenal sebagai Patrick Bateman, seorang businessman psikopat yang menjadi pembunuh berantai. It’s a must-watch if you like psychological horror movies.


    8. Lost in Translation (2003)

    Sutradara: Sofia Coppola


    Drama romantis ini memperkenalkan Bob (Bill Murray), seorang aktor yang berkunjung ke Tokyo untuk sebuah komersil, di mana ia bertemu dengan Charlotte (Scarlett Johansson). Film in berhasil memenangkan piala Oscar untuk Best Original Screenplay, juga dua Golden Globe dan puluhan penghargaan lainnya.


    (Image: doc. outnow.ch)