Beauty

Ini Dia Manfaat Apple Cider Vinegar Untuk Rambut Kamu

  by: Astriana Gemiati       9/6/2020
    • Yang perlu kamu tahu manfaat menggunakan apple cider vinegar untuk rambut.
    • Beberapa DIY yang bisa kamu coba menggunakan apple cider vinegar.


    Girls, Cosmo memiliki pengumuman yang sangat penting untuk disampaikan kepada kamu. Apple cider vinegar (ACV) adalah produk rambut yang bisa dibilang paling sering diabaikan saat ini. Mungkin karena aromanya yang menyengat hingga kamu memutuskan untuk tidak menyentuhnya sama sekali. 




    Padahal apple cider vinegar memiliki khasiat untuk semua masalah kulit kepala dan rambut kamu yang menjengkelkan. Serius? Yup, terus membaca sampai habis untuk mengetahui manfaatnya. 


    Manfaat DIY apple cider vinegar untuk rambut

    Sejauh ini, cuka sari apel adalah salah satu beberapa bahan alami yang hampir tidak memiliki kesan negatif bahkan semua positif (asalkan kamu menggunakannya dengan baik dan benar).


    ACV mengatasi ketombe

    Apple cider vinegar memiliki sifat antibakteri dan antijamur alami, yang membuatnya cukup efektif dalam membunuh dan mencegah ragi yang sebabkan ketombe di kulit kepala,” kata Mona Gohara, MD, dokter kulit di Yale School of Medicine. Namun, apakah ini sama efektifnya dengan ketoconazola atau pyrithione zinx— dua bahan suci yang didukung oleh studi untuk digunakan pada sampo ketombe? Nope, tentu tidak. Namun bisa bereaksi lebih lembut yang berarti itu tidak akan mengupas rambut kamu seperti yang akan dilakukan kebanyakan formula yang memerangi ketombe.


    ACV membantu iritasi kulit kepala dan gatal-gatal

    Yup, meskipun cuka terasa aneh, namun ACV juga bisa menenangkan kulit kepala yang teriritasi. “Apple cider vinegar juga memiliki sifat anti-inflamasi alami, sehingga dapat bersifat menenangkan sementara itu mencegah pertumbuhan berlebih ragi,” kata Dr. Gohara. “yang berarti kulit kepala kamu tidak akan dibiarkan begitu banyak iritasi atau gatal dalam jangka panjang.”


    ACV mengklarifikasi penumpukan produk

    Apple cider vinegar bagaimanapun mampu memotong semua yang menumpuk di akar rambut, berkat fakta bahwa itu diformulasikan dengan AHA (alpha hydroxy acid) – eksfoliator alami yang lembut. Cosmo telah menemukan bahwa ACV bekerja lebih baik daripada mengklarifikasi sampo, semata-mata karena ACV tidak menghilangkan rambut dan membuatnya terasa seperti sedotan.




    ACV membuat rambut berkilau dan halus

    “PH kulit kepala kamu secara alami sedikit asam, namun juga mudah terganggu oleh semua produk rambut yang kita gunakan setiap hari,” kata Dr. Gihara, “Dan, pH yang berantakan dapat menyebabkan kutikula rambut yang kasar dan terbuka menjadi kulit, tampak kusan dan pecah”.


    Apple cider vinegar dengan basa asam dapat membantu menyeimbangkan pH mantel asam kulit kepala kamu dan menutup kutikula tersebut. Dan, kutikula yang lebih rata tidak hanya berarti rambut yang lebih halus dan lembut, namun juga lebih berkilau karena cahaya memantulkan permukaan yang halus dan mulus.


    Tentu saja, semua hal di atas hanya benar jika kamu menggunakan ACV dengan cara yang benar, yang membawa kita ke…


    Bagaimana kamu membilas rambut dengan apple cider vinegar?

    Jangan mengaplikasikan ACV kamu langsung dari botol ke rambut. Itu adalah cuka, dan bisa menyebabkan kerusakan. Kuncinya, campurkan sedikit dengan air. Memang setiap resep berbeda, namun di dalam gelas plastik besar, coba isi dengan seperlima ACV kemudian isi sisa gelas tersebut dengan air.




    Setelah keramas, balikan kepala ke belakang dan perlahan-lahan menyiramkannya di atas kulit kepala (tips: jangan lupa untuk menutup mata dan mulut kamu, ya!), biarkan ACV mengalir ke akar rambut dan biarkan selama 30 detik, lalu bilas dan ikuti dengan penggunaan kondisioner. Ya, mungkin pada saat mandi dan keramas, kamu akan sedikit berbau layaknya salad dressing (hee..), namun akan semakin pudar aromanya pada saat rambut kamu mulai mengering.




    Seberapa sering saya harus menggunakan apple cider vinegar di rambut saya?

    Sebaiknya seminggu sekali. Walaupun teksturnya encer, kategori cuka ini bukan berarti itu untuk bahan pelembap rambut. Kamu juga dapat bermain rasio, jika kamu tidak melihat perbedaan setelah beberapa kali bilas, cobalah naikkan level ACV sedikit, Atau, jika kamu menggunakannya murni untuk bantuan ketombe, cobalah DIY scalp spray berikut ini:


    Campuran dalam botol semprot:


    ¼ gelas air panas

    ¼ apple cider vinegar (yang mengganggu ragi — penyebab ketombe, dengan mengubah keasaman pada kulit kepala kamu)

    6 tetes tea tree oil (mengandung sifat anti-bakteri dan anti-jamur)

    5 tablet aspirin yang dihancurkan menjadi bubuk (sumber utama asam salisilat, yang mengurangi serpihan dan meredakan peradangan)


    Sekali seminggu coba semprotkan ke seluruh kulit kepala kamu yang kering, lalu diamkan selama 20 menit, kemudian mandi serta keramas seperti biasa. Itu tidak sepenuhnya menghilangkan ketombe, namun setelah Cosmo mencobanya jelas mengurangi sekitar 70%.


    Girls, sekarang tambahkan ritual mandi kamu dengan menggunakan apple cider vinegar yang dituangkan ke dalam botol plastik, lalu nikmatilah hari-hari dengan rambut yang indah beberapa hari dari sekarang.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati Image:  Maryna Pleshkun©123RF.com )