Lifestyle

Cara Mudah Membuat Es Krim di Rumah, Wajib Coba!

  by: Yovita Pratiwi       9/6/2020
  • Saat ini, kamu dapat membuat apa pun bahkan dengan bahan yang minimal — yang kamu butuhkan hanyalah kesabaran. Pertama, ada dalgona coffee, sesuatu yang awalnya membutuhkan mixer atau paling tidak, pengocok, tetapi berhasil dibuat oleh banyak orang hanya menggunakan garpu! Berikutnya adalah banana bread, yang terdengar lebih rumit, tetapi sebenarnya bisa dibuat tanpa dipanggang. Tahukah kamu bahwa es krim sebenarnya merupakan sesuatu yang dapat kamu buat dengan mudah di dapurmu sendiri? Dan caranya tidak serumit yang kamu pikirkan.


    Cara Membuat Es Krim Di Rumah: Hanya menggunakan dua bahan




    Ya, kamu tidak salah baca! Kita dapat membuat es krim dengan hanya dua bahan — dan kemungkinan besar ini sudah ada di dapurmu. Kamu hanya perlu: whipped cream dan susu kental manis. Bagian terbaik? Tidak perlu diaduk!


    Secara tradisional, es krim membutuhkan bahan dasar yang terbuat dari heavy cream, gula, dan telur untuk membantu mengentalkan. Kemudian didinginkan dan diaduk dalam pembuat es krim sebelum dimasukkan ke dalam freezer. Proses pengadukan memecah es krim sehingga kamu tidak berakhir dengan satu blok raksasa untuk hidangan penutup, lol. Resep ini, bagaimanapun, tidak memerlukan semua itu, karena susu kental manis bertindak sebagai dasar dan whipped cream memberikan tekstur yang airy.


    Yang perlu kamu lakukan adalah mengocok krim lalu menyampurkannya ke dalam susu kental sebelum kamu membekukannya selama beberapa jam. Jangan ragu untuk menambahkan topping, seperti chocolate chips.


    Cara Membuat Es Krim Di Rumah: Dengan menggunakan kantong plastik


    Bahan:

        • 1 gelas setengah-setengah (susu murni dan krim ringan)

        • 2 sdm gula pasir

        • 1/2 sdt ekstrak vanila murni

        • 3 gelas es



        • 1/3 gelas garam 

        • Topping (buah, cokelat, permen)


    Petunjuk:

    Ambil kantong plastik kecil yang bisa ditutup kembali (resealable). Campurkan secangkir setengah-setengah susu murni dan krim ringan, gula, dan ekstrak vanila. Pastikan tidak ada udara berlebih di dalam sebelum menyegel plastik.


    Campurkan es dan garam dalam kantong plastik yang bisa ditutup kembali. Tempatkan kantong kecil di dalam yang besar. Kocok secara agresif selama 10 menit. Es krim secara bertahap akan mengeras.


    Keluarkan es krim dari kantong dan nikmati dengan topping pilihanmu.


    Enjoy!


    (Yovita Pratiwi. Image: Dok. Nas Mato on Unsplash.)