Beauty

Tips dan Trik Melakukan Perawatan Manicure di Rumah

  by: Shamira Priyanka Natanagara       9/6/2020
  • Kalau kamu rutin mengunjungi salon untuk melakukan perawatan manicure, mungkin beberapa bulan terakhir ini kamu mengalami kesulitan untuk merawat dan mempercantik kuku sendiri di rumah. Sigh... Cosmo can relate! Terutama ketika mengecat kuku — kelihatannya mudah sekali ketika dilakukan oleh teknisi kuku, tapi saat melakukannya sendiri di rumah... oops! Entah mengapa hasilnya berbeda. Jika kamu mengalami kesulitan ketika melakukan perawatan manicure sendiri di rumah, berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan agar hasil manicure-mu lebih cantik dan rapi. Let's try!


    Don’t forget to buff your nails

    Coba bayangkan: kamu mengoleskan kuteks pada kuku dan warnanya tampak indah. Namun setelah mengering, teksturnya seperti bergerigi dan tidak halus. Hmm.. sounds familiar? Jika kamu pernah mengalami hal tersebut, ini berarti permukaan kukumu kasar dan perlu diratakan menggunakan nail buffer terlebih dahulu sebelum menggunakan kuteks. 



    Selain meratakan tekstur kuku, langkah ini juga bisa menghilangkan noda kuning pada kuku yang dapat muncul jika kamu rutin menggunakan produk pewarna, seperti cat kuku.

     Cosmo recommends:  Sephora Collection 4-step Buffer (beli di Sephora Indonesia, Rp63.000,-.)



    Do Moisturize your cuticles

    Setelah menggunakan nail buffer, gunakan pula minyak atau krim khusus untuk melembapkan serta menghidrasi kuku dan kutikula. Jangan lupa untuk pijat kuku, selagi menunggu krim atau minyak untuk meresap. Setelah dua hingga tiga menit, bilas dengan air hangat, lalu dorong kutikula sekaligus eksfoliasi kuku secara lembut.

     Cosmo recommends:  The Body Shop Almond Nail and Cuticle Oil (beli di situs resmi The Body Shop Indonesia, Rp149.000,-.)




    Don’t use too much product

    Setelah melakukan kedua langkah di atas, sekarang adalah waktunya untuk menggunakan kuteks! Pastikan kamu menggunakan cat kuku dalam jumlah yang cukup. Usapkan kuas pada bibir botol untuk mengurangi cat kuku pada kuas. Ini dapat membuat proses pemakaian kuteks lebih mudah. 


    Do start from the middle

    Selain mengurangi cat kuku pada kuas, ada baiknya juga untuk mengaplikasikan kuteks pada bagian tengah kuku terlebih dahulu, lalu isi bagian samping. Ini dapat membuat hasil manicure lebih rapi dan menghindari cat yang ‘bocor’ ke samping.


    Don’t rush

    Yup, take your time! Lebih tepatnya tunggu kuteks hingga sedikit mengering sebelum mengaplikasikan lapisan baru. Jika kamu membuat lapisan baru sebelum lapisan sebelumnya kering, kuteks masih dapat ‘bergeser’, membuat permukaan menjadi kurang halus dan berantakan.


    Simak tutorial at-home manicure berikut ini untuk melihat cara memakai kuteks dengan rapi:


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Valeria Boltneva from Pexels)