Love & Sex

Tips Menjalin Hubungan dengan Pasangan Sensitif

  by: Kezia Calesta       10/6/2020
  • Apakah kamu sedang menjalin hubungan dengan seseorang yang lebih sensitif darimu? Good for you! Orang sensitif biasanya memiliki sifat yang lebih perhatian dan peka terhadap perasaan orang lain, dan ia juga cenderung memiliki hati yang penuh dengan kasih sayang dan empati. Bila kamu sedang menjalin hubungan dengan seseorang yang sensitif, ingat bahwa kamu harus menangani perasaannya dengan hati-hati - you need to respect and understand their feelings. Berikut tips menjalin hubungan dengan pasangan yang sensitif.





    1. Ingat bahwa ia lebih sensitif darimu.

    Orang sensitif tidak memiliki tombol untuk “menyalakan” atau “mematikan” perasaannya - your partner is always sensitive, dan biasanya ia juga peka terhadap perasaan orang lain. Karena itu, pasanganmu cenderung emosional dan berpikir dengan suara hati sebelum mempertimbangkan hal secara logis.


    2. Ia terkadang sulit membuat keputusan.

    Yes, mengambil keputusan menjadi lebih sulit karena ia seringkali mempertimbangkan outcome yang terbaik untuk kamu dan orang lain juga. Orang sensitif biasanya tidak egois, maka ia ingin memikirkan konsekuensi keputusan tersebut dan dampaknya terhadap semua orang yang terlibat.



    3. Ia sering menjadi tempat curhat orang lain.

    Hal ini tidak mengejutkan, karena kemampuannya untuk berempati dan menempatkan diri sendiri di posisi orang lain akan membuat banyak orang nyaman sharing dengannya. Sensitive people are good listeners… dan mereka juga jago memberikan nasihat.


    4. Mereka mudah terpengaruh oleh orang lain.

    Your partner’s heart is like a sponge - mereka menyerap perasaan dan pemikiran orang-orang sekitar yang sering menghabiskan waktu bersama mereka. Orang sensitif juga sangat peduli akan opini orang lain - mulut mereka dapat berkata, “I don’t care what other people say, it’s my life,” namun sebenarnya, opini orang tersebut akan terus terngiang-ngiang di pikirannya.





    5. Mereka memiliki insting tajam.

    Orang sensitif dapat menebak watak seseorang dari kesan pertama, dan mereka dapat memutuskan jika mereka menyukai orang tersebut atau memiliki perasaan tidak enak tentangnya. And you know what? Your partner’s initial feelings are usually right.


    6. Mereka membutuhkan waktu sendiri.

    Orang sensitif dapat merasa kewalahan jika menghabiskan banyak waktu dengan sekumpulan orang. Ia membutuhkan waktu sendiri untuk recharge dan menenangkan diri dengan hobi favorit. Berikan pasanganmu waktu untuk memproses perasaannya dan menenangkan pikiran, dan ia pun akan mengapresiasi kamu sebagai seorang pasangan yang pengertian.



    (Image: doc. @elizabethtsung via Unsplash)