Lifestyle

5 Buku Karya Penulis Wanita Rekomendasi Marilyn Monroe

  by: Alexander Kusumapradja       11/6/2020
    • Di balik citranya sebagai aktris seksi, Marilyn Monroe memiliki hobi membaca dan menulis.
    • Saat meninggal, Marilyn Monroe meninggalkan warisan perpustakaan pribadi berisi ratusan buku dengan berbagai topik, termasuk karya penulis wanita ikonik dalam sejarah literatur.

    Ladies, mendengar nama Marilyn Monroe kita mungkin langsung membayangkan sosok aktris cantik dengan rambut pirang, lipstick merah, tahi lalat di dekat bibir dalam balutan dress putih yang tertiup angin. Dalam kariernya sebagai aktris di Hollywood, Marilyn Monroe memang dikenal sebagai simbol sexy bombshell dan sering distereotipekan sebagai gadis pirang yang cantik namun bodoh. Karena itu, mungkin banyak yang terkejut bila faktanya, Marilyn Monroe memiliki hobi membaca dan menulis dalam kehidupan pribadinya.




    Ketika rumah lelang Christie’s melelang barang-barang pribadi Marilyn di tahun 1999, sebuah katalog merangkum 390 judul buku yang ditemukan pada koleksi perpustakaan pribadinya dan terdiri dari berbagai topik, mulai dari sastra, antologi, seni, biografi, counter-culture, sains, puisi, politik, psikologi, literatur asing, Freud, hingga humor. Namun dari ratusan judul tersebut, karya-karya penulis wanita sangat sedikit dibanding penulis pria. Hanya ada enam judul buku karya penulis wanita yang ada di daftar tersebut, namun keenam penulis wanita tersebut jelas bukan sosok penulis sembarangan, melainkan para penulis wanita ikonik dalam sejarah literatur yang telah melewati berbagai tantangan dalam dunia dan masa yang didominasi oleh kaum pria.

    Berikut ini adalah lima judul buku karya penulis wanita dalam koleksi perpustakaan pribadi Marilyn Monroe dan mungkin akan menjadi rekomendasinya untuk dibaca oleh wanita tanpa mengenal zaman dan tempat, termasuk kamu.


    1. The Ballad of the Sad Café oleh Carson McCullers

    Diterbitkan tahun 1951, The Ballad of the Sad Café merupakan judul pertama dari tujuh cerita pendek yang terangkum dalam kumpulan cerita ini. Bercerita tentang cinta segi tiga yang aneh di sebuah kota kecil di Amerika Serikat di mana sebuah kedai kopi yang sempat tutup tiba-tiba dibuka kembali setelah seorang pria bungkuk masuk ke dalam hidup pemiliknya, cerita ini dianggap sebagai salah satu karya terbaik Carson McCullers dan sempat difilmkan tahun 1991. Carson sendiri merupakan salah satu teman dekat Marilyn Monroe setelah keduanya pertama kali berkenalan di Gladstone Hotel New York City tahun 1955 silam. Saat itu Marilyn sedang dalam proses perceraian dengan suami keduanya, Joe DiMaggio, sementara Carson juga sedang memulihkan diri dari depresi. Kita tak pernah tahu apakah kedua wanita tersebut saling berbagi masalah mereka atau tidak, tapi yang jelas keduanya dikenal berteman baik.



    2. The Portable Dorothy Parker oleh Brendan Gill dan Dorothy Parker

    Buku ini merupakan kompilasi dari semua tulisan yang ditulis atau menulis tentang Dorothy Parker, seorang penulis wanita paling ikonik di Amerika Serikat. Pernah bekerja sebagai jurnalis untuk Vogue, Vanity Fair, dan The New Yorker, Dorothy dikenal sebagai penulis yang berani mengkritik penguasa, vokal dalam hal politik dan hak sipil, dan dikemas dalam humor gelap yang witty. Sempat berkarier sebagai penulis naskah di Hollywood, kesuksesannya di Hollywood yang meliputi dua nominasi Academy Awards tercoreng ketika ia masuk ke daftar hitam Hollywood dan bahkan menjadi target FBI ketika ia dituduh terlibat gerakan sayap kiri dan mendukung komunisme.




    3. My Antonia oleh Willa Cather

    Merupakan novel ketiga dari "The Prairie Trilogy", My Antonia karya Willa Cather bercerita tentang pertemuan tak terduga antara anak yatim-piatu asal Nebraska Jim dengan Antonia, seorang putri imigran Czech yang baru tiba di Amerika Serikat. Keduanya memiliki mimpi yang sama namun terpaksa terpisah oleh takdir. Willa Cather sendiri merupakan salah satu penulis wanita yang pernah mendapat penghargaan Pulitzer berkat novel berlatar Perang Dunia Pertama berjudul One of Ours yang diterbitkan tahun 1922. Selain novel ini, Marilyn juga memiliki novel Willa Cather lainnya berjudul Lucy Gayheart di perpustakaan pribadinya.



    4. Cheri oleh Colette

    Cerita-cerita pendek karya penulis wanita Prancis Colette juga termasuk dalam koleksi perpustakaan pribadi Marilyn Monroe. Enam judul novel pendek yang disebut sebagai “little novel” oleh sang penulis adalah: Cheri, The Last of Chéri, The Other Woman, Duo, Cats, dan Claudine. Di antara keenam judul tersebut, Cheri bisa dibilang yang paling mewakili ciri khas Colette sebagai penulis yang mampu mendeskripsikan aroma taman bunga hingga psikologi seorang wanita dengan cara yang begitu hidup.



    5. The Little Disturbances of Man oleh Grace Paley

    Berasal dari Bronx, Grace Paley merupakan penulis wanita berdarah Ukraina yang juga dikenal sebagai feminis dan aktivis hak-hak sipil. Diterbitkan tahun 1959, The Little Disturbances of Man merupakan antologi berisi sebelas cerita pendek tentang kehidupan di New York melalui kacamata berbagai tokoh dalamnya dari hal-hal sederhana hingga tragedi.


    (Alex.K/Image: Alfred Eisenstaedt untuk LIFE)