Beauty

Cara Gunakan Produk Skincare Lebih Efisien Dan Hemat Budget!

  by: Astriana Gemiati       13/6/2020
    • Seringnya membeli banyak produk skincare tanpa mengetahui fungsi dan bagaimana cara penerapannya memang bisa menguras kantong kamu.
    • Cosmo akan berikan tips bagaimana cara menggunakan produk skincare kamu agar lebih efisien dan tentunya hemat budget.


    Girls, seringkali pertanyaan ini ada di kepala kamu: Apa rahasia untuk membersihkan kulit? Haruskah kita mencoba produk yang baru saja dirilis dan sedang tren di sosial media? Apakah juga kita harus mengunakan label kecantikan mahal? Dan, haruskah kita melakukan rutinitas beberapa langkah perawatan kulit?




    Mungkin melakukan hal itu semua adalah sah saja dan membantu, namun mempelajari cara memanipulasi perawatan skincare kamu bisa menghasilkan hasil yang sangat baik. Terbaiknya, kamu tidak perlu menghabiskan pengeluaran dana ekstra. Di bawah ini, Cosmo merangkum semua cara agar produk skincare kamu bekerja lebih efektif, dan tentunya hemat budget


    #1. Minimalisir menggunakan kapas

    Sepertinya melewatkan penggunaan toner tanpa kapas rasanya seperti tidak lengkap, namun tahukah kamu bahwa toner juga bisa diaplikasikan menggunakan tangan dengan cara menepuknya. Sama-sama memiliki fungsi yang sama yaitu mudah menyerap ke dalam kulit. So, selain hemat waktu dan uang, kamu juga otomatis melestarikan lingkungan. Gunakan hal sama pada produk skincare lainnya seperti serum dan esens.


    #2. Mengetahui cara penerapannya pada wajah kamu

    Kamu mungkin sudah mengerti langkah-langkah urutan cara menerapkan produk skincare pada kulit wajah. Namun, apakah kamu sudah tahu cara menerapkannya? Misalnya, menggunakan produk serum, formula akan bekerja dengan baik jika kamu menggosoknya terlebih dahulu pada telapak tangan hingga terasa hangat baru mengaplikasikannya pada wajah dengan cara men-tap-nya. Begitu juga dengan produk moisturizer, lakukan pijat kulit kamu ke atas untuk membantu meningkatkan sirkulasi darah dan bantu untuk mengencangkan kulit. Sedangkan untuk eye cream, kamu bisa gunakan jari manis untuk mengaplikasikanya. Karena posisi jari manis, memiliki tekanan yang tidak terlalu besar. Atau, gunakan juga bantuan jade roller.


    #3. Bagaimana cara mengombinasikan beberapa produk

    Yup, memang bahan-bahan perawatan kulit ada yang bisa dipadukan satu sama lain, seperti vitamin C dengan tabir surya, atau niacinamide dengan retinol. Kamu juga harus mengetahui apa yang harus dihindari kombinasi bahan kandungan skincare lainnya. Mempelajari cara menggabungkan produk bisa memaksimalkan manfaatnya bagi kulit kamu sesuai yang dibutuhkan.




    #4. Mengaplikasikan produk pada wajah kamu yang lembap

    Menunggu produk skincare kamu menyerap terlebih dahulu oleh kulit sebelum maju ke langkah berikutnya adalah cerita lama. Tidak salah memang! Namun, kamu bisa mengambil langkah cepat yaitu ketika kulit dalam keadaan lembap, pijat lembut kulit agar proses penyerapan bisa bekerja dengan cepat. Prinsip yang sama berlaku ketika mengaplikasikan losion segera, setelah keluar dari kamar mandi, di mana kondisi kulit tubuh kamu masih dalam kondisi basah. Karena air dapat membantu mengunci hidrasi.


    #5. Simpan produk dengan benar

    Ketika kamu membuka segel produk skincare pertama kali, produk tersebut tentunya akan mengalami oksidasi ketika terkena udara. Contohnya, produk serum vitamin C jika sudah terkena sinar matahari langsung akan sangat mudah menguap, sehingga membuat isi dari produk tersebut menjadi tidak efektif atau berkurang manfaatnya. Simpanlah di tempat yang kering dan sejuk, atau coba intip 4 cara mudah menyimpan produk skincare. Ini fungsinya, agar produk kamu terlindungi dan menjaga formulanya agar tetap bisa bekerja dengan baik pada saat kamu aplikasikan pada kulit kamu.





    ( Astriana Gemiati, Image: lightfieldstudio©123RF.com / GIPHY.com )