Celebrity

Kim Soo-hyun & Seo Yea-ji Bahas "It's Okay to Not Be Okay"

  by: Shamira Priyanka Natanagara       12/6/2020
    • Aktor Kim Soo-hyun dan aktris Seo Yae-ji akan tampil dalam drama It's Okay to Not Be Okay yang akan segera dirilis.
    • Mereka membahas karakter, cerita, pesan, dan harapan masing-masing mengenai drama terbaru ini.


    Bisa dibilang 2020 adalah tahun yang luar biasa bagi para pencinta serial drama Korea Selatan alias K-Drama. Ragam serial yang dirilis pada tahun ini menyajikan alur cerita yang menarik serta dibintangi oleh aktor dan aktris yang berbakat — sebut saja Crash Landing On You, Itaewon Class, dan The World of the Married. Dan pada bulan Juni ini, ada lagi kabar menggembirakan bagi para penggemar K-Drama, terutama fans aktor Kim Soo-hyun. Yes, he’s coming back! 

    Setelah absen dari industri hiburan selama dua tahun karena menjalani wajib militer, Soo-hyun akan kembali menghibur para penonton melalui serial drama romantis It’s Okay to Not Be Okay, yang menjadi serial pertama dalam dua tahun di mana Soo-hyun memerankan tokoh utama.





    Dalam serial garapan Netflix ini, sang aktor yang debut pada tahun 2007 akan berperan sebagai Mun Gang-tae, pengasuh di bangsal psikiatri yang tampak kuat di depan orang-orang, tapi lebih lemah daripada siapa pun ketika sendirian. Kali ini aktris Seo Yea-ji akan menjadi lawan main Soo-hyun, berperan sebagai penulis buku anak-anak yang memiliki gangguan kepribadian antisosial bernama Ko Mun-yeong. Karena gangguan kepribadiannya, Mun-yeong kurang memiliki empati, tapi hidupnya mulai berubah setelah ia bertemu Gang-tae.


    A STORY FILLED WITH HEARTACHE

    “Saat pertama kali membaca skrip [untuk serial ini] saya merasa sakit hati,” ujar Soo-hyun pada press conference virtual It’s Okay to Not Be Okay yang diselenggarakan pada hari Rabu, 10 Juni 2020 kemarin. “Ada berbagai karakter, beragam cerita, dan banyak kasih sayang.”

    Pria kelahiran tahun 1988 ini juga menjelaskan bahwa ia tertarik untuk akting dalam serial ini karena tampak menantang. Ia ingin bisa mewujudkan rasa pilu setelah membaca skrip dalam sebuah bentuk seni, serta melihat dirinya berubah di luar projek ini.




    Seo Yea-ji pun mengaku ia juga merasakan kepiluan usai membaca skrip serial ini. “Saya tidak pernah melihat karakter seperti [Mun-yeong] dalam K-Drama sebelumnya. Saya sakit hati karena karakter yang saya perankan tidak bisa memiliki empati, sehingga menyakiti dirinya dan orang-orang di sekitarnya,” kata Yea-ji. Untuk mempersiapkan diri, sang aktris melakukan riset, mempelajari tokoh-tokoh yang memiliki gangguan kepribadian antisosial, serta mempelajari gangguan tersebut. “Suara saya yang rendah dan aura ala penyihir yang saya miliki membantu menyalurkan sisi Ko Mun-yeong dalam diri saya,” jelasnya.

    Saat ditanya tentang alasan ia ingin berpartisipasi dalam serial ini, Yea-ji mengungkapkan bahwa dirinya merasa sutradara, para pemeran, serta ceritanya menarik, dan yang tak kalah penting adalah sang pasangan. “Semua orang akan sangat bahagia untuk memiliki Soo-hyun sebagai lawan main,” katanya. 


    THEIR FIRST TIME TOGETHER

    Ya, ini adalah kali pertama Soo-hyun dan Yea-ji menjadi lawan main satu sama lain. “Saat pertama kali bertemu tentu awkward,” Soo-hyun memberi tahu para hadirin. “Tapi saat berubah menjadi karakter masing-masing dan setelah menghabiskan waktu bersama, sekarang kami memiliki chemistry.” Bahkan Yea-ji mengakui bahwa Soo-hyun adalah “pasangan terbaik yang pernah ia miliki.” Aww...






    AN EXCITING COMEBACK

    Mengingat It’s Okay to Not Be Okay merupakan serial pertama yang dibintangi Soo-hyun sebagai tokoh utama setelah absen akting dua tahun, tentu ada banyak harapan dari para penggemar, penonton, serta Soo-hyun sendiri. Pada press conference virtual, Soo-hyun menjelaskan bahwa dirinya telah belajar lebih banyak pengalaman selama wajib militer — lebih tepatnya ia merasa telah “membuat lebih banyak space dalam sikapnya terhadap akting.” Jika pernah menyaksikan serial yang ia bintangi, Soo-hyun yakin kamu dapat menyadari perbedaan dalam serial terbarunya ini.

    “Saya sangat gugup dan saya masih gugup. Selama wajib militer saya ‘haus’ akan berada di layar dan saya bersyukur ini adalah serial pertama saya setelah wajib militer. This is worth all the wait.” Hmm… jadi semakin tertarik untuk menyaksikan serial ini!


    ALL ABOUT HEALING

    Ketika membahas pesan dan perasaan yang patut diharapkan para penonton saat menyaksikan It’s Okay to Not Be Okay, kedua pemeran utama kompak menjawab bahwa serial ini memiliki efek healing



    Terutama karakter Mun-yeong, yang Yea-ji anggap bisa menyentuh hati dan mengajak para penonton untuk melihat kembali kesulitan dan tindakan masing-masing dari masa lalu. Yea-ji sendiri kerap teringat akan kisah dongeng tradisional Korea yang berjudul Golden Axe and Silver Axe selama syuting. Cerita tersebut memiliki pesan bahwa orang dewasa akan kehilangan segalanya ketika mereka terlalu serakah. “Itu adalah sesuatu yang dialami karakter saya. Saya terus teringat akan dongeng ini ketika berperan sebagainya,” ujar Yae-ji.

    Soo-hyun menambahkan, “Terlepas dari perbedaan kultur dan fisik, hal yang universal adalah bagaimana kita cemas dan prihatin akan orang-orang yang kita sayangi — cara kita memikirkan orang-orang yang penting dalam hidup kita dan cara kita merasakan kasih sayang terhadap orang lain. Saya harap hal tersebut bisa dilihat para penonton saat menyaksikan serial ini.”


    It’s Okay to Not Be Okay akan tayang di Netflix setiap Sabtu dan Minggu mulai hari Sabtu, 20 Juni 2020 pukul 20:30 WIB. Serial ini akan memiliki 16 episode.


    (Shamira Natanagara / Ed. / Opening image: Dyah Puspasari / Images: Dok. Netflix Indonesia)