Fashion

Tips Mencuci Pakaian untuk Cegah Kontaminasi Virus Corona!

  by: Hendry Leo       14/6/2020
  • Girls, mungkin sebagian dari kamu kini sudah kembali bekerja ke kantor di masa pandemi saat ini. Yup, meskipun pemerintah setempat telah melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ini bukan berarti virus corona telah berakhir. Untuk itu, kamu harus tetap waspada saat beraktivitas di luar sesuai protokol kesehatan. Salah satunya adalah dengan mencuci pakaian kamu saat kembali ke rumah sehabis bekerja atau beraktivitas di luar. Untuk itu, berikut Cosmo akan berikan tips mencuci pakaian untuk cegah kontaminasi virus corona. Yuk, simak!

    1. Cuci dengan Air Panas

    Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencuci dengan merendam pakaian kamu terlebih dahulu menggunakan air panas. Tidak hanya berfungi untuk menghilangkan bakteri-bakteri membandel, air panas juga membantu menghilangkan virus corona yang menempel pada pakaian. Hal ini karena virus corona tidak tahan terhadap panas.




    2. Gunakan Deterjen

    Tidak hanya dengan air panas, kamu juga harus menggunakan sabun pencuci pakaian atau deterjen, lho. Deterjen atau sabun pencuci pakaian juga mampu menghilang virus corona yang menempel pada pakaian. Namun, jangan menggunakannya secara berlebihan juga ya, karena akan membuat pakaian kamu mudah rusak dan luntur.

    3. Gunakan Disinfektan

    Sebenarnya, menggunakan deterjen saja sudah cukup, namun jika kamu merasa kurang atau kamu tipe yang masih paranoid, kamu bisa menggunakan disinfektan. Caranya, sebelum mencuci pakaian, sebaiknya kamu sterilisasi sekeliling bagian dalam mesin cuci dengan menyemprotnya. Jangan lupa pastikan tangan kamu bersih dan jangan lupa menggunakan masker dan sarung tangan.


    4. Cuci Pakaian Secara Teratur

    Salah satu hal yang penting adalah jangan lupa untuk mencuci pakaian kamu secara teratur. Usahakan untuk langsung mencuci pakaian yang sudah kamu kenakan di luar agar bakteri dan virus corona yang menempel di pakaian kamu tidak menular ke yang lain. 



    5. Pisahkan Pakaian yang Dikenakan Di Luar

    Mungkin sebagian dari kamu selama masa transisi ini sudha mulai bekerja ke kantor, untuk itu jangan lupa selalu memisahkan antara pakaian kotor yang kamu kenakan di luar dan di rumah. Sebaiknya gunakan keranjang tempat pakaian kotor yang terpisah untuk antisipasi. Ini berfungsi untuk mencegah pakaian kotor yang kamu kenakan di luar yang mungkin bisa saja tertempel virus corona tidak terkontaminasi dengan pakaian lain.



    (Teks: Hendry Leo/ Sumber: cekaja.com, halodoc.com/ Foto: unsplash.com)