Beauty

Cara Efektif Mengatasi Jerawat dengan Minyak Tea Tree

  by: Kissy Aprilia       13/6/2020
    • Minyak tea tree adalah salah satu bahan kandungan yang ampuh mengatasi jerawat.
    • Formulanya terbukti dapat membunuh bakteri P.acnes dan mengurangi inflamasi.
    • Cara efektif menggunakan minyak tea tree adalah mencampurkan dengan obat jerawat.


    Minyak adalah salah satu bahan produk kecantikan yang disarankan untuk dihindari dalam perawatan kulit berjerawat. Tapi faktanya, minyak tea tree telah terbukti secara ilmiah dapat membantu mengatasi berbagai jenis jerawat. Bagaimana caranya? Bersiaplah mendapatkan pujian berkat tampilan kulitmu yang flawless! Simak penjelasan berikut ini. 




    Mengenal sejarah minyak tea tree.

    Minyak tea tree termasuk dalam kategori essential oil yang berasal dari tanaman khas Australia yaitu Melaleuca alternifolia. Selama berabad-abad, bahan ini digunakan oleh penduduk suku Aborigin untuk pengobatan tradisional, termasuk menyembuhkan masalah kulit. 

    Menurut Y.Claire Chang, MD, board-certified cosmetic dermatologist of Union Square Laser Dermatology di New York City, Minyak tea tree mengandung hampir 100 komponen dan salah satu yang utama terkenal sebagai Terpinen-4-ol. Apakah itu? Okay, girls.. we won’t make it complicated. Intinya, komponen minyak tea tree terkenal ampuh mengatasi bakteri dan inflamasi. Berbeda seperti essential oil lainnya, bahan ini tidak akan menyumbat pori-pori karena bersifat non-comedogenic. Perfect for acne-prone skin!



    Apa saja fungsi minyak tea tree?

    • Membunuh bakteri. Minyak tea tree memiliki kandungan broad spectrum aktif antimikroba yang terbukti efektif mengatasi P.acne, bakteri penyebab jerawat.
    • Anti-inflamasi. Saat diaplikasikan pada kulit, minyak tea tree akan bekerja mengurangi inflamasi dan kemerahan yang umumnya dialami oleh penderita masalah jerawat.
    • Dapat mengatasi berbagai macam jerawat. Menurut studi penelitian, 5 persen bahan konsentrat minyak tea tree terbukti efektif mengobati masalah jerawat ringan hingga yang sedang. Kamu dapat menggunakannya untuk mengatasi jerawat komedo atau jerawat yang meradang,  
    • Anti-viral dan anti-fungal. Minyak tea tree tidak hanya bermanfaat melawan bakteri, tetapi mengurangi perkembangbiakan jamur dan virus yang berpotensi menambah masalah kulit.
    • Mempercepat penyembuhan luka. Minyak tea tree terbukti membantu membunuh S.aureus, yaitu sejenis bakteri penyebab infeksi pada luka terbuka. Manfaat ini akan meningkatkan aktivitas sel darah putih, sehingga masa penyembuhan luka menjadi lebih cepat.





    Bagaimana cara pemakaiannya agar efektif?

    Minyak tea tree dapat ditemukan pada sejumlah produk kecantikan, seperti toner, pelembap, pembersih wajah, dan obat khusus jerawat. Untuk melihat hasil yang lebih optimal, kamu harus menggunakannya dua kali sehari, selama enam sampai 12 minggu. 

    Jika ingin meningkatkan efektivitasnya, aplikasikan produk skincare yang mengandung minyak tea tree dengan produk pengobatan jerawat yang lain. Kamu juga dapat menggunakan minyak tea tree secara langsung dengan cara memulaskan ke area kulit yang berjerawat dengan cotton swab, atau campurkan beberapa tetes dengan pelembap. There you go!



    Apakah ada efek sampingnya?

    Pada umumnya, minyak tea tree adalah bahan yang dapat ditoleransi oleh kulit. Namun, celebrity dermatologist asal Chicago Jordan Carqueville, menjelaskan bahwa formula ini tetap saja berisiko memicu reaksi alergi pada sebagian orang. Sebaiknya, lakukan tes alergi terlebih dulu dengan cara memulaskan di area belakang telinga, ya! Kalau merasa ragu, pilihlah produk skincare yang mengandung minyak tea tree dalam jumlah kecil atau berkonsultasilah lebih dulu ke dokter kulit. 


    (Kissy Aprilia, image: Jcomp/ Freepik)