Beauty

12 Cara Simpel untuk Sembunyikan Rambut Berminyak dan Lepek

  by: Kissy Aprilia       14/6/2020
    • Malas keramas? Sembunyikan rambutmu yang berminyak dan lepek dengan hair do simpel.
    • Gunakan penjepit rambut cantik untuk gaya rambut slicked down.
    • Kuncir rambut membentuk half up bun agar tidak terlihat berminyak dan lepek.


    We got you.. Setelah tiga bulan terisolasi di dalam rumah, mungkin kamu belum terbiasa untuk kembali beraktivitas (new) normal, termasuk rutin keramas. But don’t worry, ladies. Kamu bisa tetap tampil ready meski rambut mulai berminyak dan lepek, dengan menerapkan 12 hair do simpel yang mudah berikut ini. 




    Gunakan hair clip.


    Sembunyikan rambut yang berminyak dengan menggunakan penjepit cantik. Belah tengah atau belah samping, aksesori ini akan menciptakan tampilan rambut ‘slicked down’ yang keren secara instan. Semprotkan dry texturizing spray mulai dari sisi tengah hingga ujung rambut untuk dapatkan ekstra volume, sekaligus membersihkan kotoran,


    Kreasi bandana dengan scarf.


    Punya koleksi scarf berbahan silk? Sekarang ambil, lalu ikat di kepalamu menjadi bandana. Bye-bye, dirty greasy hair!


    Trik menjepit rambut bagian atas. 


    Jika ingin menutupi kulit kepala yang berminyak, gunakan penjepit untuk ‘mengangkat’ bagian atas rambut lalu semprot dengan menggunakan hairspray. Diamkan sekitar 10 menit, lalu lepaskan jepitan tersebut dan sisir rambut menggunakan jari. Lihat perbedaannya?


    Half up bun simpel.


    Sepertinya gaya rambut yang satu ini memang diciptakan untuk orang yang malas keramas, namun ingin tetap tampil stand out. Sebelum menguncir rambut, semprotkan dry shampoo untuk menghilangkan kesan lepek, lalu bentuk rambut menjadi messy top knot. Jepit sisi samping hair bun dengan bobby pin agar tahan lama.


    Gaya beachy wave.


    Menata rambut dengan tekstur bergelombang dalah cara terbaik untuk menyembunyikan kulit kepala yang berminyak. Maksimalkan tekstur rambut dengan menyemprotkan produk wave spray untuk dapatkan kesan messy seperti selebriti Hollywood.


    Claw clips adalah segalanya.


    Trust me, tren aksesori tahun 2000-an awal ini akan menyelamatkan bad hair day! Kamu dapat menggunakannya untuk gaya hair bun atau half up dengan menambahkan sedikit volume di bagian atas. 




    Ubah belahan rambut.


    Tampil dengan belahan rambut yang biasa kamu terapkan, membuat minyak dan kotoran terlihat jelas. Maka dari itu, ubah belahan ke sisi yang lainnya dan rambutmu akan tampak kembali bervolume. Easy, right?


    Halo braid, because why not?


    Gaya rambut kepang di atas kepala alias halo braid akan menyembunyikan kulit kepala yang berminyak dengan sempurna. Buat kesan messy dengan menarik beeberapa helai di sekitar garis rambut agar terlihat natural.


    Inspirasi Blair Waldorf.


    Karakter di serial Gossip Girl tentu saja tidak pernah mengalami bad hair day. Namun kamu dapat mencuri gaya ciri khas B yang selalu mengenakan bando berukuran besar untuk menutupi rambut lepek. 


    Rapikan rambut yang sulit diatur.


    Rambut yang belum dicuci biasanya mudah berubah tekstur karena ‘menggumpal’. Jika kamu melihat teksturnya menjadi bergelombang atau keriting, ini cara merapikannya...


    Twin braids sisi depan.


    Gaya rambut yang satu ini adalah pilihan yang mudah untuk menyembunyikan batang rambut yang sudah berminyak. (Ugh, berjanjilah kamu segera keramas setelah mengaplikasikan trik ini!). Kepang rambut sisi depan, kemudian longgarkan kepangan tersebut agar tidak terkesan lepek. So practitcal!


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Kissy Aprilia / FT / Image: Dok. Instagram @dualipa, @justinemarjan, Dok. Cosmopolitan US)