Lifestyle

Fakta Zodiak Cardinal: Aries, Cancer, Libra dan Capricorn

  by: Alvin Yoga       15/6/2020
    • Kedua belas zodiak terbagi menjadi tiga kategori utama: mutable, cardinal dan fixed.
    • Zodiak yang termasuk dalam kelompok cardinal adalah: Aries, Cancer, Libra, dan Capricorn
    • Zodiak cardinal dikenal sebagai pemikir dan suka menjadi penengah, mereka juga dikenal adil dan tak suka menghakimi.


    Kamu pasti sudah mengetahui zodiakmu sendiri. Good. Kamu mungkin juga sudah tahu bahwa masing-masing zodiak memiliki elemennya sendiri (api, air, tanah, dan udara). Namun tahukah kamu bahwa dalam astrologi zodiak-zodiak tersebut dibagi dalam tiga kualitas berbeda—cardinal, fixed, dan mutable. Nah, empat zodiak yang termasuk dalam kelompok cardinal adalah Aries, Cancer, Libra dan Capricorn. (Zodiak fixed adalah Taurus, Leo, Scorpio dan Aquarius, sedangkan zodiak mutable adalah Gemini, Virgo, Sagittarius dan Pisces)

    Zodiak cardinal dikenal sebagai para pemimpin. Zodiak ini berada di awal musim—ketika matahari memasuki Aries, musim semi dimulai, sedangkan musim Cancer menandakan awal musim panas, Libra menandai mulainya musim gugur, sedangkan Capricorn menunjukkan musim dingin telah tiba—inilah mengapa zodiak-zodiak tersebut bisa dikatakan berhadapan langsung dengan perubahan situasi, dan mereka tak takut dalam menghadapi perubahan ataupun tantangan. Selain itu, zodiak ini juga suka berinovasi, kreatif, dan suka mencoba hal-hal baru. 



    Zodiak cardinal juga dikenal sebagai penggagas, pencetus ide, perintis, serta penginisiasi. Mereka tak hanya punya mimpi besar—mereka juga berusaha sebaik mungkin untuk mewujudkan hal tersebut. In other words, they make sh*t happen. Tentu saja terkadang mereka bisa dianggap terlalu egois dan memikirkan diri sendiri, namun hey, hal ini mereka lakukan demi kebaikan semua orang.

    Berikut ini empat zodiak cardinal, satu dari masing-masing elemen. Aries sang pemimpin zodiak dari elemen api, Cancer sang elemen air terkuat, Libra dari elemen udara, serta Capricorn yang menandai awal tahun dari elemen tanah.


    HERE’S A LIL BIT MORE ABOUT THE CARDINAL SIGNS:

    ARIES

    Sebagai zodiak pertama dalam urutan, Aries dikenal sangat tidak sabar dan impulsif. Namun, kalau kamu memperhatikan lebih baik lagi, kamu bisa melihat sisi lainnya sebagai seorang pekerja keras yang tidak pernah menerima jawaban "tidak". Di bawah pengaruh planet Mars, Aries akan menghancurkan setiap dinding yang berusaha menghentikan mereka dan mengumpulkan serpihannya untuk membangun suatu karya yang lebih baik lagi. Dan, jangan coba-coba menghentikan mereka. Aries tak suka diganggu ketika sudah memulai sesuatu, termasuk dalam urusan cinta. Jika mereka sudah menetapkan hati pada seseorang, mereka tak segan-segan untuk memulai langkah pertama.


    CANCER

    Cancer merupakan salah satu zodiak yang paling sering diremehkan. Banyak yang menganggap bahwa sang kepiting hanya mampu bersifat emosional dan menangis sepanjang waktu, padahal mereka memiliki semangat tinggi dan keinginan kuat yang tidak ada bandingannya. Cancer juga senang menggunakan ~perasaan~ serta kemampuan artistik mereka untuk menciptakan sesuatu. Emosi mereka yang bergejolak mampu menginspirasi mereka untuk melakukan banyak hal. Ketika mereka sedang dalam kondisi yang baik, mereka bisa menciptakan berbagai karya masterpiece yang super-kreatif. Dan, seperti gelombang ombak di samudera, Cancer suka membiarkan segalanya berjalan apa adanya. Jika keadaan memaksa mereka untuk bergerak pelan, maka mereka akan melangkah perlahan. Namun hati-hati, jika mereka terpaksa harus menghancurkan sesuatu demi mendapatkan apa yang mereka inginkan, mereka juga tak akan segan untuk melakukannya. Their hustle never stops!




    LIBRA

    Libra merupakan satu-satunya zodiak yang tidak dilambangkan dengan makhluk hidup melainkan sebuah obyek, yaitu sang timbangan. Hal ini menunjukkan bahwa zodiak ini agak sulit memahami perasaan orang lain—meskipun di satu sisi mereka sangat membutuhkan perasaan C-I-N-T-A dari orang-orang di sekitar mereka. Libra dikenal pandai memanfaatkan energi Venus, jadi jangan kaget jika mereka sangat cerdas dalam urusan seni, tarian, musik serta fashion. Mereka juga mirip seperti Taurus, yang mendambakan hal-hal ~mewah~ di sekitar mereka. Ketika mood mereka sedang buruk, mereka bisa jadi sangat mengesalkan. Like, really b*tchy. Namun Libra biasanya akan memenangkan kembali hati teman-temannya dengan sifat setia, loyal dan diplomatis mereka. Dalam hal cinta, Libra akan membuatmu sakit kepala karena mereka suka sekali flirting dan suka sekali memaksa pasangannya untuk segera berkomitmen.


    CAPRICORN

    Sang domba berekor ikan ini tidak sekeras kepala yang kamu pikirkan. Seperti Aquarius, Capricorn juga memiliki sedikit elemen air dalam diri mereka, jadi bisa dikatakan mereka tak benar-benar sekeras dan sekaku elemen tanah. Memang, Capricorn dikenal sangat keras kepala, namun sebenarnya, mereka cukup sensitif dan bisa dengan mudah menebak emosi orang-orang di sekitar mereka. Hanya saja, mereka tak selalu menunjukkan hal tersebut di hadapan orang lain karena mereka sangat protektif dan suka sekali menutupi emosi mereka. Meski Capricorn dikenal kurang ramah pada orang yang baru mereka kenal, namun sebenarnya mereka adalah sahabat yang sangat setia—hanya saja jangan membuat mereka kesal. Mereka tak suka membuang waktu dengan orang yang tak memedulikan mereka, atau dengan mereka yang tak pernah membalas perbuatan baik mereka. Oh ya, Capricorn juga memiliki karisma layaknya seorang CEO, dan kamu bisa merasakan karisma tersebut ketika mereka sedang memimpin suatu proyek, menjalankan bisnisnya, atau membuat sebuah rencana.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / FT / Image: Cosmopolitan US/KATIE BUCKLEITNER)